Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Return Saham di Yahoo Finance

El Heze
Data return saham merupakan salah satu data yang sering digunakan untuk kepentingan2 tertentu misalnya untuk analisa saham. Seperti yang pernah kita bahas di pos ini: Pengertian Return Saham, Kegunaannya, Cara Menghitungnya, rumus return saham adalah: 

Return saham = {(Pt-Pt-1)/ Pt-1} x 100%

Atau secara gampangnya: {(harga saham hari ini - harga saham kemarin) / harga saham kemarin} x 100%. Itulah rumus return saham. Mencari return saham yang paling mudah bisa anda cari di situs Yahoo Finance. 

Situs Yahoo Finance menyediakan data yang sangat lengkap untuk melihat dan menghitung data-data return saham dalam jangka panjang, karena Yahoo Finance menyediakan data2 historis harga saham setiap harinya mulai dari harga pembukaan, penutupan, terendah, tertinggi. 

Berikut langkah2 cara mencari return saham di Yahoo Finance:

1. Buka situs finance.yahoo.com

2. Ketikkan kode saham yang ingin anda hitung return sahamnya. 

Misalnya anda ingin melihat return saham PWON, maka ketikkan kode saham PWON.JK pada menu search. Contoh tampilannya seperti dibawah ini:

Return saham di Yahoo Finance
3. Kemudian akan muncul tampilan saham PWON seperti dibawah ini:


Untuk mencari data return saham, maka anda harus mencari harga saham historis PWON. Maka dari itu, pilih menu 'Historical Data' (perhatikan tanda persegi hijau). Kemudian akan muncul tampilan data historis saham PWON seperti dibawah ini:   

Cara mencari return saham di Yahoo Finance
Pada menu Time Period, anda bisa setting sendiri tanggal / jangka waktu yang anda inginkan untuk anda hitung return sahamnya. 

Untuk menghitung return saham, ada baiknya anda menggunakan harga penutupan / Close (lihat tanda persegi hijau), karena harga penutupan adalah harga terakhir yang terbentuk di hari itu. 

Sekarang anda sudah dapat data harga saham di Yahoo Finance. Kita coba lakukan perhitungan return saham. Misalnya, anda mau menghitung return saham PWON tanggal 9 Juli, maka anda bisa menggunakan perbandingan dengan tanggal 8 Juli. 

Bisa kita lihat bersama, di Yahoo Finance harga closing saham PWON 9 Juli ada pada harga Rp735. Sedangkan tanggal 8 Juli saham PWON berada pada harga Rp740. 

Seperti yang sudah kita bahas diatas tadi rumus return saham adalah: (harga saham hari ini - harga saham kemarin) / harga saham kemarin x 100%. Maka return saham PWON tanggal 9 Juli dihitung sebagai berikut: 

Return saham = {(735-740) / 740} x 100% = (5 / 740) x 100% = -0,67%% atau Rp -5 (740 - 735). 

Itulah cara mencari return saham di Yahoo Finance dan cara menghitungnya. Perlu anda ketahui juga, bahwa return saham tidak harus dihitung harian. Untuk kepentingan tertentu, anda bisa menghitung return saham, misalnya bulanan atau tahunan. 

Anda tinggal bandingkan data harga saham hari ini dengan bulan / tahun sebelumnya (pakai harga closing), dan semua datanya sudah tersedia di Yahoo Finance seperti yang sudah kita bahas diatas. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.