Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Ulasan Saham: Saham PGAS Turun

El Heze
Saham PGAS adalah salah satu saham yang mempunyai volatilitas harga yang cukup tinggi. Saham PGAS cukup sering dan konsisten masuk dalam indeks LQ45. Namun pergerakan harganya yang cukup volatil membuat saham ini bisa anda manfaatkan untuk trading jangka pendek. 

Hal ini karena PGAS termasuk barang komoditas (gas alam), sehingga pergerakan harga sahamnya cenderung lebih volatil. 

Yang menarik dari PGAS ini, PGAS sempat mengalami penurunan yang sangat tajam selama 2 hari berturut-turut, di mana dalam sehari PGAS turun sekitar 12%. Jadi dalam 2 hari, PGAS turun hampir 24%. Anda bisa lihat chart PGAS berikut (tanda persegi hijau): 

Saham PGAS
Penurunan saham ini dikarenakan adanya pembatalan kenaikan harga gas oleh menteri ESDM (di mana kenaikan harga gas ini sudah ditunggu-tunggu oleh pelaku pasar, karena bisa mendongrak pendapatan PGAS dan menutup beban operasionalnya), sehingga membuat saham PGAS jatuh dengan cepat. 

Nah, karena banyak investor asing yang punya saham PGAS ini, maka ketika investor asing menjual PGAS, penurunan saham PGAS ini akan langsung memberikan dampak yang sangat signifikan. 

Secara historis, sangat jarang PGAS bisa anjlok puluhan persen hanya dalam dua hari. Kalau kita tarik historis PGAS, PGAS pernah dengan pola yang serupa pada akhir Juni - awal Juli 2018. Perhatikan chart PGAS berikut dengan time frame lebih panjang: 


Pada waktu itu, setelah koreksi tajam 2 hari (tanda lingkaran), PGAS masih turun lagi sampai ke support 1.505 (tanda persegi). Setelah itu, PGAS baru diangkat rebound sampai diatas 2.000. 

Untuk chart pertama, kita bisa lihat support PGAS terendah ada di harga 1.770. Sedangkan harga PGAS terakhir adalah 1.850. Apakah PGAS akan rebound atau melanjutkan penurunan di supportnya?

Jika anda ingin menunggu sinyal PGAS, anda bisa cek dalam 1-2 hari khususnya support terendahnya di 1 tahun 1.770. Kalau 1.770 jebol, PGAS berpotensi downtrend lanjutan (support 2 di 1.505). 

Bagi yang ingin trading jangka pendek, anda bisa manfaatkan fluktuatif PGAS jika PGAS mulai rebound dan bertahan di support terakhirnya 1.820-1.850. 

CATATAN DAN STRATEGI TRADING: Saham-saham yang punya likuiditas baik dan harganya anjlok dengan cepat karena adanya sentimen negatif sesaat (saham PGAS contohnya), biasanya akan terjadi volatilitas jangka pendek yang agak cepat. 

Disitulah anda bisa memanfaatkannya untuk trading. Untuk saham2 yang likuid, saat harganya sudah benar2 turun ini, biasanya harganya bisa naik dengan cepat (rebound) karena banyak trader yang memanfaatkan untuk trading di harga yang bagus / murah. 

Hal ini tidak hanya terjadi di saham PGAS saja. Tetapi saham2 lain juga terkadang bisa memiliki pola yang sama. Saham TLKM contohnya yang pernah jatuh dari 3.900 ke 3.300 karena berita negatif laba turun. 

Tapi karena sahamnya memang bagus, saat harga saham sudah turun banyak, harganya akan kembali diangkat lagi. Momen2 seperti ini bagus untuk trader. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.