Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menemukan Strategi Trading Efektif

Saat anda belajar analisa teknikal, anda akan menemukan banyak sekali indikator yang bisa ana pelajari dan gunakan. Saat anda belajar beberapa indikator, indikator2 yang anda pelajari hanyalah beberapa dari sekian banyak indikator trading yang tersedia. 

Analisa teknikal bukan hanya terdiri dari indikator, tapi juga candlestick, analisa tren, chart pattern, support-resisten. Saya sudah pernah bahas praktik-praktik lengkap analisa teknikal: Ebook Saham Analisis Teknikal. 

Itu artinya, setiap trader bisa saja menggunakan analisa yang berbeda-beda dalam trading. Anda mungkin pakai indikator MACD. Trader lain bisa saja lebih suka pakai Bollinger Bands. Kalaupun anda dan trader lain sama2 pakai MACD, interpretasi penggunaan indikator tersebut, bisa jadi berbeda-beda.

Maka dari itu, ketika banyak trader saham yang bertanya ke saya: 

"Bung Heze, strategi trading apa yang paling efektig buat menghasilkan profit?"

Saya jawab: Strategi trading paling efektif hanya bisa anda temukan dengan cara PRAKTIK. Anda harus terapkan sendiri dalam trading anda. Kenapa perlu praktik?

Karena untuk menemukan strategi trading yang efektif, anda harus bisa menggunakan analisa teknikal yang SIMPEL dan BISA ANDA TERAPKAN SECARA PRAKTIK. 

Trader lain mungkin sering menunjukkan indikator ini itu yang terkesan sangat rumit, dan di dalam satu grafik bisa ada bermacam-macam analisa teknikal. Tapi itu belum tentu bisa menghasilkan profit untuk anda sendiri.

Selain indikator, anda harus bisa melakukan pemilihan (screening) saham yang layak untuk trading. Praktik-praktik screening saham bisa anda terapkan disini: Panduan Simpel & Efektif Menemukan Saham Bagus. 

Terutama buat anda seorang teknikalis, maka screening saham yang layak trading itu sangat diperlukan. Karena strategi trading yang efektif hanya bisa ditemukan kalau anda merasa COCOK dengan SAHAM PILIHAN anda. 

Dan ingatlah bahwa setiap trader saham mungkin bisa memiliki preferensi saham yang berbeda. Misalnya, si Ucok suka main saham gorengan. Tapi mungkin anda lebih suka cari saham2 lapis dua dan blue chip. Jadi, memilih saham yang layak trading untuk anda harus anda lakukan, untuk menemukan cara trading yang efektif.  

Itulah mengapa saya termasuk salah satu orang yang paling jarang memberikan rekomendasi saham real time. Bukan karena saya pelit ilmu. Bukan karena saya nggak mau berbagi. 

Bahkan di free Rekomendasi Saham di web ini, saya "hanya" memberikan watchlist saham tertentu, selanjutnya saya berharap agar anda menganalisa sendiri sesuai kebutuhan, trading plan dan karakter anda masing2.  

Demikian juga materi2 yang anda baca di Saham Gain ini, dan ebook2 praktik trading yang saya berikan: Ebook Saham Pilihan Trader Terbaik, saya jauh lebih banyak memberikan arahan, praktik, strategi trading, supaya anda bisa jadi trader mandiri, bisa mencari saham pilihan sendiri, dan anda bisa profit dengan cara yang benar. 

Yup, karena konsep saya adalah, saya ingin anda menjadi trader yang mandiri, dan mengalami sendiri trading saham. Dan pada akhirnya anda bisa mencari saham sendiri untuk mendapatkan profit. 

Jadi kesimpulannya, untuk bisa menemukan strategi trading yang efektif, ada tiga hal utama yaitu: Pakailah analisa teknikal yang simpel dan bisa anda praktikkan, lakukan screening saham, praktikkan sendiri. 

Sebenarnya ada satu poin penting lagi, yaitu psikologis trading, termasuk di dalamnya adalah menyusun trading plan dan manajemen modal. 

Sehingga, kalau anda terus menerus menerapkan poin-poin yang saya tulis diatas, anda akan menjadi trader saham yang mahir, yang tidak tergantung dengan rekomendasi real time, tergantung dengan grup saham, namun anda bisa mengaplikasikan sendiri analisa dan trading plan anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.