Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Pengalaman Trading: Belajar Saham yang Benar

Saya pernah share tulisan di grup FB Saham Gain tentang strategi dan keuntungan miliaran dari investasi saham yang didapatkan Lo Kheng Hong (LKH). Pada saat itu, banyak rekan-rekan yang merespon: 

"Untungnya miliaran jelas modalnya juga besar. Kalau modalnya recehan mana bisa untung banyak"

"LKH duitnya nggak habis-habis jelaslah bisa averaging down terus"

Mindset-mindset demikian seolah 'mendoktrin' trader dan investor pemula bahwa untuk bisa mendapatkan untung besar di saham, berarti modal anda ya harus besar. Kalau modal kecil, untungnya cuma recehan saja. 

Padahal dari kisah-kisah sukses para trader, investor tersebut sebenarnya kita semua bisa mengambil banyak pelajaran penting yaitu ILMU dan STRATEGI yang mereka terapkan untuk menghadapi market. 

Dengan cara seperti itulah anda bisa menerapkan, mengadopsi pelajaran2 penting baik dari strategi dan mindset2 trader / investor berpengalaman, sehingga anda memiliki bekal untuk menghadapi market nantinya. 

Tapi kalau anda melihat trader / investor saham yang sukses dan kaya, anda langsung berpikir: "Mereka kan bisa kaya karena duitnya banyak". "Kalau trader ritel nggak mungkin bisa sukses seperti mereka". 

Maka anda tidak akan mendapatkan ilmu-ilmu penting untuk bekal trading anda. Jadi intinya, kalau anda ingin sukses dalam trading, selain anda praktik trading sendiri, anda juga harus belajar banyak dari pebisnis2 saham yang sukses. 

Dalam arti pelajari mindset, cara mereka menghadapi pasar saham, cara mereka menunggu momentum yang tepat. Anda tidak perlu terlalu memperhatikan berapa modal yang mereka pakai (kalau horang kaya di saham pasti ya modalnya gede). Anda hanya perlu fokus untuk mengembangkan skill trading anda. 
Belajar saham bukan hanya bicara tentang berapa besarnya modal yang anda punya. Belajar saham bukan hanya bicara soal profit. Tapi belajar saham adalah belajar analisa dan proses.
Dengan banyak belajar saham yang benar inilah perlahan anda pasti bisa dapat untung. Demikian juga kalau anda mau bisa profit. Jangan "mencontek" saham apa yang dibeli orang lain, tapi pelajari ilmunya dan praktikkan.

Jangan ingin menggunakan uang besar dalam trading karena ingin untung cepat, padahal belajar saham itu juga harus dilakukan secara bertahap. 

Nah ketika berbicara tentang saham, kita tidak hanya melulu bicara soal uang. Kita tidak hanya melulu bicara soal profit. Tapi kita harus menggunakan mindset yang benar untuk mencapai tujuan2 tersebut (dapat profit dan modal bisa berkembang). 

Untuk mencapai tujuan2 itu, anda harus praktik, pelajari cara investor sukses memperoleh untung, menganalisa saham secara mandiri, dan selalu evaluasi trading anda. Sehingga waktu yang anda miliki bisa anda gunakan lebih efisien dan anda bisa mendapatkan banyak pembelajaran saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.