Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Jurus Trading Saham untuk Profit Maksimal

Swing trading, scalping trading, intraday trading, positioning trading, trading mingguan dan masih banyak strategi trading lainnya yang bisa anda terapkan. Strategi mana mana yang terbaik? 

Saya yakin jawabannya relatif, karena bagus tidaknya strategi trading tergantung dari karakter anda. Kalau anda cocok swing trading, maka terapkan swing trading. Kalau anda tidak cocok jadi scalper, jangan menerapkan scalping. Baca juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading. 

Untuk mendapatkan profit di saham, tentu anda juga harus melakukan cara-cara yang tepat, bukan hanya sekedar membeli saham. Ada beberapa analisa yang harus anda terapkan untuk mendapatkan profit maksimal di saham: 

1. Analisis Teknikal 

Apapun strategi trading yang anda pakai, anda harus pelajari dan terapkan ANALISIS TEKNIKAL. Analisis teknikal merupakan analisa utama untuk trading, dan semua pergerakan historis harga saham, tercermin dari analisa teknikal. 

Analisis teknikal juga menjadi gambaran psikologis dan kecenderungan market saat itu (apakah saham akan cenderung bergerak naik atau turun). Sehingga, untuk mengambil keputusan trading, anda bisa melihat dan menganalisanya melalui analisis teknikal. 

Anda bisa mempelajari juga analisa-analisa teknikal FULL PRAKTIK untuk mencari saham-saham yang bagus dan punya potensi naik disini: Buku Saham Pemula - Master. 

Analisis-analisis teknikal yang harus anda pelajari berkaitan dengan cara membaca grafik (support-resisten, menganalisa tren), candlestick dan mempelajari indikator2 untuk trading saham. 

2. Screening saham

Selain analisis teknikal, dalam trading anda harus selalu melakukan screening (pemilihan) saham. Anda harus bisa memilah saham mana yang layak trading dan saham2 yang harus dibuang dari daftar trading. Pelajari juga: Cara Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Dengan banyaknya jumlah saham di Bursa Efek, tentu anda tidak mungkin mentradingkan dan melihat satu per satu selama jam trading. Nah, inilah pentingnya anda melakukan screening saham.

Tujuannya agar anda bisa tetap on track dalam trading, yaitu hanya memilih, fokus dan mentradingkan saham2 yang memang memiliki potensi keuntungan yang maksimal. 

Banyaknya trader yang belum bisa mencetak profit, salah satunya dikarenakan trader tidak melakukan screening saham, sehingga trader bingung memilih saham ketika menghadapi fluktuatif market. 

3. Manajemen modal 

Tanpa manajemen modal, trading anda akan menjadi kacau. Ingat bahwa tanpa modal anda tidak bisa trading. Itu artinya, anda harus cerdas dalam mengelola modal trading anda.  

Manajemen modal terkait diversifikasi saham (berapa saham yang sebaiknya anda punya), alokasi modal untuk setiap saham, dan berapa setor modal yang harus anda lakukan.

Anda bisa baca sedikit tulisan saya tentang manajemen modal disini: Money Management untuk Trading Saham. 

Sebagai pemula, saran saya anda menggunakan modal Rp1-3 juta untuk trading, dan diversifikasi dulu pada 2-3 saham. Setelah anda sudah bisa profit, barulah anda bisa meningkatkan modal dan diversifikasi saham anda. 

Banyak trader pemula yang nggak sabaran dalam manajemen modal. Misalnya, trader langsung menggunakan modal puluhan juta, dan membeli terlalu banyak saham. Padahal trader masih belum didukung dengan pengetahuan trading yang benar. 

Akhirnya banyak trader rugi hanya karena salah melakukan manajemen modal. Oleh karena itu, manajemen modal ini adalah faktor penting yang harus anda terapkan. 

4. Trading plan
Trading plan adalah rencana trading yang berkaitan dengan kapan anda harus melakukan beli, jual, kapan harus berhenti trading, menambah modal. Pelajari juga: Cara Membuat Trading Plan Saham.

Dengan trading plan, aktivitas trading anda akan lebih teratur, dan anda bisa trading di jalur yang benar. Jangan melupakan trading plan di dalam aktivitas trading anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.