Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Fundamental Saham

Di pos sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang analisis teknikal dan hal2 yang perlu anda pelajari jika anda ingin memulai trading saham. Anda bisa pelajari kembali disini: Analisis Teknikal Saham.

Selain trading (mempelajari chart dan teknikal), anda juga harus paham dengan analisis fundamental saham. Trader maupun investor harus bisa membaca analisis fundamental. 

Trader saham membutuhkan analisis fundamental sebagai pelengkap analisa. Sedangkan investor membutuhkan analisis fundamental sebagai analisis utama untuk mengambil keputusan investasi (jangka panjang).

Jadi kalau anda ingin bisa membeli saham untuk disimpan jangka panjang, anda butuh memahami analisis fundamental dengan baik. 

Pelajari juga praktik2 dan cara belajar analisis fundamental saham untuk pemula - expert, dan panduan memilih saham yang bagus untuk investasi disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

Apa saja hal-hal yang perlu anda pelajari dalam analisis fundamental? Berikut poin-poin analisis fundamental saham yang harus anda praktikkan: 

1. Analisis fundamental makro

Analisis fundamental makro yang mencakup kondisi ekonomi (termasuk politik) suatu negara harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk investasi saham. Kondisi makro bisa anda lihat dari tingkat inflasi, kondusif tidaknya politik dan lain2. 

Kalau ekonomi negara sedang jelek (bahkan crash market), maka anda harus lebih prefer untuk menyimpan cash lebih banyak dibandingkan membeli saham dalam jumlah besar. 

Kondisi makro ini harus anda perhatikan, supaya anda bisa mengelola persentase modal yang akan anda masukkan di saham dan momentum / timing yang tepat untuk investasi saham. 

2. Analisis sektoral dan emiten 

Anda juga harus memperhatikan sektor perusahaan tersebut. Apakah sektor yang ingin anda investasikan termasuk sektor yang usaha baik, booming atau lagi lesu, atau bahkan sektornya tidak menarik. Di ebook analisis fundamental: Ebook Analisis Fundamental Pemula - Expert, anda juga akan pelajari cara-cara menganalisis sektoral yang baik dan analisa emiten. 

Selain itu, dalam investasi saham anda harus memahami perusahaan yang anda investasikan. Anda harus paham produk perusahaan, tata kelola, dan populer tidaknya emiten. Hal ini karena dalam investasi ibarat anda membeli perusahaan, sehingga anda harus memahami dengan baik perusahaan yang anda beli sahamnya. 

3. Analisis fundamental kuantitatif

Salah satu terpenting di dalam analisis fundamental adalah analisis fundamental kuantitatif (termasuk dalam analisis mikro). Analisis fundamental kuantitatif mempelajari analisis perusahaan untuk mengetahui sehat tidaknya kinerja perusahaan, sehingga dari analisa tersebut, anda bisa menyimpulkan apakah perusahaan layak investasi atau tidak. 

Di dalam analisis kuantitatif, ada beberapa analisa fundamental utama yang harus anda pelajari yaitu sebagai berikut: 

a. Cara  Membaca Laporan Keuangan & Analisis Rasio 

Membaca laporan keuangan adalah analisa utama yang harus anda pahami dalam analisis fundamental. Laporan keuangan adalah hasil dari kinerja perusahaan selama periode tertentu. Laporan keuangan juga menggambarkan struktur modal, perolehan laba perusahaan dan besar kecilnya ukuran perusahaan. 

Maka dari itu, di dalam analisis fundamental jangan pernah mengabaikan laporan keuangan. Pelajari juga: Cara Membaca Laporan Keuangan Saham. 

Laporan keuangan juga berkaitan dengan analisis rasio keuangan. Analisis rasio keuangan membandingkan ukuran2 kinerja di dalam laporan keuangan, sehingga anda bisa menilai struktur modal, profitabilitas dan likuiditas suatu perusahaan. 

Beberapa analisis rasio keuangan yang sering digunakan dalam analisis fundamental antara lain adalah: EPS, CR, DER, ROA, PBV dan lain2. 

b. Menghitung Harga Wajar Saham dan Valuasi 

Melihat harga wajar saham memberikan pandangan pada anda apakah saham perusahaan sudah murah atau masih mahal secara fundamental. Fundamentalist umumnya akan mengincar saham2 yang punya kinerja bagus dengan valuasi saham yang sudah terdiskon.

Selain itu, pada umumnya saham2 yang secara valuasi sudah mulai mahal, harga sahamnya akan cenderung stagnan.  Jadi menghitung dan mengetahui harga wajar suatu saham itu perlu agar anda bisa melihat kondisi saham secara fundamental.

Harga wajar bisa ditentukan melalui beberapa rasio. Rasio2 umum untuk melihat harga wajar misalnya: Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV) dan Price Earning Growth (PEG) Ratio. 

4. Data-data analisis fundamental 

Dalam analisis fundamental, anda membutuhkan data-data yang lebih banyak dibandingkan analisis teknikal. Kalau anda belajar analisis teknikal, anda "hanya" perlu fokus untuk melihat chart saham tersebut.  

Tetapi hal ini berbeda dengan analisis fundamental. Anda butuh data-data laporan keuangan, rasio, dan lain2. Data2 fundamental ini bisa anda cari di situs ww.idx.co.id. Anda juga bisa mencari beberapa analisis rasio melalui situs idx dibagian Data Pasar --> Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat. 

Kebanyakan software trading sekuritas, juga menyediakan rangkuman data2 fundamental perusahaan. 

Itulah analisis-analisis penting yang harus anda pelajari dalam analisa fundamental. Jangan melewatkan satupun analisis tersebut. 

BELAJAR ANALISIS FUNDAMENTAL + PRAKTIK MENCARI SAHAM BAGUS

Praktik2 dan belajar analisis fundamental saham mulai level pemula sampai expert bisa anda pelajari melalui ebook investasi saham.. Anda bisa lihat covernua berikut: 

Ebook Anallisis Fundamental Saham PDF
Anda akan mempelajari semua analisis fundamental yang dibutuhkan oleh investor saham, mulai mempelajari laporan keuangan hingga memilih saham. Termasuk strategi2 nabung saham. 

Jadi anda yang belum paham cara membaca laporan keuangan, di Ebook Analisis Fundamental kita akan kupas tuntas semua hal tentang laporan keuangan, termasuk cara-cara memilih saham yang baik untuk investasi dari kinerja perusahaan. 

Anda bisa pelajari dan praktikkan analisis fundamental disini: Ebook Analisis Fundamental Saham (302 halaman). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.