Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Rahasia Trading Saham: Analisa & Momentum

Setelah menjalani trading dan investasi saham bertahun-tahun, saya menciptakan suatu kesimpulan tentang pergerakan harga saham: 

Ada saham-saham yang naik secara bertahap. Ada saham yang langsung naik cepat. Intinya, selama kita menganalisa (tidak gambling atau cuma mau mengandalkan "contekan" trading) dan sabar dalam trading, kesempatan mendapatkan profit terbuka lebar. 

Intinya, rahasia trading saham itu terletak pada analisa trading dan momentum. Dan tambahannya adalah psikologis yang baik. Psikologis yang baik juga dibentuk dari praktik trading yang anda jalankan. Baca juga: 2 Faktor Keberhasilan Trading Saham.  

Analisis trading, berarti anda harus melakukan analisa teknikal sebelum memutuskan untuk membeli. Analisis trading, berarti anda juga harus melakukan SCREENING SAHAM untuk mengetahui saham2 apa yang layak trading.

Pelajari juga strategi2 memilih dan screening saham yang layak untuk trading, supaya anda bisa mendapatkan stock pick saham yang bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

Di pasar saham, kita pasti menghadapi kondisi market yang fluktuatif. Ada kalanya kita menghadapi pasar saham bullish. Ada kalanya pasar saham bearish. Disitulah anda sebagai trader, harus bisa memanfaatkan momentum2 trading agar anda bisa mendapatkan profit yaitu dengan analisa trading. 

Pada halaman watchlist saham di web Saham Gain ini: Rekomendasi Saham, saya juga sering mengulas saham2 yang punya potensi naik. Dan banyak saham2 di watchlist kita yang berhasil naik, entah naiknya dalam waktu cepat, atau memang kita harus menunggu dulu beberapa hari, baru sahamnya bisa rebound atau bahkan rally. 

Berikut contoh-contoh saham yang kita ulas di watchlist web yang harganya berhasil naik dan rally.. 

Saham WIKA

Saham WSKT 
Saham2 yang kita bahas tentu menggunakan analisa2 trading (teknikal), momentum dan melihat arah market. Saham2 konstruksi misalnya... 

Saya bahas di watchlist karena selain harganya sudah di harga bottom, saham2 konstruksi punya potensi euforia pasca pilpres, sehingga di saat2 seperti ini, ketika ada sentimen2 positif dan secara teknikal juga bagus, saham2 tersebut punya potensi untuk terbang tinggi. 

Pelajari juga: Cara Menemukan Saham Diskon & Murah Secara Teknikal. Tetapi memang kalau anda perhatikan pergerakan saham2 tersebut, saham2 tersebut nggak langsung naik.. 

Melainkan setelah turun, anda bisa perhatikan saham2 tersebut ada di tren sidewaysnya. Bahkan di tren sideways, saham2 tersebut juga sempat mengalami sedikit koreksi (candle merah) sebelum akhirnya melanjutkan rally. 

Apa yang bisa anda pelajari dari pos ini? 

Seperti yang saya tuliskan pada quote di paragraf awal tadi, bahwa rahasia trading saham adalah analisa dan momentumMomentum disini juga berkaitan dengan KESABARAN seorang trader. 

Kalau anda sudah membeli saham di harga yang bagus, saham yang anda beli juga bukan junk stock, maka anda harus menunggu momentum dan timing agar saham anda naik. Jangan dikit-dikit cut loss. Dikit-dikit panik. Dikit-dikit terbawa arus market. 

Kalau trader gampang panik, gampang terbawa pendapat2 trader lain (di mana trader2 yang berpendapat jelek tentang saham ini itu biasanya hanyalah 'provokator'), maka anda tidak akan mendapatkan profit yang maksimal. 

Dengan analisis trading dan momentum, anda bisa trading di jalur yang benar, sehingga anda bisa memperkecil kerugian (loss) dan memaksimalkan profit anda. Dan tentu saja, analisa dan kemampuan anda untuk melihat kondisi market harus diasah dengan cara praktik trading.  

Semakin pengalaman anda dalam trading, anda pasti akan mengerti konsep, dan yang lebih jauh lagi adalah praktik2 menerapkan analisa dan momentum di dalam trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.