Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Mengenal Analisis Fundamental & Analisis Teknikal

Pada saat anda masuk ke dunia saham, anda sudah memutuskan untuk membuka rekening saham, anda sudah setor modal anda anda ingin membeli saham, maka anda harus membeli saham berdasarkan analisa-analisa tertentu, agar saham yang anda beli bisa naik dan memberikan profit untuk anda. 

Di dalam bisnis saham, ada dua analisis utama yang dapat digunakan untuk menganalisa saham yaitu: Analisis fundamental dan analisis teknikal. Apa perbedaan keduanya. Mari kita bahas. 

Analisis fundamental dan analisis teknikal
ANALISIS FUNDAMENTAL SAHAM 

Analisis fundamental merupakan analisis yang berfokus untuk melihat kinerja perusahaan, baik kinerja historis maupun prospek perusahaan melalui ANALISA LAPORAN KEUANGAN, analisa produk-produk perusahaan, dan manajemen perusahaan

Tujuan analisa fundamental adalah 'membeli perusahaan' untuk disimpan dalam jangka panjang (minimal satu tahun). Analisa fundamental akan digunakan oleh INVESTOR SAHAM yang memiliki orientasi jangka panjang, yang ingin menyimpan saham perusahaan secara long term. 

Oleh karena itu, investor saham harus mengenali produk dan kinerja perusahaan secara benar, karena perusahaan2 yang sahamnya bisa naik terus dalam jangka panjang adalah perusahaan2 yang memiliki kinerja yang baik dan terus bertumbuh secara konsisten. 

Jadi di dalam analisa fundamental saham, poin2 penting yang harus dipelajari adalah: 

  • Memahami laporan keuangan perusahaan (kinerja)
  • Memahami analisa rasio keuangan
  • Memahami valuasi saham perusahaan 
  • Memahami inti bisnis perusahaan
  • Memahami ketersediaan produk perusahaan di pasaran
  • Memahami good corporate governance perusahaan
  • Memahami kemampuan perusahaan membayar dividen
  • Apakah produk perusahaan banyak dibutuhkan masyarakat? 

Di web Saham Gain ini, saya juga memberikan beberapa basic analisa fundamental saham, yaitu cara membaca laporan keuangan, cara menganalisa rasio-rasio keuangan yang penting untuk investasi saham. Anda bisa baca-baca pos saya tentang analisa fundamental disini: Analisa Fundamental Saham. 

ANALISIS TEKNIKAL SAHAM 

Analisis teknikal merupakan analisis saham yang berfokus untuk mengamati pergerakan harga saham perusahaan menggunakan analisis grafik. Jadi analisis teknikal penekanannya lebih kepada analisa grafik untuk memprediksi saham2 yang akan naik dalam jangka pendek. 

Analisa grafik ada bermacam-macam, yaitu analisa indikator, chart pattern, candlestick,  analisa tren, analisa support resisten.

Analisis teknikal tentu berbeda dengan analisa fundamental, karena pengguna analisis teknikal atau yang biasa disebut sebagai TRADER SAHAM, lebih menekankan untuk mendapatkan profit dalam jangka pendek. 

Oleh karena itu, trader saham dalam mengambil keputusan beli dan jual saham, lebih fokus pada analisa grafik ketimbang analisa laporan keuangan. Hal ini karena analisa grafik lebih mampu digunakan untuk melihat saham2 yang naik dalam jangka pendek. 

Pelajari juga strategi2 dan praktik analisa teknikal untuk membaca saham2 naik disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.

Ada banyak tipikal trader saham jangka pendek. Ada trader harian yang berfokus untuk membeli dan menjual saham di hari yang sama sampai tiga harian. Ada trder menitan (scalper) yang membeli dan menjual saham dalam waktu beberapa menit saja. 

Ada tipe swing trader yang membeli dan menjual saham minimal satu minggu sampai satu bulan. Ada tipe positioning trader yang membeli dan menjual saham selama beberapa bulan / biasa disebut semi investasi. 

Trader saham yang mengandalkan analisa teknikal meraup profit dengan cara menjual saham di harga yang lebih tinggi, atau biasa kita sebut dengan capital gain (selisih harga jual - harga beli). Jadi inti analisa teknikal yang harus anda pelajari adalah: 

  • Analisis grafik (cara membaca grafik saham)
  • Momentum trading
  • Indikator-indikator penting dalam trading saham
  • Saham-saham yang berpotensi naik dalam jangka pendek

KOMBINASI ANALISIS FUNDAMENTAL DAN ANALISIS TEKNIKAL 

Dalam praktiknya, analisa teknikal dan fundamental terkadang harus sama2 dipahami dengan baik. Berdasarkan pengalaman saya, trader saham pun juga membutuhkan pemahaman2 analisa fundamental untuk melakukan screening saham. 

Hal ini karena saham2 yang fundamentalnya baik, umumnya sahamnya juga lebih ramai, likuid dan mudah naik dalam jangka pendek dibandingkan saham2 yang fundamentalnya jelek.

Jadi saran saya, untuk anda yang ingin belajar saham, ada baiknya anda mempelajari keduanya. Baik analisa teknikal maupun analisa fundamental adalah analisa yang sama2 penting untuk anda pahami. 

Kedua analisa tersebut merupakan analisa2 utama alias senjata anda dalam berbisnis saham. Diluar sana mungkin anda mengenal analisa2 lain, misalnya analisa bandarmologi, analisa running trade dan lain2. 

Akan tetapi, kedua analisa ini tetap merupakan analisa dan senjata utama yang harus anda pakai, jika anda ingin menghasilkan profit konsisten. Di web Saham Gain ini, saya juga sudah sering memberikan ulasan kelebihan2 analisis teknikal untuk seorang trader saham. Salah satunya saya pernah bahas disini: Perlukah Mendalami Analisa Bandarmologi Saham?

Itulah konsep dasar dan perbedaan analisis fundamental dan analisis teknikal

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.