Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Fee Broker Saham yang Murah

El Heze
Saya sering mendapat pertanyaan dari rekan-rekan yang ingin mulai buka rekening saham, terkait fee broker saham yang murah. Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, fee broker saham itu merupakan fee yang anda bayarkan ketika anda membeli maupun menjual saham. 

Jadi transaksi beli saham anda akan ditambah fee broker. Demikian juga, transaksi jual anda akan dikurangi untuk fee broker (sekuritas). Selisih fee beli dan jual pasti sebesar 0,1%. 

Katakanlah fee beli broker adalah 0,2%, maka fee jualnya pasti 0,3%. Di mana selisih 0,1% yang merupakan fee jual ini digunakan untuk pembayaran pajak transaksi saham. Baca juga: Pajak Transaksi Saham di Bursa Efek.   

Oke kembali lagi ke pembahasan kita.. Kalau anda tanya fee broker / sekuritas apa yang murah buat ONLINE TRADING, maka murah tidaknya fee ini sebenarnya variatif. Soalnya ukuran murah atau tidak, standar setiap pribadi bisa berbeda-beda.  

Tapi saran saya, kalau anda mencari fee broker saham yang murah, carilah yang fee-nya berkisar antara 0,15-0,20% untuk fee beli dan 0,25-0,30% untuk fee jualIni menurut saya fee standar yang banyak digunakan oleh sekuritas. 

Contohnya BNI Sekuritas menetapkan fee beli dan jual masing2 sebesar 0,15% dan 0,25%. Mandiri Sekuritas sebesar 0,18% dan 0,28%. Danareksa Sekuritas fee-nya 0,17% dan 0,27%. Fee tersebut adalah fee online trading umum (bukan full service.. Kalau full service pasti lebih tinggi). Jangan cari fee broker yang terlalu murah juga, karena dampaknya tidak baik untuk kelangsungan sekuritas tersebut.

"Tapi Pak Heze, gimana caranya saya mengetahui besaran fee tiap sekuritas?" Tanya anda

Anda bisa melihat melalui situs resmi masing2 sekuritas, karena di website masing-masing sekuritas, pasti sudah menyediakan informasi mengenai berapa besaran fee beli dan jual tersebut. 

Nah, kalau anda masih belum tahu daftar kantor sekuritas, dan cara membuka rekening saham online, di Saham Gain ini saya sudah pernah menerbitkan materi gratis (berupa ebook pdf 26 halaman), terkait beberapa daftar kantor sekuritas, terutama kantor2 sekuritas yang saya rekomendasikan juga (soalnya jumlah kantor sekuritas sangat banyak). 

Anda bisa download disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Dan jika anda ingin mencari sekuritas bagus yang deposit awalnya kecil, anda bisa baca tulisan saya disini: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. 

Penting bagi anda untuk melihat kualitas, kredibilitas sekuritas yang bersangkutan. Jangan cuma melihat fee-nya yang murah doank.. Fee itu penting, tapi kualitas dan nama besar sekuritas juga harus anda pertimbangkan. 

Jadi saat anda mencari referensi fee broker saham yang murah, anda juga harus mempertimbangkan nama besar dan kualitas sekuritas yang bersangkutan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.