Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Beli Saham yang Menguntungkan

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), ada banyak pilihan saham yang bisa anda tradingkan. Dari sekian banyak saham yang ada, mana saja saham yang menguntungkan untuk anda? 

Saya beberapa kali mendapatkan pertanyaan dari teman-teman trader: Pak Heze bagaimana caranya membeli saham yang menguntungkan? Soalnya banyak saham yang harganya suka menjebak. Tipe saham-saham apa yang bagus untuk dibeli?

Saham akan menguntungkan jika saham tersebut bisa memberikan profit untuk anda, dan anda bisa membaca dan menganalisa saham tersebut dengan baik. 

Itu artinya, memang jawaban saham spesifik yang bagus untuk dibeli itu relatif, karena tiap trader atau investor bisa jadi berbeda sesuai karakternya masing2. Selama saham tersebut bisa memberikan profit, maka saham tersebut menguntungkan. 

Tetapi untuk bisa tahu apakah suatu saham menguntungkan untuk anda atau tidak (profit), anda harus menggunakan analisa-analisa untuk membaca saham2 yang potensial:  

1. Analisis teknikal praktis 

Gunakan analisa teknikal yang SIMPEL dan mudah untuk anda TERAPKAN dalam trading. Analisis teknikal untuk trading jumlahnya sangat banyak. Maka dari itu, untuk memilih saham2 yang menguntungkan, anda harus menggunakan analisa2 yang dapat dipraktikkan dalam trading. 

Pelajari juga analisa-analisa teknikal praktis dan kombinasi2 simpel untuk menemukan saham2 yang bagus disini: Buku Saham. 

Analisis teknikal untuk memilih saham bagus
Dengan analisis teknikal, dan membaca chart lebih dalam, anda bisa mengetahui saham2 mana yang menguntungkan untuk jangka pendek, dan pola2 saham yang sebaiknya anda hindari. 

2. Analisis fundamental

Kalau anda memiliki tujuan membeli saham dan disimpan dalam jangka panjang, maka pelajarilah analisa fundamental, di mana analisa fundamental dapat melihat saham2 yang punya potensi dalam jangka panjang. 

Di web Saham Gain ini saya juga sudah sering membahas tentang analisa fundamental. Anda bisa pelajari kembali disini: Analisis Fundamental Saham. 

Kalau anda ingin trading saham, gunakanlah analisis teknikal. Dan kalau anda ingin membeli saham untuk disimpan jangka panjang, pakailah analisa fundamental sebagai analisa utama. Jangan salah dalam melakukan analisa. 

Banyak trader yang ingin trading, tapi fokusnya ke analisa fundamental dan sebaliknya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pebisnis saham yang salah dalam memilih saham, karena analisa yang digunakan tidak tepat. 

3. Screening saham 

Karena jumlah saham di pasar saham sangat banyak, maka anda harus memilah alias screening saham. Tujuannya, agar anda bisa menemukan saham2 mana yang cocok dan bagus untuk dibeli sesuai dengan analisa2 yang tepat. Pelajari juga: Cara Melakukan Screening Saham. 

Intinya, cara beli saham yang menguntungkan adalah dengan melakukan analisa dan screening saham. Analisa saham yang menguntungkan adalah analisa yang simpel dan mudah untuk anda praktikkan. 

Anda tidak perlu mengikuti analisa2 yang rumit, di mana anda sendiri tidak paham cara mengaplikasikannya. Dan yang terpenting, anda harus meningkatkan jam terbang trading anda. Dengan cara tersebut, anda bisa mengetahui tipikal2 saham yang sesuai dengan karakter anda.. 

Well, jadi tidak ada sesuatu yang instan di pasar saham. Tapi kalau anda mau berusaha, setiap dari anda punya peluang besar untuk mendapatkan profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.