Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Trading Saham Pemula - Expert

Dalam belajar saham, anda harus bisa mempelajari langkah-langkah yang tepat agar anda bisa mendapatkan profit yang konsisten di trading dan meminimalkan kerugian.  

Banyak trader saham yang sudah memulai belajar saham namun karena trader memulai dengan langkah yang kurang tepat, dan target yang tidak terukur, akhirnya trader pun tidak bisa mendapatkan profit maksimal. 

Bahkan hal ini juga masih banyak dialami oleh trader2 saham yang sudah punya pengalaman trading beberapa tahun. Oleh karena itu, di pos ini saya ingin sharing cara memulai belajar trading saham pemula sampai anda bisa trading secara mandiri. 

[Anda bisa pelajari semua materi tentang belajar saham yang dibutuhkan oleh trader, termasuk praktik dan strategi2 trading cara menyusun manajemen modal yang benar, cara menyusun dan menjalankan trading plan disini (427 halaman): Buku Saham Pemula - Expert.]

Berikut hal-hal yang harus anda pelajari dalam trading dan target2 yang harus anda praktikkan: 

1. Basic trading & belajar saham 

Hal pertama yang harus anda pelajari untuk pemula adalah basic-basic trading dan belajar saham. Dalam hal ini anda harus mempelajari keuntungan, risiko2 dalam trading, mekanisme perdagangan trading saham, dan pengetahuan2 dasar tentang saham, trading dan investasi. 

Banyak pemula yang malas untuk mempelajari dasar-dasar belajar saham ini dan ingin langsung mendapatkan dapat untung di saham. Akhirnya, karena trader belum paham bagaimana cara membeli saham, trader salah / ngawur dalam menempatkan order, memilih saham dan menggunakan modal yang terlalu banyak. 

Hasilnya banyak transaksi trading yang rugi, nyangkut karena trader belum memahami basic trading saham yang benar. 

2. Analisa saham dan strategi trading 

Kalau anda sudah paham basic2 trading, anda mengerti risiko2 dalam trading, cara bertransaksi, anda bisa masuk pada belajar analisis saham. Analisis saham yang utama adalah ANALISIS TEKNIKAL dan ANALISIS FUNDAMENTAL. 

Analisa teknikal dan fundamental selalu berlaku dan harus anda praktikkan untuk trader level pemula sampai anda mahir. Sekalipun anda menggunakan fitur2 tertentu untuk mencari saham, tetapi analisa otodidak berdasarkan teknikal, fundamental dan mempelajari pergerakan market harus anda lakukan.

Pelajari juga analisis teknikal dan praktik2 mencari saham yang bagus disini: Buku Saham

Analisa-analisa lain selain analisa teknikal dan fundamental sifatnya adalah analisa tambahan. Jadi pertajam terus analisis teknikal (untuk trading) dan analisa fundamental (untuk investasi).  
Kalau mau untung di saham pelajari analisa teknikal, analisa fundamental, pelajari pergerakan market. Stop mencari cara-cara instan untuk dapat profit. Stop mencari software-software yang harganya puluhan juta dengan tujuan dapat untung dalam semalam. 
Yang paling penting, anda harus banyak melakukan praktik alias menjalani sendiri bagaimana itu beli-jual saham. Dengan praktik, anda akan tahu saham mana yang layak dibeli dan tidak. 

3. Target utama pemula: Meminimalkan risiko 

Seorang trader pemula (terutama yang baru saja memulai trading), belajarlah untuk meminimalkan risiko. Caranya, pilihlah saham2 yang risikonya kecil dan seperti yang saya tuliskan tadi: Anda harus fokus untuk menganalisa saham berdasarkan analisa teknikal, fundamental dan kondisi market. 


Trading saham itu ada risikonya. Jadi kalau anda belum paham bagaimana cara meminimalkan risiko, jangan berharap anda bisa mendapatkan profit konsisten. 

Analoginya sama seperti anda berkendara. Jika anda tidak paham risiko2 dalam berkendara, maka risiko anda terkena tilang, kecelakaan akan semakin besar. Tetapi kalau anda paham cara berkendara yang benar dan anda terus mempraktikannya, maka risiko2 kemungkinan terjadi pada anda akan sangat kecil.

4. Target trader level menengah: Mulai mencetak profit 

Jika anda sudah bisa meminimalkan risiko, maka disitulah anda sudah bisa mulai mencetak dan mengincar profit. Hal ini juga saya alami sendiri, di mana saat saya sudah paham dan bisa meminimalkan risiko, maka mencetak profit tidak sesulit ketika kita belum paham dengan risiko trading. 

Dan kalau anda sudah menemukan sistem trading yang cocok untuk anda, sebaiknya anda terus menggunakan dan mengasah secara konsisten supaya anda bisa mendapatkan profit berkelanjutan di saham.  

Jadi mulai dari langkah-langkah belajar saham sampai target2 yang benar haruslah anda terapkan jika anda ingin memulai belajar trading saham

Selamat praktik dan salam profit... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.