Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Intraday Trading: Profit dari Trading Harian

El Heze
Strategi intraday trading saham alias trading harian adalah strategi trading yang cocok untuk anda terapkan bagi anda yang ingin meraup untung di saham dalam jangka pendek (harian). 

Jadi untuk anda tipikal trader yang tidak suka hold saham terlalu lama, dan ingin merealisasikan profit dalam waktu yang lebih singkat dengan mencari saham2 yang punya potensi naik cepat, maka strategi intraday bisa anda praktikkan dalam trading. Baca juga Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore Hari - Trading Cepat. 

Anda bisa pelajari strategi2 dan praktik mencari saham bagus yang mudah naik untuk intraday trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (357 halaman).

Namun tentu saja, intraday trading juga harus dilakukan dengan cara yang benar. Selama ini, banyak intraday trader yang cenderung gambling dan asal memilih saham hanya karena ingin dapat untung cepat di saham. Seorang intraday trader harus mempraktikkan hal2 berikut dalam trading: 

1. Memilih saham yang baik untuk trading harian 

Walaupun untuk jangka pendek, anda harus memilih saham2 yang baik untuk ditradingkan. Justru karena anda mengincar profit jangka pendek, maka anda harus memilih saham2 yang punya potensi naik dan risikonya cenderung kecil untuk trader. Baca juga: Strategi Profit Trading Saham Harian.

Dalam intraday trading, pilihlah saham2 yang mudah naik dalam jangka pendek, dan pilihlah saham2 yang risikonya cenderung rendah untuk trader. Tujuannya, supaya anda bisa mendapatkan profit yang lebih stabil / konsisten. 

Pemilihan saham yang benar dalam intraday trading akan membuat trading anda jauh lebih terarah, sehingga anda juga bisa mengambil keputusan trading dengan benar.

2. Gunakan analisis teknikal dan analisa tape reading

Intraday trading harus dilakukan menggunakan analisis teknikal. Selama ini, banyak anggapan bahwa trading harian hanya menggunakan feeling dan mengikuti bandar. Anggapan ini sama sekali tidak tepat, karena dengan cara trading demikian, hal ini sama saja dengan gambling. 

Oleh karena itu, pertimbangan analisa teknikal sebelum membeli saham harus anda perhatikan. Satu hal lagi,  analisis intraday trading juga bagus dikombinasikan dengan analisis bid offer / tape reading. 

Hal ini berguna untuk melihat kecenderungan arah saham dalam jangka pendek, dan melihat minat pasar terhadap saham tersebut. Anda bisa baca tentang tape reading disini: Teknik dan Analisa Tape Reading Saham.

3. Manajemen modal trading harian

Manajemen modal harus selalu anda perhatikan dan kelola dalam intraday trading, karena semakin banyak frekuensi trading anda, anda harus bisa mengelola modal anda, supaya anda tidak ketagihan trading. 

Saat trading harian, jangan sampai overtrading. Anda cukup lakukan 1-2 trading harian. Kalau di hari tersebut anda sudah profit, ada baiknya anda berhenti trading, dan baru lakukan trading keesokan harinya. 

Dalam trading harian, anda juga harus menyisakan modal anda di cash balance. Jangan mentradingkan semua modal anda untuk intraday. Anda juga bisa mempertimbangkan diversifikasi beberapa strategi trading, misalnya intraday dan swing trading. Baca juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading. 

Untuk intraday trading terapkan tiga hal itu tadi untuk bisa mendapatkan profit: Memilih saham & momentum yang benar, analisis teknikal + tape reading dan manajemen modal trading.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.