Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Evaluasi Trading Saham Akhir Tahun

Menjalankan aktivitas trading (beli jual) saham bukan hanya bicara soal beli dan jual saham. Namun anda juga harus selalu melakukan evaluasi dari setiap aktivitas trading yang sudah anda jalankan. 

Evaluasi trading itu perlu karena dengan evaluasi anda bisa mengetahui hal-hal penting sebagai berikut: 

- Apakah trading yang anda jalankan sudah efektif atau belum?
- Mengetahui kesalahan-kesalahan trading anda
- Mengetahui apakah modal yang anda masukkan sudah tepat
- Mengetahui strategi trading yang menguntungkan dan tidak untuk anda
- Mengetahui apakah diversifikasi saham anda sudah tepat atau belum 
- Mengetahui apakah anda lebih banyak rugi atau untung

Dan terpenting, dengan evaluasi trading, aktivitas trading anda kedepan bisa menjadi lebih baik, karena anda mempelajari aktivitas2 trading anda melalui tracing historis trading anda sebelumnya. 

Banyak trader yang belum melakukan evaluasi trading karena trader belum terpikir untuk mengevaluasi, atau mungkin trader malas melakukan evaluasi atau bahkan anda tidak mau menerima kenyataan ketika trading anda belum sesuai harapan, sehingga anda tidak mau melihat saham-saham anda yang rugi pada transaksi trading sebelumnya. 

Padahal banyak sekali manfaat evaluasi trading, dan saya selalu menyarankan pada anda supaya anda melakukan evaluasi trading, apapun hasil trading yang anda peroleh. 

Entah anda untung besar, lebih banyak ruginya, atau break event point (untung = rugi), anda harus tetap melakukan evaluasi supaya anda bisa mengetahui perbaikan2 dan peningkatkan yang perlu anda lakukan pada trading2 selanjutnya. 

"Terus kapan saya harus mengevaluasi trading saya?" Tanya anda

Tidak ada aturan khusus mengenai evaluasi trading. Kapanpun anda bisa melakukan sesuai dengan kebutuhan anda. Tapi yang pasti, kalau sudah menjelang akhir tahun, hendaknya anda selalu mengevaluasi hasil trading anda. 

Hal ini karena pada akhir tahun anda sudah bisa melihat seluruh perjalanan trading anda selama 1 tahun penuh. Satu tahun trading bisa menggambarkan kondisi psikologis anda secara menyeluruh. 

Anda bisa tahu apakah di bulan2 tertentu anda cenderung euforia, dan di beberapa bulan lainnya anda lebih banyak panik, tidak tenang menghadapi market. 

Sehingga dengan mengevaluasi trading di akhir tahun, anda bisa melihat kekurangan2 dalam trading anda. Jadi di tahun baru, anda bisa melakukan trading dengan lebih baik, tidak mengulang kesalahan yang sama di tahun lalu. 

Bagaimana cara mengevaluasi hasil trading anda? Di web Saham Gain ini, saya sudah pernah memberikan beberapa strategi supaya anda bisa melakukan evaluasi trading. Anda bisa pelajari beberapa tulisan saya disini: Cara Tepat Melakukan Evaluasi Trading dan Cara Mengetahui Kinerja Trading Saham Anda. 

Jadi setiap menjelang akhir tahun (tepatnya akhir Bulan Desember, H-1 atau H-2 sebelum bursa saham tutup akhir tahun), luangkanlah sedikit waktu anda untuk mengevaluasi seluruh aktivitas trading anda. 

Lihat kembali aktivitas beli jual trading yang sudah anda catat sejak awal tahun, termasuk profit, ruginya. Saham2 apa saja yang anda beli, kenapa anda beli saham tersebut, kenapa anda rugi, kenapa anda untung. Apa strategi yang anda pakai selama setahun trading. 

Hal ini selalu saya pribadi lakukan ketika akhir tahun: Evaluasi hasil trading. Dengan adanya evaluasi, saya pribadi bisa mengatur trading lebih baik di tahun berikutnya, dan bisa menghindari kesalahan2 di tahun lalu. 

Cobalah untuk mulai evaluasi trading anda, dan anda bisa merasakan manfaatnya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.