Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Tips Mencari Saham yang Bagus Hari Ini

Jika anda ingin mengincar keuntungan dari trading saham, maka anda harus mencari saham-saham yang bagus hari ini, dalam arti saham tersebut punya potensi untuk naik dalam jangka pendek.  

Banyak trader yang masih bingung ketika dihadapkan dengan kondisi pasar saham yang bergerak keesokan harinya. Trader bingung apa yang harus dilakukan ketika memilih saham. Sehingga tanpa disadari trader sering melewatkan momen2 bagus. Anda mungkin punya pertanyaan2: 

Bagaimana caranya memilih saham2 yang potensial hari ini? Soalnya saya sering ketinggalan momen beli. Saham apa yang harus dipilih saat jam trading, apalagi kalau ada banyak saham yang mau naik, mana yang harus diprioritaskan dulu?

Untuk mencari dan menemukan saham yang bagus hari ini supaya anda tidak ketinggalan momentum, anda bisa mempraktikkan beberapa tips trading dibawah ini: 

1. Analisa teknikal sebelum jam market buka 

Jika anda sudah merencakan mau trading di hari tertentu, itu artinya anda harus cari saham yang bisa berpotensi naik di hari tersebut. Jangan baru mencari saham saat market sudah berjalan. 

Lakukan analisa untuk untuk mencari saham-saham yang potensial naik sebelum jam market buka. Baca juga: Ebook Praktik Analisa Teknikal Pemula - Expert.  

Anda bisa melakukan analisis teknikal sebelum jam 09.00 (jam pasar saham buka), atau pada sore atau malam di hari sebelumnya setelah closing market. Jadi ketika market sudah buka, anda sudah tahu saham2 apa yang mau anda tradingkan.

Terutama kalau anda seorang trader part time yang memiliki kesibukan, maka mencari saham sebelum market buka adalah cara trading yang lebih efektif dan menghemat waktu anda. 

2. Utamakan analisa di saham-saham pilihan anda

Pada saat jam trading ada banyak sekali saham yang bergerak naik turun. Untuk itu, supaya anda tidak bingung memilih saham mana yang mau anda tradingkan, anda bisa memprioritaskan terlebih dahulu untuk mentradingkan saham2 pilihan di hari itu. 

Bagaimana caranya supaya anda mengetahui dan mendapatkan saham2 pilihan tersebut? Dalam hal ini anda harus mempraktikkan SCREENING SAHAM yang benar, supaya anda bisa mendapatkan stock pick yang bagus. 

Saya juga sudah memberikan praktik2 cara melakukan screening saham dengan memilih saham bagus yang layak trading disini: Panduan Simpel & Efektif Menemukan Saham Bagus. 

Mempunyai saham2 pilihan bisa meminimalisir saham-saham yang berisiko, sehingga anda bisa memperoleh profit yang lebih konsisten. 

3. Gunakan analisa teknikal yang biasa anda pakai

Mencari saham yang bagus hari ini artinya anda memiliki waktu yang cukup singkat untuk memilah saham mana yang akan anda tradingkan. Agar anda bisa mendapatkan saham2 yang layak trading, saran saya gunakanlah analisa teknikal yang biasa anda pakai / pakailah analisa teknikal yang terbukti bisa menghasilkan profit. Baca juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Jika anda mau mencari saham2 yang bagus hari ini, jangan mencoba metode2 analisa teknikal yang baru, karena metode analisa teknikal baru belum tentu cocok dengan anda. 

Ini adalah kesalahan trader yang sering dilakukan. Trader sedang mencari saham yang bagus hari ini, namun trader nekad menggunakan analisis2 teknikal baru (yang belum pernah dicoba sebelumnya), sehingga ketika analisa2 tersebut tidak cocok, trader akhirnya salah memilih saham, salah memilih momentum. 

Kalau anda mau coba metode analisa teknikal yang baru, menguji sistem analisa teknikal yang baru, mencoba saham2 baru yang belum pernah anda tradingkan sebelumnya, cobalah dengan jumlah (lot) yang kecil, dan jangan menetapkan target yang muluk2 atau bahkan nekad membeli dengan jumlah banyak. 

Tiga cara ini sangat efektif untuk anda terapkan ketika anda mau mencari saham yang bagus hari ini. Kalau anda sudah merencanakan mau trading hari ini, anda bisa mempraktikkan cara2 tersebut. 

Tetapi kalau ternyata kondisi market di hari itu sedang lesu, banyak saham yang turun, sehingga anda melihat masih belum waktunya buy maka anda tidak perlu memaksakan trading. Anda bisa wait and see dulu. 

Intinya, anda harus tetap jadi trader saham yang fleksibel. Salam profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.