Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Belajar Analisis Teknikal Saham

Analisis teknikal merupakan analisis utama yang harus anda gunakan untuk mencari saham-saham bagus (punya potensi naik) untuk jangka pendek dan menengah. Dalam analisis teknikal, ada bcuup banyak variasi analisa yang bisa anda terapkan. 

Namun sebelum anda menerapkan analisa teknikal untuk trading, anda harus memahami langkah dan cara belajar analisis teknikal saham yang benar. Berikut cara belajar analisis teknikal saham: 

1. Langkah pertama: Pelajari mekanisme perdagangan 

Belajar analisis teknikal harus anda mulai dengan mempelajari mekanisme perdagangan terutama terkait belajar antrian harga saham (bid-offer). Kalau anda tidak memahami mekanisme perdagangan saham, anda akan sangat berpotensi salah memasukkan order beli (ketika anda trader).

Anda bisa pelajari langkah-langkah belajar saham mulai basic sampai praktik disini: Belajar Saham Pemula - Expert. 

Mekanisme perdagangan adalah dasar utama dalam membaca antrian harga dan kewajiban anda untuk memasukkan order beli dan jual saham. Banyak trader pemula yang sering salah memasukkan order buy-sell di software trading, karena mereka belum memahami mekanisme perdagangan trading. 

2. Candlestick dasar 

Candlestick dasar yaitu memahami cara membaca harga Open, High, Low Close (OHLC)Harga saham yang terbentuk setiap hari akan "terangkum" dalam candlestick harian. Oleh karena itu, anda harus pahami cara membaca dasar candlestick. 

Mempelajari candlestick dasar juga bisa dibarengi dengan membaca antrian bid-offer (mekanisme). Anda bisa pelajari praktik2 : Belajar Candlestick Saham: Profit dari Candlestick. 

3. Support-resisten dan analisis tren saham

Setelah membaca candlestick, anda bisa mulai mempelajari cara membaca grafik saham. Pada dasarnya membaca chart yang harus anda pahami adalah membaca support-resisten dan membaca analisa tren (melihat apakah suatu saham berada dalam tren naik, turun atau sideways). 

Support resisten dan analisa tren ini nantinya juga akan anda gunakan untuk menganalisa dan mengambil keputusan trading. 

Anda bisa pelajari analisa2 teknikal saham beserta praktik2 menemukan support-resisten yang bagus untuk membaca saham2 yang akan naik dan koreksi disini: Buku Trading Saham. 

Grafik Saham
4. Indikator trading 

Setelah memahami dasar-dasar cara membaca grafik saham, anda bisa mempajari indikator-indikator untuk trading saham. Indikator saham variasinya ada sangat banyak, mulai dari indikator leading maupun indikator lagging. 

Dalam analisa teknikal, anda harus memahami cara membaca penggunaan2 indikator untuk trading. Sebagai bocoran, anda bisa baca beberapa indikator saham yang paling sering dipakai trader disini: 5 Indikator Teknikal Saham yang Paling Sering Digunakan.

Indikator trading ini akan membantu anda dalam membaca analisa tren, menentukan support resisten termasuk mengambil keputusan beli jual yang dihasilkan dari indikator. 

Indikator trading sifatnya adalah analisa pelengkap. Jadi dalam analisa teknikal, hal utama yang harus anda pahami terlebih dahulu adalah cara-cara dasar memahami support resisten dan analisa tren. 

5. Chart pattern dan pola-pola candlestick 

Anda bisa pelajari chart pattern dan pola-pola candlestick. Mengapa chart pattern dan pola candle saya taruh di poin akhir? Hal ini karena kalau anda ingin paham chart pattern, anda harus pahami dulu analisis tren dan support resisten. Baca juga: Belajar Chart Pattern Saham & Praktik Trading.

Demikian juga, untuk bisa memahami bahkan mempraktikkan pola2 variasi candlestick dalam trading, anda harus pahami dulu candlestick dasar. Kalau anda tidak paham analisa2 dasar tersebut, anda justru akan semakin bingung membaca chart pattern maupun pola candlestick. Hal ini juga sudah saya alami sendiri.  

6. Praktik trading (menemukan saham bagus) 

Setelah anda sudah paham analisa teknikal, anda bisa praktik trading yaitu praktikkan bagaimana analisa teknikal untuk menemukan saham2 yang bagus. Untuk pemula, gunakan modal kecil dalam trading (Rp1-3 juta). 

Pesan saya, ketika belajar analisis teknikal saham, jangan langsung mempelajari indikator  atau chart pattern, kalau anda masih belum paham basic-basic saham dari awal. Pelajari analisa teknikal secara runtut agar anda bisa memahami analisa teknikal dengan cara yang tepat. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.