Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Beli Saham Apa yang Bagus?

Saya sering menerima pertanyaan dari para trader maupun investor saham: 

"Beli saham apa yang bagus?"
"Gimana tips buat memilih saham yang bagus, dari ratusan saham di Bursa?"
"Sebaiknya saya trading atau investasi saham saja?"
"Sebaiknya saya beli berapa saham kalau masih pemula?"

Hal ini membuktikan bahwa saham itu sangat luas. Ada banyak strategi yang bisa anda gunakan. Ada banyak pilihan saham. Ada banyak variatif time frame trading. 

Oleh karena itu, kalau anda bertanya 'beli saham apa yang bagus?' Maka ada banyak variasi jawaban. Pertama-tama, anda harus bisa menentukan apakah anda mau beli saham bagus dengan tujuan trading (jangka pendek) atau investasi (jangka panjang)?

Di pos ini, saya ingin memberikan pengalaman pribadi terkait tips memilih saham untuk trading dan investasi saham. 

TRADING SAHAM 

Trading saham berarti anda memiliki tujuan mendapatkan profit jangka pendek. Jangka pendek dalam trading ini juga variatif. Ada jangka waktu menitan, harian (intraday), beberapa hari, mingguan dan bulanan. 

Kalau anda ingin trading menitan atau scalping, pilihlah saham2 yang mudah naik cepat, dalam hal ini adalah saham2 lapis tiga. Namun saham lapis tiga juga memiliki risiko lebih tinggi, sehingga anda harus memiliki analisa dan manajemen modal yang benar. Anda bisa pelajari strategi scalping berikut: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading. 

Kalau anda ingin trading harian sampai 3 hari (intraday), pilihlah saham2 yang mudah naik dalam waktu harian, dengan fluktuatif harga yang baik. Dalam trading harian, usahakan menghindari saham2 yang terlalu volatil (saham2 volatil cepat lebih cocok untuk scalping).

Hal ini karena trading harian membutuhkan analisa teknikal dan tape reading yang baik, sehingga anda harus memilih saham2 yang naik-turunnya cepat, namun wajar / risikonya rendah. Pelajari analisa-analisa dan strategi memilih saham untuk intraday trading disini: Ebook Intradyay & One Day Trading Saham (Trading Cepat). 

Kalau anda ingin trading mingguan sampai sebulan (swing trading), anda harus memilih saham2 yang trennya bagus (cari saham uptrend), dan hindari saham2 yang turun terus secara berkepanjangan. 

Karena tujuan anda adalah untuk HOLD saham lebih lama, jadi anda harus mencari saham2 yang bisa naik / berada dalam tren naik saat itu. Pelajari juga: Cara Memilih Saham Bagus dan Strategi Swing Trading.

Tapi intinya, semua strategi trading saham harus anda lakukan menggunakan ANALISIS TEKNIKAL. Jadi, apabila anda sudah memutuskan mau trading saham, anda harus belajar dan pahami analisis teknikal dengan benar. 

Memahami analisis teknikal artinya anda perlu pahami analisa grafik, tren, candlestick, support-resisten, chart pattern. Kalau anda tidak bisa membaca grafik, jangan pernah mencoba untuk trading saham. Pelajari juga: Ebook Trading Saham & Full Analisis Teknikal.

INVESTASI SAHAM 

Jika anda memutuskan berinvestasi saham (jangka panjang diatas 1 tahun), maka pilihlah saham yang memiliki kinerja fundamental yang bagus. Artinya, anda harus memilih perusahaan yang:

- Punya kinerja keuangan yang unggul di sektornya
- Produk yang jelas & dibutuhkan masyarakat
- Ketersediaan produk di pasaran cukup luas
- Memiliki historis kinerja yang bagus 
- Memiliki harga wajar saham yang baik
- Rutin membagikan dividen (passive income) 

Pelajari juga cara-cara investasi dan memilih saham untuk jangka panjang disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

Sedangkan jika tujuan anda ingin investasi saham dengan mengincar saham-saham yang bisa naik lebih cepat dalam waktu satu tahun, maka pilihlah saham-saham growth yang sedang undervalue dan memiliki kinerja keuangan yang baik di sektornya. 

Tujuan investasi dengan trading tidaklah sama. Investasi saham orientasinya jangka panjang. Jadi, jangan mengharapkan keuntungan cepat jika anda ingin investasi. 

Kalau anda ingin dapat profit lebih cepat, maka pelajarilah analisa-analisa trading (analisis teknikal), supaya anda bisa memilih saham yang bagus untuk jangka pendek. 

Selain itu, investasi saham memiliki strategi yang agak berbeda dengan trading saham. Ada saham-saham yang cocok untuk trading, tapi sangat disarankan untuk anda hindari ketika berinvestasi saham Sebagai contoh perhatikan daftar saham-saham berikut: 

Beli saham apa yang bagus?
Saham-saham diatas merupakan saham2 yang masuk di Notasi Khusus situs IDX. Artinya, saham2 tersebut adalah saham2 yang bermasalah secara kinerja dan tata kelola. 

Kalau kita perhatikan lebih jeli, semua saham diatas yang masuk notasi khusus merupakan saham2 yang juga jelek secara teknikal (termasuk dalam saham gorengan). Anda bisa cek sendiri analisa chartnya. 

Sebagai seorang investor jangka panjang, tentu saja tidak bijaksana jika anda membeli saham-saham diatas hanya karena: Harganya sedang murah, valuasinya sudah murah, kata 'para pakar' sahamnya bakalan prospek dan sebagainya. 

Padahal sudah jelas perusahaannya sedang bermasalah. Investor hendaknya menghindari saham2 yang masih rugi bersih, ekuitas negatif, sering terlambat menyampaikan laporan keuangan. 

Saham-saham seperti diatas tadi (yang punya kinerja fundamental kurang baik), lebih cocok digunakan untuk trading scalping (bukan investasi), karena saham yang kinerja fundamentalnya jelek umumnya harga sahamnya memiliki volatilitas harga yang sangat tinggi dengan likuiditas yang agak rendah, sehingga banyak scalper yang memanfaatkan untuk trading cepat. 

Jadi kesimpulannya, untuk menjawab pertanyaan: Beli saham apa yang bagus? Anda harus melakukan analisis yang benar, dan anda harus menentukan tujuan anda. Karena bagus tidaknya saham itu juga tergantung dari tujuan anda (investor atau trading) dan cara menganalisis suatu saham.

Saham-saham lapis tiga bisa memberikan profit untuk scalper. Tapi tentu saja, saham2 lapis tiga yang kinerjanya jelek sangat tidak baik untuk seorang investor, karena tujuan trader dan investor berbeda. 

Itu saja yang bisa saya sampaikan di pos ini, karena tulisannya udah cukup panjang. Semoga bisa memberikan pencerahan rekan-rekan yang ingin memilih saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.