Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Perlukah Software Trading Saham Khusus?

Sebelum anda bisa menjalankan trading (beli dan jual saham), anda harus memiliki software trading saham terlebih dahulu. Software trading bisa anda dapatkan dengan cara membuka akun di kantor sekuritas. Baca juga: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta.

Software online trading yang anda download di situs resmi sekuritas, beserta username dan password yang nanti dapatkan, itulah yang nantinya akan anda gunakan untuk trading, menganalisa saham (analisa grafik), screening saham, memantau saham LIVE TRADE dan segala hal yang berkaitan dengan trading. 

Untuk anda yang ingin membuka akun di sekuritas (offline maupun online), anda bisa baca langkah2 membuka akun saham di sekuritas disini (26 halaman): Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Tapi ternyata banyak sekali trader yang ingin mencari software2 saham "spesial", khususnya software trading saham yang bisa memberikan sinyal beli jual yang pasti, di mana trader nggak perlu lagi repot-repot buka chart, menganalisa saham, memilih saham. 

Saya sering dapat pertanyaan2 seperti ini: 

Bung Heze apakah ada software saham yang bisa kasih sinyal buy sell?
Apa software trading autopilot akurat dan bisa dipakai untuk trading? 
Apakah ada rekomendasi software trading yang bisa dipakai screening?

Pertanyaan intinya adalah: "Perlukah software trading saham khusus diluar software trading yang sudah disediakan oleh kantor sekuritas?"

Berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya anda nggak perlu memiliki software trading khusus yang "spesial". Kalau anda mau bisa untung di saham secara KONSISTEN, anda cukup fokus melakukan analisa teknikal, dan gunakan software trading dari sekuritas yang anda join. 

Pakai terus software trading anda, sampai anda familiar dengan software yang anda pakai. Kenapa anda nggak perlu software2 khusus untuk trading? Ada dua alasan utama:  

1. Software-software trading khusus sifatnya hanyalah "pelengkap" / tambahan

Anda boleh saja menggunakan software saham khusus untuk screening, software yang bisa menghasilkan sinyal buy-sell, menganalisa saham. Tapi software2 tersebut sifatnya tetap sebagai tambahan atau pelengkap anda saja. 

Para pemula terkadang bingung harus memilih saham untuk trading. Maka, nggak ada salahnya kalau anda menggunakan software2 khusus yang bisa screening saham dan menghasilkan sinyal, sehingga dari software2 bisa menyaring saham2 yang bagus untuk dibeli, dan anda sudah punya "pilihan saham". Baca juga: 2 Aplikasi untuk Screening Saham. 

Tetapi setelah anda mendapatkan "saham2 pilihan" dari software yang anda gunakan, anda tetap harus menyaring dan menganalisa saham tersebut secara teknikal. Mengapa demikian?

Karena kunci sukses trading adalah anda harus melakukan analisa secara otodidak. Bagus tidaknya sistem trading dan analisa teknikal, hanya anda yang bisa menentukannya sendiri. Hal ini akan saya bahas lebih lanjut di poin kedua. 

Tips dari saya, kalau anda mau memilih software saham khusus, pilihlah software yang realistis, yang bisa memberikan manfaat bagi anda para trader (bisa digunakan untuk screening saham, memberikan sinyal trading, dan melakukan analisa teknikal). Pilihlah software yang tidak memberikan iming2 terlalu banyak. 

Hindari memilih software2 autopilot yang harganya mahal. Apalagi jika memberikan janji2 surga bisa kaya dari software tersebut, nggak perlu repot menganalisa, langsung untung dalam semalam.  

2. Tidak ada software trading yang bisa bikin anda cepat kaya  

Seperti yang saya tuliskan di poin pertama, bisa tidaknya anda menghasilkan profit di saham semua tergantung dari analisa-analisa pribadi yang anda lakukan. ]

Software trading autopilot mungkin bisa memberikan anda sinyal beli-jual saham tertentu. Tapi ketika terjadi perubahan market yang drastis, sinyal tersebut akan dengan mudah meleset, sehingga apa yang anda harapkan (langsung cepat kaya dari software), tidak akan terjadi. 

Jadi sebenarnya tidak ada software trading khusus yang bisa membuat anda cepat kaya. Tidak ada software autopilot khusus yang bisa memberikan sinyal trading 100% benar dan anda hanya tinggal tidur-tiduran menerima hasilnya. 

Di saham tidak ada cara instan untuk menjadi kaya. Sama ketika anda ingin mendirikan bisnis / usaha, maka tidak mungkin anda bisa menjadi kaya dalam semalam. Semua butuh usaha, eksperimen, praktik dan mempelajari kesalahan2 yang ada. 

Kunci sukses di saham adalah melakukan analisa saham (analisa teknikal), lakukan screening saham yang benar. Semua itu bisa anda lakukan melalui software trading yang sudah anda join di sekuritas anda masing2. Itulah yang seharusnya menjadi software trading utama anda.

Kalau anda sudah mengetahui bahwa analisa utama dalam trading yang bisa memberikan profit adalah analisa teknikal, maka fokuskan diri anda untuk melakukan analisis teknikal, bukan terus mencari 'software trading pencetak duit'. 

Semoga apa yang saya tuliskan ini bisa menjawab pertanyaan rekan-rekan trader yang sedang mencari software2 khusus untuk trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.