Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membeli Saham yang Benar

Di pasar saham ada banyak sekali informasi yang bisa anda manfaatkan untuk mengambil keputusan dalam trading. Semakin berkembangnya teknologi, saya rasa tidak akan sulit bagi anda untuk mencari informasi2 tentang saham. 

Jadi katakanlah kalau trader membeli saham ISAT, maka ada banyak sekali kemungkinan jawaban mengapa trader membeli saham tersebut.

Bisa jadi trader membeli karena sebelumnya sudah menganalisa. Atau bahkan trader beli ISAT karena dapat informasi di grup-grup saham. Atau mungkin trader beli ISAT karena rekomendasi dari analis sekuritas. 

Tapi intinya, dengan banyaknya informasi tentang saham yang bisa anda tradingkan, anda tetap harus membeli saham dengan cara yang benar. 

Belum lama ini, ada rekan trader yang banyak nyangkut di saham. Dan ternyata trader membeli saham hanya berdasarkan informasi dari grup2 telegram. 


Banyak trader yang tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika mengambil keputusan membeli saham. Ujung2nya, trader membeli saham dengan mengikuti kata-kata member2 di grup saham, 

Hal ini sangat sering terjadi dalam trading. Faktanya, banyak sekali trader yang membeli saham hanya karena menelan mentah2 informasi di grup saham. Cara trading seperti ini tidak saya sarankan. Sudah banyak trader yang nyangkut, rugi karena membeli saham hanya karena melihat ulasan trader2 lain di grup telegram, WA dan lain2...

CARA MEMBELI SAHAM YANG BENAR 

Untuk bisa membeli saham yang benar, anda harus 100% melakukan analisis pribadi (otodidak). Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. 

Itu berarti, sebelum membeli saham anda harus melakukan analisis teknikal. Anda harus screening saham. Anda harus pelajari chart-nya. Intinya, anda harus tahu kenapa anda membeli saham tersebut. 

Nah, kalau anda tidak tahu harus mulai belajar saham dari mana. Anda tidak tahu saham apa yang bagus untuk ditradingkan, anda bisa mempelajari full praktik trading disini: Buku Saham Pemula - Expert dan Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

Kalau anda terbiasa menganalisis saham sebelum membeli, anda akan jauh lebih terlatih dalam trading, sehingga anda akan mengerti sendiri saham apa yang baik untuk anda, saham apa yang harusnya dibeli dan dihindari. 

Kalau anda terbiasa menganalisis, anda pasti akan bisa menyaring informasi2 saham entah di grup, berita2 saham, apakah saham yang diberikan memang layak trading atau tidak, sehingga anda tidak hanya menelan mentah2 informasi di grup. 

Semuanya itu memang butuh proses, karena nggak ada sesuatu instan yang bisa dicapai. Tidak ada sukses yang bisa diraih dalam sehari semalam. 

Tidak ada salahnya anda mencari tambahan informasi di grup-grup saham sebagai media / sarana belajar saham anda. Namun seperti yang saya sarankan, kalau anda ingin membeli saham yang benar, anda tetap harus melakukan analisis sendiri. 

Pelajarilah ANALISIS TEKNIKAL sebagai analisis utama untuk trading. Banyaknya trader yang rugi dan nyangkut karena membeli saham hanya dari informasi grup, menunjukkan bahwa anda sendirilah yang harus mampu membeli saham dengan keputusan anda sendiri. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.