Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Memilih Saham: Monitoring Saham

El Heze
Memilih dan monitoring saham merupakan salah satu proses trading yang perlu anda lakukan, supaya anda bisa meraih profit konsisten di pasar saham. Penggunaan analisa teknikal dalam trading juga harus ditujnang dengan monitoring saham. 

Di pasar saham ada banyak saham yang bisa anda pilih untuk trading. Namun tidak semua saham layak dan bagus untuk ditradingkan. Di satu sisi, anda juga punya modal yang terbatas. 

Maka dari itu, anda harus bisa menyeleksi dan monitoring saham yang tepat. 

Banyak trader yang masih bingung cara screening dan monitoring saham. Memilih saham untuk trading bisa anda lakukan dengan cara 'menyempitkan' target saham pilihan. Ada dua cara paling simpel memilih dan monitoring saham yang bisa anda praktikkan:  

1. Monitoring saham-saham di indeks LQ45 

Untuk anda yang bingung harus monitoring saham apa, terutama buat anda yang masih pertama kali trading saham, anda bisa memilih saham2 yang ada di daftar indeks LQ45. Hal ini karena saham2 indeks LQ45 sudah dipilih berdasarkan saham2 yang punya likuditas baik. Baca juga: Daftar Saham Indeks LQ45 Terbaru. 

Dengan memilih dan fokus monitoring saham2 LQ45 saja, maka target pemilihan saham anda tidak akan terlalu jauh, sehingga anda tidak kehilangan arah dalam trading dan memilih saham. Baca juga: Panduan Simpel Memilih Saham Bagus. 

Ingatlah bahwa di pasar saham mayoritas saham cukup berisiko, dan sudah banyak trader pemula yang terjebak di saham2 yang berisiko seperti saham2 gorengan dan waran, karena trader tidak melakukan monitoring saham. Nah, monitoring saham di LQ45 ini bisa menjadi solusi untuk anda yang bingung harus memilih saham untuk trading. 

2. Monitoring saham-saham pilihan anda

Monitoring saham2 LQ45 adalah langkah awal. Mengapa saya katakan langkah awal? Karena tidak semua saham punya momentum bagus secara analisa teknikal. Tidak semua saham cocok sesuai karakter anda / cocok untuk anda. 

Dalam praktik trading, kemungkinan besar anda juga akan memilih saham2 diluar LQ45. Dan itu boleh-boleh saja. Maka dari itu, di dalam monitoring saham, anda harus memprioritaskan untuk menyeleksi, monitoring dan mentradingkan saham2 pilihan anda saja. 

Cara mencari (screening) saham2 pilihan yang bagus untuk menemukan stock pick strading, anda bisa mendapatkan praktik2nya disini: Ebook Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus (355 halaman).

Setelah anda menemukan stock pick trading, barulah anda bisa lebih fokus untuk mentradingkan beberapa saham saja, yang sesuai dengan karakter trading anda, yang analisa teknikalnya bagus. Serta anda mengeliminasi saham2 yang pergerakannya jelek. 

Jadi ketika anda sudah menemukan saham2 pilihan, maka anda bisa mengalokasikan modal anda lebih besar untuk trading di saham2 yang bagus (saham pilihan). Dan sebagian kecil modal anda bisa anda gunakan untuk membeli saham2 di luar saham pilihan anda, untuk menguji sistem analisa teknikal anda. 

Setelah membaca pos ini, kita bisa menyimpulkan bahwa screening dan monitoring saham itu sangat penting, karena dengan monitoring saham yang benar, hal ini bisa berdampak pada penggunaan analisa teknikal yang lebih baik (saham2 yang bagus lebih dapat diprediksi menggunakan analisa teknikal, dibandingkan saham2 yang polanya tidak beraturan). 

Selain itu, monitoring saham yang benar juga berdampak positif terhadap psikologis dan pengaturan manajemen modal anda. Hasil akhirnya, anda bisa mendapatkan profit yang lebih konsisten dalam jangka panjang. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.