Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading: Menentukan Harga Support Saham

Harga support atau harga bottom adalah merupakan titik acuan harga saham yang bisa menjadi acuan beli saham, maupun sebagai titik yang "harus diwaspadai". Saham yang jatuh dari titik support-nya, bisa membuat saham jatuh lebih dalam. 

Bagi seorang trader, perlukah anda mencari titik harga support suatu saham? Mengingat strategi membeli saham tentu saja tidak harus dengan cara membeli di harga supportnya. Strategi buy on breakout merupakan salah satu strategi yang tidak terlalu fokus untuk mencari support. Baca juga: Arti Breakout Saham.

Tujuan trader mencari harga support adalah supaya trader bisa membeli saham di harga murah / diskon. Tujuan kedua, supaya trader bisa melihat potensi naik turunnya saham tersebut, karena support suatu saham bisa menjadi rawan kalau harganya jatuh. 

Tujuan ketiga, harga support digunakan ketika harga saham sedang turun, sehingga anda perlu melihat titik support pentingnya, untuk menentukan level entry maupun wait and see. 

Sebagai contoh, aplikasi harga support bisa anda lihat pada saham BMRI dibawah ini: 

Saham BMRI
Perhatikan yang saya beri tanda lingkaran, itu adalah harga support BMRI terendah selama 6 bulan. Dan harga support terendah ini sekaligus mengakhiri tren turun BMRI, karena setelah mencapai harga tersebut, BMRI langsung technical rebound. 

Sedangkan pada grafik, harga saham BMRI lagi turun. Maka dari itu, kalau seandainya BMRI turun di harga support terendah, dan tidak jatuh dari supportnya, maka potensi BMRI naik akan sangat besar. Sebaliknya, jika BMRI jatuh dari harga support terendahnya ini, BMRI potensi turun lagi.

Dari apa yang saya paparkan, kita bisa menyimpulkan bahwa mencari titik support saham itu penting. Kalau anda ingin tahu bagaimana cara yang akurat untuk mencari titik support, anda bisa mendapatkan praktik2nya disini: Buku Saham dan Menemukan Saham Naik dengan Variasi Support-Resisten Saham.  

Mencari support saham sangat penting untuk anda yang: Ingin membeli saham di harga murah, anda yang ingin mencari saham diskon, anda yang mau buy on weakness dan menerapkan strategi bottom fishing. 

Cara-cara mencari saham yang diskon dan murah secara analisa teknikal, pernah kita bahas praktik2nya secara khusus disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

"Jadi Pak Heze, untuk trader yang tidak mencari saham di harga murah, berarti nggak perlu terlalu memperhatikan dan menentukan harga support saham ya?" Celetuk anda 

Jawabannya tetap perlu. Nggak ada salahnya anda menentukan di mana titik support suatu saham, karena menentukan support adalah bagian dari analisa tren juga, di mana analisa tren ini sangat penting untuk seorang trader. 

Namun pesan saya jangan sampai anda terlalu sibuk untuk mencari di mana titik support suatu saham. Apalagi kalau itu nggak sesuai dengan tujuan dan kebutuhan trading anda. 

Sebagai contoh, kalau anda cuma trading dengan melihat bid-offer atau scalping menitan, maka anda nggak perlu terlalu sibuk untuk menentukan titik bottom saham tersebut. 

Jangan sampai JUGA anda terlalu sibuk menentukan titik support saham, sampai-sampai anda lupa trading dan mengabaikan faktor analisa teknikal lainnya.

So, untuk anda yang mau cari saham diskon, buy on  weakness, melihat titik support ini sangatlah penting sebagai acuan beli dan support lanjutan. Dan bagi anda yang menerapkan strategi lain, maka titik support bisa berfungsi untuk melihat kecenderungan tren saham.

Yup, intinya gunakan analisa support SESUAI KEBUTUHAN TRADING ANDA. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.