Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Memilih Saham yang Baik dan Tepat

El Heze
Memilih saham yang baik dan tepat adalah pekerjaan utama yang harus dilakukan seorang trader saham. Profit saham bisa anda dapatkan hanya jika anda memilih saham-saham yang benar untuk trading. 

Banyak trader pemula maupun trader2 yang sudah punya pengalaman trading lebih dari 3 tahun, namun masih bingung bagaimana cara memilih saham yang baik, tepat dan layak buat trading, sehingga banyak trader yang sahamnya masih sering nyangkut, rugi, belum paham cara menghadapi market yang fluktuatif.  

Maka dari itu, memilih saham yang tepat untuk trading adalah faktor utama agar anda bisa memperoleh profit konsisten di saham. Berdasarkan pengalaman trading yang saya jalankan, ada beberapa cara dan faktor utama yang harus anda lakukan untuk memilih saham yang baik dan tepat

1. Memilih saham yang harganya naik. 
Saham2 yang menguntungkan trader adalah saham2 yang HARGANYA NAIK. Saham yang harganya naik adalah saham2 yang secara tren naik dan saham2 yang breakout. Membaca saham yang harganya naik bisa dilakukan dengan analisis-analisis teknikal yang simpel. 

Saya juga membahas praktik2 analisa teknikla untuk mencari saham-saham yang harganya naik disini: Buku saham Pemula - Expert. 

Saham murah dan diskon yang harganya rebound juga bisa dikategorikan sebagai saham yang naik. Untuk bisa menemukan saham diskon yang akan rebound, anda bisa menerapkan praktik2 dan strategi tradingnya: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

Trader seringkali memilih saham2 yang salah untuk trading, di mana trader sering terjebak membeli saham yang harganya masih turun dan belum ada tanda2 rebound. Trader memilih saham2 yang harganya sudah naik terlalu tinggi. 

Atau bahkan trader melakukan spekulasi dalam trading dengan memilih saham-saham gorengan, saham2 yang tidak likuid, membeli saham tanpa menganalisa, sehingga inilah yang menyebabkan trader mengalami kerugian dan nyangkut. 

Jadi kalau anda ingin memilih saham yang tepat untuk trading, pertama yang harus anda lakukan adalah memilih dan menyeleksi saham2 yang hargana naik / akan naik secara analisis teknikal. 

2. Screening saham pilihan untuk mendapatkan STOCK PICK 

Di Bursa Efek, ada banyak pilihan saham yang bisa anda tradingkan. But, anda nggak mungkin mentradingkan semuanya. Anda memiliki keterbatasan modal. Di satu sisi, kalau anda analisa lebih dalam, mayoritas saham di Bursa Efek banyak yang pergerakannya jelek, dan berpotensi merugikan anda sebagai trader.

Oleh karena itu, untuk menemukan saham yang baik dan tepat, anda harus melakukan screening saham. Screening saham bertujuan agar anda bisa menemukan saham-saham berkualitas yang cocok untuk anda tradingkan (stock pick), dan membuang saham2 yang jelek. 

Cara melakukan screening saham untuk mendapatkan stock pick saham2 bagus untuk trading saham, bisa anda pelajari dan terapkan praktik2nya disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Pada praktik2 screening saham tersebut, nantinya anda juga mempraktikkan bagaimana cara membedakan saham2 yang layak trading, dan saham2 yang tidak layak trading, sehingga mentradingkan saham2 yang bagus saja, anda bisa memiliki arah yang lebih jelas dalam trading. Targetnya: Anda bisa memperoleh profit konsisten. 

3. Sesuaikan dengan level trading anda

Dalam memilih saham yang tepat, anda juga harus menyesuaikan dengan level trading anda saat ini. Sebagai contoh, kalau anda masih pemula, jangan memilih saham2 yang berisiko. 

Pilihlah saham2 yang cocok untuk pemula. Pilihlah saham2 yang trennya bagus (dengan metode screening saham seperti langkah kedua). Kalau anda tipikal trader yang 'santai', maka jangan memilih saham2 gorengan. 

Level trading dan profil risiko juga menentukan saham-saham yang bisa memberikan profit dalam praktik2 trading lanjutan nantinya. 

Untuk anda yang saat ini masih bingung bagaimana cara memilih saham yang baik dan tepat, khususnya untuk trading, tiga cara ini bisa anda praktikkan dan terapkan di dalam trading anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.