Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Keuntungan Membeli Saham

Jika anda membeli saham, maka anda akan mendapatkan dua keuntungan utama. Berikut adalah keuntungan membeli saham: 

1. Capital Gain 

Capital gain merupakan keuntungan yang anda dapatkan dari selisih harga jual - harga beli. Jika harga jual saham anda lebih tinggi daripada harga beli, maka anda akan mendapatkan keuntungan. 

Sebagai contoh contoh, anda membeli saham TLKM di harga 3.900 sebanyak 50 lot. Lalu anda menjualnya di harga 4.000 sebanyak 50 lot. Maka anda akan mendapatkan capital gain sebesar 100 (4.000-3.900) x 50 lot x 100 lembar saham (1 lot adalah 100 lembar saham) = Rp500.000. Saya juga pernah membahas ilustrasi capital dan disini: Pengertian Capital Gain dan Capital Loss. 

Capital gain biasanya diincar oleh para TRADER SAHAM, yang mengincar profit jangka pendek (rentang waktu harian hingga kurang lebih sebulan). Untuk mendapatkan capital gain, anda harus mempelajari ANALISA TEKNIKAL, serta memilih saham2 yang punya potensi naik dalam jangka pendek. 

Anda bisa mempelajari strategi2, dan full praktik analisa teknikal, cara-cara mencari saham yang bagus untuk trading disini: Buku Saham Pemula - Expert. 

Agar anda bisa membeli saham, anda harus membuka akun saham di kantor sekuritas. Anda bisa membuka akun saham di kantor sekuritas terdekat atau secara online. 

Langkah2 membuka akun saham bisa anda pelajari langkah2nya di free ebook (33 halaman) yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Dividen 

Selain capital gain, anda bisa mendapatkan dividen dari saham perusahaan yang anda beli. Dividen adalah pembagian keuntungan / laba perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham (investor). 

Ketika perusahaan memperoleh laba bersih, anda berhak untuk mendapatkan keuntungan pasif income dalam bentuk dividen. Kalau anda belum tahu seperti apa itu dividen, anda bisa baca tulisan saya disini: Apa Itu Dividen? 

Tidak semua perusahaan membagikan dividen. Agar anda bisa mendapatkan keuntungan saham berupa dividen, anda harus memilih saham2 yang rajin membagikan dividen. Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagikan Dividen. 

3. Kenaikan harga saham jangka panjang (investasi) 

Untuk anda yang ingin investasi jangka panjang, maka anda juga akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham anda dalam jangka panjang, sehingga anda akan mendapatkan pertumbuhan aset (dari kenaikan harga saham yang anda simpan selama beberapa tahun). 

Ituah keuntungan2 yang anda dapatkan jika anda membeli saham. Pos ini menjawab pertanyaan rekan2 yang masih awam di dunia saham, yang ingin memulai trading dan investasi saham. Selamat belajar saham, dan semoga para pemula bisa mendapatkan profit konsisten di saham. 

Agar anda bisa mendapatkan keuntungan2 di saham tersebut, tentu saja anda harus menggunakan analisis2 yang benar untuk memilih saham. Jika anda ingin trading (capital gain), pelajarilah analisa teknikal. Jika anda ingin investasi (mendapatkan dividen dan kenaikan saham jangka panjang), fokuslah pada analisa fundamental.

Saham bisa menjadi gambling apabila anda tidak menggunakan analisa dalam membeli saham. Sebaliknya, saham bisa menjadi bisnis dan ladang profit apabila anda memiliki analisa otodidak, dan pertimbangan yang matang sebelum memilih saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.