Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Menemukan Peluang Trading di Pasar Saham

Kalau anda memutuskan untuk membuka rekening saham dan memulai trading, maka anda memiliki kebebasan yang luas untuk memilih saham-saham yang mau anda beli. Anda punya kebebasan untuk trading. Anda punya kebebasan untuk membeli dan menjual saham kapanpun yang anda mau. 

Disinilah anda bisa mendapatkan peluang-peluang yang besar untuk mendapatkan profit dalam trading. Tapi harus anda ingat juga, adanya kebebasan memilih saham, waktu trading, juga bisa berpotensi membuat anda kehilangan arah di pasar saham, karena anda tidak tahu harus memulai dari mana. 

Maka dari itu, di dalam trading, peluang-peluang inilah yang harus bisa anda temukan. Bagaimana cara menemukan peluang dalam trading saham? 

Semua peluang trading bisa anda temukan asalkan anda memahami pergerakan dan pola sahamDengan kata lain, anda harus memiliki ilmu trading yaitu analisis teknikal maupun analisis fundamental. 

Anda harus praktikkan sendiri memilih saham, menganalisa saham, menerapkan secara langsung analisis teknikal dalam trading. Seringkali hal2 ini dilupakan oleh trader. 

Banyak trader yang hanya ingin mendapatkan hasil instan. Banyak trader yang ingin mendapatkan "contekan" saham-saham yang akan naik, tanpa mau menganalisanya sendiri. 

Banyak trader yang ikut seminar2 berbayar, namun tidak segera mempraktikannya sendiri dalam trading. Sehingga, trader tetap tidak mengetahui analisa-analisa dan peluang saham2 yang bagus sesuai dengan karakter tradingnya. 

Kedua, anda harus menemukan panduan trading yang benar. Di dalam trading, tidak ada rumus yang baku. Anda 

Caranya, anda harus memiliki trading plan. Anda harus memulai dengan modal yang benar. Artinya, anda harus memiliki manajemen modal trading. Anda harus memulai trading dengan memilih saham2 yang aman dan risikonya kecil. Anda harus memilih analisa teknikal yang simpel dan mudah dipraktikkan. 

Panduan trading dan analisa-analisa untuk memilih saham untuk pemula sampai mahir, bisa anda praktikkan disini: Buku Saham Pemula - Expert. 

Ketiga, peluang trading bisa anda temukan jika anda FOKUS PADA BEBERAPA SAHAM SAJA. Di pasar saham, memang ada banyak saham yang bisa anda pilih. Tetapi jika terlalu banyak saham yang anda analisa, anda justru tidak bisa fokus memilih saham2 yang terbaik untuk trading. 

Maka dari itu, di dalam trading, masukkan beberapa saham saja di dalam watchlist saham anda (15-20 saham misalnya), di mana anda memilih saham2 yang pergerakannya secara teknikal bagus, dan sesuai dengan karakter trading anda. Pelajari juga: Cara Memilih Saham Bagus untuk Trading. 

Sehingga kalau anda lebih fokus dengan beberapa saham yang bagus, trading anda akan lebih terarah. Dan disitulah anda bisa menemukan peluang profit yang lebih besar. Ingatlah juga, bahwa mayoritas saham2 di Bursa Efek banyak yang tidak likuid, dan grafiknya 'berantakan'. 

Jadi menemukan peluang dalam trading, paling tidak anda harus melakukan tiga poin yang saya tuliskan diatas: Memahami pasar saham, memiliki panduan trading dan harus dimulai sejak anda pertama trading, dan anda harus bisa fokus ke beberapa saham yang punya peluang profit paling tinggi sesuai karakter anda. 

Dan untuk menemukan peluang-peluang di dalam trading (menemukan saham2 yang bagus, momentum yang tepat, analisa teknikal yang cocok), memang mau nggak mau, suka nggak suka, harus anda lakukan dengan cara praktik dan menjalani. 

Anda tidak bisa mengharapkan hasil instan, mengharapkan 'contekan' saham yang pasti naik. Karena peluang2 dalam trading hanya anda sendirilah yang harus mempelajari dan menganalisanya.

Sama seperti ketika seseorang sedang berwirausaha, untuk menemukan peluang-peluang yang bagus (misalnya ekspansi, pangsa pasar potensial yang baru), maka anda harus menjalani sendiri bisnis yang anda lakukan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.