Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham BJTM: Dividen dan Turunnya BJTM

El Heze
Saham-saham dengan kinerja bagus, ketika membagi dividen, biasanya sahamnya akan naik  kencang menjelang cum date dividen. Tapi setelahnya pada tanggal ex date, harga saham umumya bakalan jatuh sebesar nilai dividennya. Baca juga: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen.

Walaupun terkadang saham yang membagi dividen, harganya nggak naik menjelang cum date, tetapi banyak saham2 bagus yang pergerakan harganya "mengikuti" harga cum dan dan ex datenya. 

Saya pernah menuliskan artikel2nya disini: Dividend Trap Saham dan Cara Mengatasinya dan Bahayanya Membeli Saham Saat Cum Date. Anda bisa baca-baca kembali analisanya.

Salah satu saham yang cukup menarik perhatian trader adalah SAHAM BJTM. BJTM termasuk salah satu saham yang kinerjanya bagus, rajin bagi dividen, juga masuk di indeks IDX HIGH DIVIDEND 20, dan termasuk saham yang bagi dividend yield gede. Of course, BJTM termasuk saham yang sering diincar trader. 

Pergerakan saham BJTM sebulan sebelum pembagian dividen, atau mendekati pengumuman dividen, selalu bergerak naik perlahan. Tapi menjelang ex date, harganya selalu langsung anjlok drastis. Perhatikan grafik BJTM dibawah ini: 


Saham BJTM
Sebelum cum date, BJTM naik terus.... Tetapi pada tanggal ex date, bisa anda lihat BJTM langsung jatuh, sehingga membentuk gap down yang cukup lebar. Baca juga: Cara Trading Saham Gap Down.

Masalahnya, gap yang cukup besar ini terkadang nggak ditutup dalam waktu dekat. Umumnya, banyak saham yang membentuk gap down, tidak lama sahamnya akan naik menutup gapnya, namun tidak demikian dengan BJTM.

BJTM setelah turun, di hari2 berikutnya masih melanjutkan penurunan. Dan pola ini juga terulang di tahun sebelumnya. Perhatikan lagi grafik BJTM dibawah ini: 

Chart BJTM - 18 bulan
Perhatikan BJTM diatas (tanda persegi). Menjelang pembagian dividen di tahun sebelumnya, pola pergerakan BJTM sama: Cenderung naik sampai cum date. Saat tanggal ex date, BJTM langsung turun dan meninggalkan gap down. 

Namun gap down BJTM ternyata tidak ditutup dalam jangka pendek. Gap down BJTM baru ditutup setahun setelahnya, di harga 750, (perhatikan garis horizontal resisten diatas). Tetapi setelah itu, BJTM langsung koreksi lagi. 

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa, pergerakan BJTM sangat rawan dan berisiko pasca pembagian dividen (tanggal ex date dan setelahnya)

Jangan terlalu beranggapan atau berpikiran teoretis bahwa ketika ada gap down yang sangat besar, besoknya gapnya bakalan langsung ditutup. Saya beberapa kali menemukan trader curhat nyangkut di BJTM karena beli saham BJTM sehari setelah ex date, karena trader berpikir ada gap down yang bakal ditutup, ternyata sahamnya masih turun terus.

Faktanya walaupun secara teori gap down akan ditutup, tapi kita tidak tahu kapan pastinya gap down tersebut bakal ditutup kembali. Untuk banyak kasus, gap down memang cepat ditutup, tapi untuk beberapa kasus seperti BJTM, butuh waktu lama agar gap down ketutup lagi. 

Nah, kalau anda mau trading di BJTM, jangan membeli saham di tanggal cum date atau bahkan saat ex date dan beberapa hari setelah ex date. Terutama untuk anda yang tipikal tradingnya adalah buy and hold, maka BJTM ini sangat rawan setelah tanggal exdate dividennya. 

BJTM biasanya berpotensi memberikan return yang baik saat sebulan atau beberapa minggu mendekati RUPS-nya, karena BJTM rajin bagi dividen dan dividend yieldnya tergolong besar. 

Dengan catatan BJTM harganya sudah koreksi / lagi turun, maka BJTM umumnya akan diangkat lagi harganya beberapa minggu menjelang cum date dividen (BJTM biasanya mengumumkan dividen antara Februari - April). Disitulah anda bisa memanfaatkan momentum untuk buy and hold.

Karena jika anda jual BJTM sebelum atau pas tanggal cum datenya, walaupun anda tidak dapat dividen, anda sudah dapat keuntungan besar dari kenaikan sahamnya.

Untuk anda yang mau trading jangka pendek di BJTM, anda bisa menunggu kepastian tren terlebih dahulu sekitar 1-2 minggu kemudian, yaitu menunggu BJTM harganya sudah benar2 turun dan terdiskon, jangan langsung membeli saham setelah tanggal ex date. Baca juga: Full Praktik Menemukan Saham Diskon dan Murah. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.