Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Market Value of Equity (MVE)

Market Value of Equity (MVE) adalah istilah dalam pasar saham yang seringkali kita dengar. Bahkan banyak teman-teman yang ingin mencari / menghitung rumus market value of equity, namun masih belum memahami cara mencari market value of equity

Jadi di pos ini kita akan belajar cara mencari market value of equity. Perlu teman-teman ketahui, bahwa market value of equity dalam bahasa Indonesia adalah nilai pasar (market value) dari ekuitas (equity). 

Dalam bahasa saham-nya, market value of equity itu ssama dengan KAPITALISASI PASAR (market caps). Anda pasti sudah sering mendengar istilah kapitalisasi pasar. Jadi untuk menghitung MVE, maka anda menghitung kapitalisasi pasar. Rumus market value of equity alias kapitalisasi pasar adalah sebagai berikut: 

Market value of equity (kapitalisasi pasar): Harga saham x jumlah saham beredar

Berikut langkah-langkah menghitung market value of equity. Disini kita akan menggunakan contoh saham ASII. Kita akan hitung berapa nilai market value of equity saham ASII: 

1. Cari harga saham terakhir ASII 

Anda bisa cari data harga saham di situs IDX, situs Yahoo Finance (melihat data harga saham harian), melalui situs Dunia Investasi atau ketikkan kode sahamnya langsung di Google. Langkah2nya bisa anda baca disini: Cara Mencari Data Harga Saham Indonesia

Saya coba cari harga saham ASII terakhir melalui Google. Maka harga saham ASII terakhir adalah 6.625.

2. Cari nilai jumlah saham beredar 

Untuk mencari nilai jumlah saham beredar, anda bisa mencari di laporan keuangan dan situs IDX. Baca juga: Cara Mencari Jumlah Saham Beredar di Laporan Keuangan dan Cara Mendapatkan Data Jumlah Saham Beredar. 

Pada umumnya, jumlah saham beredar nilainya tidak banyak berubah kecuali jika perusahaan melakukan aksi korporasi seperti stock split. Sekarang kita akan cari jumlah saham beredar ASII di situs IDX sesuai langkah2 di artikel sebelumnya. Maka, ditemukanlah jumlah saham beredar ASII berikut: 


Jumlah saham beredar ASII
Jumlah saham beredar ASII adalah sebesar 40.483.533.140 saham. 

3. Menghitung market value of equity (MVE) 

Dengan demikian, sekarang anda sudah bisa menghitung nilai MVE saham ASII. Sesuai rumusnya, maka MVE alias kapitalisasi pasar ASII adalah: Harga saham x jumlah saham beredar, maka MVE ASII adalah: 6.625 x 40.483.533.140 = Rp268.203.407.052.500. 

Karena MVE memasukkan unsur harga saham, maka nilai MVE itu bisa berubah-ubah setiap hari, karena pergerakan harga saham cenderung berubah (naik-turun) setiap jam trading bursa. 

Nah kalau anda mau mencari harga saham akhir tahun untuk menghitung MVE akhir tahun, maka anda bisa mencari harga saham akhir Desember, baik di Yahoo Finance maupun di situs IDX. Anda bisa baca kembali tulisan saya disini: Cara Mencari Harga Saham Tahunan di IDX. 

Itulah cara mencari market value of equity (MVE). Anda bisa terapkan perhitungan MVE ini unyuk saham2 yang lain. Semoga bermanfaat untuk anda.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.