Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Tips Belajar Saham Cepat Bisa

Belum lama ini saya dapat pertanyaan dari salah seorang trader pemula. Berikut pertanyaannya: "Pak Heze bagaimana caranya biar kita bisa mengerti analisa-analisa teknikal lebih cepat, dan gimana caranya supaya kita bisa tahu analisa-analisa teknikal yang cocok untuk kita yang bisa membuahkan profit?" 

Ada banyak trader yang setelah belajar saham, mereka tetap bingung tentang analisa teknikal. Trader tetap bingung bagaimana caranya mencari saham yang bagus buat trading, bagaimana cara mempraktikkan analisa teknikal untuk trading, bagaimana caranya tahu saham yang akan naik dan sebagainya. 

Di satu sisi, banyak juga trader2 part time yang nggak punya banyak waktu, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk belajar saham juga sangat terbatas. 

Maka dari itu, di pos ini saya akan sharing sedikit agar anda bisa lebih cepat mengerti dan mendalami ilmu-ilmu saham, khususnya analisa teknikal. Ada beberapa tips agar anda bisa belajar saham dan mendalami analisa teknikal lebih cepat, yaitu sebagai berikut: 

1. Menganalisa saham saat market tutup

Banyak trader yang berpikir bahwa menganalisa saham harus dilakukan saat market buka (pukul 09.00 - 16.00), anda harus hilangkan anggapan ini. Anda bisa belajar saham saat market tutup di sore / malam hari. Cara ini terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan analisa anda. 

Saya pribadi juga sering menganalisa saham saat market tutup, terutama saat malam hari dan saat pagi hari sebelum market buka. 

Saat market tutup anda akan memiliki waktu yang lebih santai, fleksibel untuk belajar saham lebih banyak serta mempelajari analisa-analisa teknikal (pola candle, chart) yang terbentuk setelah closing market. 

2. Belajar saham saat hari libur

Belajar saham juga dapat saat hari libur. Nggak salah tuh hari libur mau belajar saham? Justru saat-saat hari libur inilah anda bisa mengembangkan skill main saham dan ketajaman analisa anda. 

Di hari libur (baik weekend maupun libur panjang), pasar saham memang tutup. Tapi anda tetap bisa menganalisa grafik, harga2 historis saham, psikologis chart, indikator, dan disitulah anda bisa melakukan screening saham. 

Seperti yang pernah saya tuliskan di pos ini: Cara Melatih Insting Analisis Trading Saham, belajar saham saat hari libur / weekend dapat melatih insting analisis, dan kemampuan anda untuk lebih mengerti tentang saham.  

Memang anda perlu sedikit berkorban meluangkan waktu libur anda untuk belajar saham. Tapi percayalah dengan cara ini, anda akan jauh lebih cepat paham dengan analisis teknikal dan tipikal2 saham. 

Anda yang ingin belajar saham mulai dari level pemula sampai expert, anda bisa mendapatkan praktik2nya disini: Buku Saham.

Diluar jam trading pasar saham, anda bisa memanfaatkannya untuk belajar saham lebih banyak, agar anda cepat mengerti tentang dunia saham beserta analisa2-nya, sehingga insting analisa anda akan lebih tajam. 

Kalau selama ini anda banyak menghabiskan waktu2 luang anda untuk hal2 yang kurang produktif, mulai sekarang cobalah untuk memanfaatkan waktu anda untuk belajar saham lebih banyak. 

Karena semakin sering anda mengamati chart, semakin sering anda belajar saham, maka insting analisa anda semakin terbentuk dengan baik. 

Ibarat anda memiliki keahlian bermain golf. Keahlian anda akan semakin terasah jika anda semakin sering berlatih. Demikian juga dengan belajar saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.