Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Trading Saham yang Benar

Setiap trader saham baik pemula maupun trader kawakan ingin mendapatkan profit besar di saham. Namun sebenarnya trading saham itu bukan hanya sekedar mendapatkan profit besar, tapi PROFIT KONSISTEN. Baca juga: Cara Mengukur Profit Konsisten Saham. 

Karena banyak trader yang bisa mendapatkan profit besar dalam sehari, seminggu. Namun setelah itu, karena trader tidak memahami arah trading yang benar, trader mengalami kerugian yang lebih besar. 

Jadi, untuk mendapatkan profit konsisten, maka anda harus menerapkan cara trading yang benar. Bagaimana cara trading saham yang benar? Ada beberapa poin trading yang harus anda praktikkan:

1. Gunakan analisis teknikal yang dapat dipraktikkan  

Analisa teknikal ada bermacam-macam. Kesalahan trader pada umumnya adalah mereka menggunakan terlalu banyak analisa teknikal (yang tidak terbukti menghasilkan profit) dan 

Maka dari itu, pakailah analisa teknikal yang simpel dan dapat dipraktikkan untuk menghasilkan profit. Saya pernah menuliskannya disini: Ciri-ciri Indikator Saham yang Bagus.

Praktik-praktik analisa teknikal yang simpel dan bisa anda terapkan untuk trader pemula-expert, saya bahas lengkap disini: Buku Saham Pemula - Expert. 

2. Pahami cara memilih saham yang layak untuk trading 

Di Bursa Efek, nggak semua saham layak untuk trading. Justru sebagian besar saham banyak yang berisiko, dan tidak bisa dianalisa dengan analisa teknikal. 

Maka dari itu, selain memahami analisa teknikal, anda juga harus paham bagaimana cara screening saham untuk membedakan saham2 yang layak trading dan tidak layak trading. Bagaimana caranya? Anda bisa baca praktik dan strategi screening saham disini: Cara Memilih (Screening) Saham Bagus

3. Mengatur psikologis trading & manajemen modal 

Trading saham tidak bisa lepas dari peran psikologis trading yang benar dan manajemen modal. Banyak trader yang gagal dalam mencetak profit jangka panjang karena tidak memiliki manajemen modal yang benar, dan tidak mengambil keputusan trading dengan bijaksana (psikologis trading). 

Maka dari itu, disamping faktor menganalisa saham itu sendiri, anda perlu mempelajari cara mengelola modal trading, strategi diversifikasi yang baik, mempelajari kesalahan2 trader dan memperbaikinya. Baca juga: Menyusun Trading Plan, Psikologis Trading dan Manajemen Modal. 

4. Menetapkan target trading yang realistis 

Tetapkan target trading yang realistis. Misalnya, jika anda pemula, jangan menetapkan target untung 20% sehari. Target seperti ini nggak realistis karena anda baru belajar saham, maka targetnya adalah: Anda harus bisa menekan kerugian dulu, bukan mengincar profit besar. 

Target2 yang tidak realistis dalam trading bisa membuat anda menjadi bertindak gegabah, sehingga keputusan trading anda banyak yang salah. Hal ini sudah pernah saya alami sendiri. 

Cara trading saham yang benar ini harus diterapkan baik untuk pemula sampai expert. Karena walaupun anda sudah memiliki pengalaman trading bertahan-tahun, namun setiap dari anda bisa berpotensi mengalami kerugian apabila anda tidak menggunakan analisis yang benar dalam trading. 

Empat cara trading yang benar ini harus selalu anda terapkan di setiap aktivitas trading yang anda jalankan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.