Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Dapat Profit Saham Jangka Pendek

Trading saham jangka pendek merupakan strategi yang sering diterapkan oleh para pebisnis saham yang ingin dapat profit dalam waktu lebih singkat. Jangka pendek dalam trading saham artinya anda mendapatkan keuntungan saham dalam sehari (intraday), beberapa hari, seminggu, hingga sebulan. 

Itu artinya, untuk dapat profit saham dalam jangka pendek, ada strategi2 trading yang bisa anda lakukan sesuai dengan karakter trading anda. Misalnya, anda yang cocok dengan beli jual saham sehari, bisa menerapkan strategi intraday trading. Baca juga: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Sedangkan anda yang lebih cocok buy and hold saham, dan jual saham satu minggu atau diatas satu minggu, anda bisa menerapkan strategi swing trading atau trend following. Baca juga: Panduan Simpel & Efektif Menemukan Saham Bagus. 

Tetapi tentu untuk dapat profit, anda harus menerapkan strategi trading yang tepat. Berikut adalah cara-cara yang harus anda lakukan agar anda bisa mendapatkan profit saham dalam jangka pendek: 

1. Gunakan analisa teknikal yang bagus 

Analisa teknikal yang bagus adalah analisa teknikal yang BISA DIPRAKTIKAN untuk membaca saham naik, dan analisa teknikal yang simpel. Saya juga pernah menuliskannya disini: Cara Trading Saham yang Benar.

Anda bisa membaca indikator analisa teknikal, belum tentu anda bisa langsung profit. Untuk bisa dapat profit, anda harus bisa mempraktikan indikator tersebut. Anda harus menguji dengan trading yang anda lakukan, untuk mengetahui apakah analisa teknikal tersebut cocok untuk anda.  

Analisa-analisa teknikal yang mudah dipraktikkan pemula dan pola-pola saham yang simpel, saya bahas praktik dan strateginya disini: Ebook Saham Pilihan Trader Saham Terbaik Diskon 15%. 

2. Pasang target profit sesuai time frame trading anda 

Trading saham bukan hanya soal menganalisa, namun juga soal pola pikir trader yang realistis, terutama dalam memasang target. Kalau anda punya tujuan trading harian, maka tetapkan target take profit yang tidak terlalu tinggi, namun frekuensi trading anda lebih banyak. 

Sebaliknya, jika anda ingin melakukan swing trading, anda bisa menetapkan target lebih tinggi dalam waktu lebih lama, dengan frekuensi trading yang lebih sedikit. Pelajari juga mengenai: Frekuensi Trading Saham Ideal.

Banyak trader yang profitnya 'melayang' karena trader terlalu banyak berharap mendapatkan profit besar tanpa memahami target2 realisits dalam trading. 

3. Memilih (Screening) saham yang layak trading 

Tentu saja, untuk dapat profit jangka pendek, anda harus pilih saham yang tepat untuk dibeli. Baca : Cara Screening Saham Bagus. 

Screening saham seringkali diabaikan oleh trader. Banyak trader yang ingin mendapatkan profit cepat, sehingga trader mengabaikan fakta-fakta bahwa di pasar saham banyak sekali saham2 yang berisiko menjebak trader. 

Dengan kata lain, adanya screening saham bisa meminimalkan sifat-sifat gegabah dalam trading, karena dengan memiliki stock pick, trading yang anda jalankan bisa lebih sesuai dengan trading plan. Ibaratnya, anda sudah memiliki kompas untuk menghadapi fluktuatif pasar saham. 

4. Asah terus analisa saham anda 

Apabila anda sudah menemukan sistem analisa teknikal yang cocok (bisa menghasilkan profit), ada baiknya anda konsisten dengan analisa yang anda pakai. Asah terus analisa yang anda pakai, karena analisa tersebut sudah terbukti menghasilkan profit. 

Kesalahan trader yang sering saya temukan adalah trader merasa bahwa sistem analisa teknikalnya masih belum berhasil membuahkan profit besar. Akhirnya trader mengganti terus sistem analisa teknikal untuk menciptakan holy grail (sistem analisa teknikal yang sempurna). 

Padahal untuk menghasilkan profit besar dalam trading jangka pendek, terutama konsisten hal utama yang anda butuhkan adalah terus mempraktikkan dan mengasah analisa teknikal yang sudah sesuai untuk anda, bukan gonta-ganti analisa saham.   

Jadi untuk anda yang bertanya gimana cara dapat profit di saham dari trading? Maka empat poin penting ini perlu anda jalankan secara bertahap melalui praktik-praktik trading langsung. 

Empat cara ini akan terus berlaku sampai kapanpun. Baik dalam kondisi market bullish maupun bearish, jangan pernah mengabaikan praktik-praktik tersebut. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.