Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Memahami Teknik Screening Saham

El Heze
Sebelum anda memutuskan untuk membeli saham, pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah MEMILIH SAHAM. Istilahnya adalah SCREENING SAHAM. 

Namun bagi sebagian trader, banyak yang belum memahami dengan benar istilah screening saham ini. Atau mungkin anda memahami istilah screening saham, namun masih sebatas "kulitnya" saja. Maka di pos ini, saya akan menjelaskan tentang screening saham, dan mengapa screening saham harus anda terapkan di dalam trading. 

Screening saham adalah teknik menyaring saham, sehingga nantinya anda akan mendapatkan beberapa saham yang layak untuk ditradingkan. Dengan kata lain, tujuan akhir screening saham akan menghasilkan saham-saham pilihan yang cocok untuk anda.

Kenapa anda perlu melakukan screening saham? Hal ini karena anda tidak mungkin mentradingkan semua saham di Bursa Efek. Jumlah saham di Bursa Efek sangatlah banyak. Maka dari itu, anda harus memilih beberapa saham saja yang cocok untuk anda, yang bisa menghasilkan profit tentunya.  

Artinya tujuan screening saham adalah supaya trading yang anda lakukan bisa on the track. Seberapa banyak dari antara anda yang masih membeli saham asal2an? Atau portofolio anda banyak diisi oleh saham2 yang nggak jelas? 

Kalau anda sekarang mengalaminya, kemungkinan besar anda tidak / belum melakukan screening saham. 

"Terus caranya screening saham gimana Pak Heze? Apa ada software khusus buat screening saham?" Tanya anda

Di pos ini: Screening Saham Manual vs Aplikasi Screening Saham, saya pernah menuliskan tentang cara-cara melakukan screening saham. Yup, screening saham itu bisa anda lakukan dengan cara manual maupun menggunakan aplikasi. 

Tetapi seperti yang saya tuliskan di pos tersebut, bahwa poin utama screening saham adalah screening saham yang dilakukan secara manual... Aplikasi2 untuk screening saham boleh anda gunakan, tetapi sifatnya hanya sebagai tambahan.  

Teknik-teknik dan strategi screening saham, untuk menemukan saham-saham bagus dan layak trading, bisa anda dapatkan praktiknya disini: Ebook Panduan Simpel & Efektif Menemukan Saham Bagus. 

Kemudian anda bertanya kembali: "Pak Heze... Tapi apa nggak susah kalau screening saham dilakukan secara manual? Jumlah saham akan ada ratusan"

Dalam screening saham, tentu saja anda tidak harus memilih saham satu per satu. Cara melakukan screening saham yang simpel, misalnya bisa anda lakukan dengan melakukan screening khusus pada saham2 LQ45, saham2 lapis dua atau saham IDX30. 

Kemudian anda membuang saham2 yang pergerakanya berisiko atau saham yang trennya tidak menguntungkan trader / yang tipikalnya tidak sesuai dengan anda. Analisa2 lanjutan untuk screening saham bisa anda baca disini: Analisa Teknikal untuk Screening Saham.   

Melakukan screening saham ini memang butuh praktik. Artinya, untuk menemukan saham pilihan, anda harus menjadi 'pelaku pasar' alias trader dan analis untuk diri anda sendiri. 

Banyak trader yang ingin dapat hasil (profit) serba instan, serba cepat, tetapi mengabaikan pentingnya screening saham dalam trading. Sehingga akhirnya ya sudah bisa tebak hasilnya: Banyak loss, banyak saham nyangkut, beli saham tanpa mengetahui bagus tidaknya saham tersebut.

Jadi mulai sekarang, jangan pernah melupakan teknik dan praktik2 screening saham, sebelum anda berhadapan dengan market. Karena screening saham ini adalah salah satu senjata anda untuk menhadapi market dan saham-saham yang sering menjebak.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.