Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham: Saham MAMI

El Heze
Saham PT Mas Murni Indonesia Tbk (MAMI) seringkali menjadi perbincangan para trader saham. Yup, apalagi kalau bukan fluktuatif sahamnya yang tidak wajar. Saham MAMI naik 4 kali lipat hanya dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan (kisaran harga 100 ke 400). 

Namun saham MAMI hanya butuh waktu 5 hari untuk koreksi sampai harganya menyentuh level 79. Anda bisa perhatikan chart MAMI berikut: 

Saham MAMI
Perhatikan bagaimana saham MAMI ini naik dalam beberapa bulan, namun harganya jatuh 4 kali lipat hanya dalam 5 hari. Fase-fase euforia pada saham MAMI terjadi ketika MAMI naik terus dari harga 320-400, karena pada masa2 itu (anda bisa lihat chart diatas), kenaikan MAMI terjadi secara cepat. 

Trader2 yang belum punya sahamnya, trader2 yang 'tergoda' dengan return tinggi tanpa menganalisa, trader2 yang euforia, membeli saham MAMI saat harganya lagi naik tinggi, dan ketika MAMI sedang banyak dibicarakan.  

Padahal kalau kita perhatikan tren saham MAMI sebelum2nya, MAMI ini sudah beberapa kali digoreng dan akhirnya balik lagi ke saham gocap. Perhatikan chart MAMI berikut: 


Anda bisa perhatikan pola historis saham MAMI.. MAMI sudah dua kali berada di level Rp50 (tanda persegi). Setelah itu, MAMI kembali dinaikkan drastis, namun kemudian harganya dibawa lagi turun ke gocap / mendekati gocap. 

Secara fundamental, saat MAMI sudah di 400, PER MAMI juga sudah tinggi, serta market cap yang rendah. MAMI juga tidak didukung dengan pertumbuhan EPS dan ROE yang baik, sehingga kenaikan harga saham yang drastis ini tidak mencerminkan fundamentalnya. 

Coba anda sempatkan buka situs IDX dan cek laporan keuangan MAMI tiap kuartal. Anda bisa lihat pertumbuhan EPS MAMI yang stagnan. Padahal, perusahaan yang fundamentalnya baik (terutama kalau lagi growth), salah satunya dilihat dari pertumbuhan EPS-nya. 

Disini kita bisa menyimpulkan bahwa: Harga saham akan kembali ke faktor fundamentalnya. Kalau saham yang fundamentalnya kurang baik, cepat atau lama harga sahamnya akan turun lagi, karena saham yang fundamentalnya kurang baik, lebih banyak dipermainkan oleh bandar. 

Jadi anda jangan mudah tertipu dengan kenaikan harga saham yang 'semu'. Di pasar saham, banyak saham yang naik tinggi, terlalu cepat, tetapi sebenarnya kondisi fundamentalnya tidaklah mencerminkan kenaikan sahamnya. 

Oleh karena itu, kalau anda adalah tipikal trader yang mementingkan analisis teknikal dan fundamental, atau tipikal trader yang suka buy and hold (swing atau positioning trader misalnya), maka saham2 seperti MAMI ini hendaknya anda hindari. 

Kalau anda terbiasa buy dan hold saham sampai seminggu atau bahkan sebulan kurang, maka saham seperti MAMI ini polanya sangat berbahaya. Kita bisa lihat saham MAMI ini tanpa diduga harganya bisa jatuh dalam waktu singkat. 

Sebelumnya, di web Saham Gain ini kita juga sudah pernah mengulas saham yang punya pola mirip yaitu saham ENVY. Anda bisa pelajari juga ulasan saya disini: Analisis Teknikal: Saham ENVY.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.