Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham Terbaik

Di pos sebelumnya: Strategi Trading Saham untuk Pemula, kita sudah membahas tentang strategi-strategi trading yang sebaiknya diterapkan untuk pemula termasuk modal awal dan diversifikasi saham. 

Di pos ini, kita akan bahas strategi trading saham terbaik yang sebaiknya dipraktikkan oleh semua level trader, mulai dari trader pemula sampai anda yang sudah berpengalaman. Hal ini karena banyak teman-teman trader yang masih bingung bagaimana cara menerapkan strategi trading terbaik. 

Karena ada banyak variasi strategi trading yang bisa anda terapkan. Anda bisa menjadi swing trader, scalping trader, intraday trader, positioning trader, dan masih banyak lagi jenis strategi trading yang lain. 

Dari pengalaman trading yang saya, berikut strategi trading saham terbaik yang bisa anda terapkan untuk setiap trader:  

1. Kombinasi swing trading dan intraday trading 

Para trader jangka pendek biasanya selalau ingin menerapkan strategi swing trading. Beberapa trader lain ingin mencoba untung dari trading harian (intraday). 

Anda bisa melakukan kombinasi kedua strategi tersebut. Jadi anda hanya perlu membagi modal anda untuk swing trading dan intraday trading. Keuntungannya, anda bisa mendapatkan profit dari saham dengan jangka waktu lebih panjang dari swing trading (seminggu-sebulan). 

Dan beberapa persen modal anda lainnya bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan profit harian yang lebih cepat (intraday). 

Anda bisa pelajari praktik-praktik memilih saham bagus untuk intraday trading, beserta analisa tape reading saham disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (357 halaman). 

Jika anda merasa cocok dengan strategi trading mingguan (swing trading), dan anda juga ingin mendapatkan untung dari trading cepat (intraday), ada baiknya anda kombinasikan keduanya. Baca juga: Kombinasi Trading Cepat dan Swing Trading. 

2. Prioritaskan saham-saham yang risikonya kecil 

Strategi trading yang baik adalah, dalam memilih saham anda harus bisa memprioritaskan saham2 yang risikonya kecil. Jadi katakanlah anda menggunakan modal Rp10 juta untuk trading. 

Maka ada baiknya, anda menggunakan 80-90% modal anda untuk membeli saham2 yang risikonya kecil dan saham2 yang bisa memberikan anda potensi profit lebih baik. Sedangkan sisa modal lainnya bisa anda gunakan untuk membeli saham2 yang high risk. 

Cara mengetahui saham2 bagus dan berpotensi untuk trading jangka pendek, anda bisa pelajari disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

Jika anda ingin mendapatkan profit yang lebih konsisten dalam trading, maka anda harus bisa menyusun portofolio trading yang benar, salah satunya adalah dengan membeli saham2 yang risikonya rendah, untuk meminimalkan risiko cut loss yang besar. 

3. Sesuaikan karakter pribadi anda

Kita tahu ada banyak strategi trading yang bisa anda terapkan. Tetapi tidak semua strategi tersebut cocok untuk anda. Oleh karena itu, setiap strategi trading harus anda sesuaikan dengan karakter anda masing2.

Ada trader yang cocok menjadi scalper dan bisa untuk besar. Ada trader yang cocok jadi trader jangka menengah (positioning) dan mampu mendapatkan profit. Tetapi strategi2 tersebut belum tentu cocok untuk anda. 

Nah, saran saya, di dalam trading anda harus mendengarkan kemampuan anda sendiri. Tidak ada strategi trading yang paling baik, dan juga sebaliknya. Semua kembali lagi pada karakter anda masing2. 

Jika anda lebih cocok dengan strategi trading tertentu dan anda bisa dapat PROFIT KONSISTEN, why not? Teruskan dan asah terus strategi trading yang sudah anda pakai tersebut.  

Kalau anda bisa menggunakan strategi trading tertentu, maka strategi tersebut adalah strategi yang terbaik untuk anda. Sebaliknya, kalau ada trader lain yang bisa profit dari strategi trading tertentu tapi tidak cocok untuk anda, berarti strategi tersebut harus anda tinggalkan. 

Strategi-strategi trading tersebut bisa anda terapkan baik untuk trader pemula, trader intermediate maupun anda yang sudah pengalaman bertahun-tahun di dunia trading saham. 

Apa yang saya tulis diatas juga berdasarkan pada pengalaman trading saya pribadi. Kuncinya, mengetahui dan konsisten dalam menggunakan strategi trading yang cocok untuk anda, akan membuahkan profit yang jauh lebih maksimal.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.