Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Profit di Saham yang Sering Diabaikan

Di zaman yang serba canggih ini, banyak pebisnis saham yang berusaha mencari cara, jalan, strategi2 pintas untuk bisa mendapatkan profit di pasar saham, entah melalui trading jangka pendek maupun investasi. 

Kita tahu sekarang ini ada banyak seminar-seminar / edukasi saham berbayar, grup dan rekomendasi premium, acara-acara investor gathering dan lain-lain yang berkaitan dengan saham. Bahkan tidak sedikit diantaranya menawarkan bisa untung cepat dalam 5 menit. Bisa profit besar tanpa usaha, bisa untung tanpa menganalisa.  

Well, seminar / pelatihan2 edukasi saham maupun investor gathering bisa menjadi sangat bermanfaat untuk anda, dengan catatan anda bisa menyeleksi mana yang benar2 memberikan edukasi atau yang hanya menawarkan 'janji-janji surga'. Seminar2 saham, investor gathering mungkin bisa menambah relasi dan wawasan anda di dunia saham. 

Tetapi dalam praktiknya, saya sering menemukan trader saham yang terlalu fokus mengikuti acara pelatihan2 saham, grup2 saham berbayar, dan akhirnya trader lupa bahwa mendapatkan profit di saham bukanlah didapatkan dengan cara seperti itu tadi.  

Kalau anda sangat sering atau bahkan setiap kali ada seminar2 saham, ada grup2 saham berbayar, langsung anda ikuti anda harus mengevaluasi diri anda. 

Lho kenapa begitu? Kan bagus buat nambah ilmu? 

Seperti yang saya sampaikan, edukasi2 saham memang bagus untuk anda. Namun kika anda terlalu sering mengikuti seminar saham atau terlalu banyak bergantung info2 saham dari grup, anda tidak akan bisa segera mempraktikkan dan menguji hasil trading anda sendiri. 

Terlalu sering mengikuti seminar2, ataupun grup berbayar menunjukkan bahwa anda terlalu bergantung dengan orang lain. Padahal mendapatkan profit di saham sepenuhnya adalah tugas anda.   

Anda hanya fokus untuk mendengarkan materi tanpa praktik alias anda banyak membuang waktu, di mana materi2 dan grup tentang saham belum tentu cocok / sesuai dengan karakter atau kebutuhan trading anda. Terlalu banyak informasi justru akan membuat anda bingung, dan sulit menerapkannya dalam praktik trading. 

Jadi untuk mendapatkan profit di saham, sebenarnya langkah yang PALING PENTING (yang sering diabaikan) adalah belajar dan menganalisa saham SECARA OTODIDAK. Di pos ini: Langkah-Langkah Belajar Saham Otodidak, saya juga sudah menuliskan langkah2 dan pentingnya belajar saham otodidak. 

Kedua, luangkan waktu anda lebih banyak buat analisa saham. Proses ini juga sering diabaikan trader saham. Trader yang fokus untuk mengikuti setiap acara2 seminar saham, atau fokus melihat chat2 di grup saham, hanya akan mengurangi kualitas waktu yang bisa anda gunakan untuk melakukan analisa saham. 

Jadi intinya, kalau anda mau dapat profit di saham: 

Profit saham
Untuk mendapatkan profit di saham, anda harus melakukan praktik trading yang jauh lebih banyak dan intens ketimbang teori. Ketika anda sudah mendapatkan ilmu analisa teknikal, segera praktik. Baca juga: Buku Saham Pemula - Expert. 

Ketika anda sudah mulai paham membaca chart, anda harus langsung mengaplikasikan dalam trading anda. Anda harus membuat suatu progress dalam trading anda dengan cara menganalisa saham secara mandiri. 

Jadi kesimpulannya, jika anda ingin profit di saham maka lakukanlah: Belajar saham secara otodidak. Bisa mencari saham bagus secara mandiri jauh lebih baik dibandingkan anda mengandalkan grup2 berbayar atau mengandalkan cara instan di saham. Kedua, luangkan waktu anda lebih banyak untuk menganalisa saham. 

Kedua cara ini sangat berperan penting dalam trading, tetapi masih banyak diabaikan oleh trader2 milenial. Mulai saat ini, praktikan kedua cara tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.