Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menghitung Keuntungan Trading Saham

Menghitung keuntungan trading saham yang anda dapatkan adalah bagian yang cukup penting dalam trading. Saya rasa beberapa dari anda pasti sudah menghitung keuntungan apabila anda membeli dan menjual saham. 

Tapi menghitung keuntungan (dan juga kerugian  / cut loss) trading saham bukan hanya soal anda mengetahui berapa besar kecilnya profit yang anda dapatkan. Ada manfaat2 yang sebenarnya bisa anda jadikan bahan evaluasi trading ketika anda menghitung atau me-rekap jejak trading anda sendiri. 

Sebelum kita masuk lebih lanjut, saya akan menjelaskan cara menghitung keuntungan trading saham, karena sebagian trader masih belum paham cara menghitung keuntungan trading saham, dan banyak juga yang belum menerapakannya.

Misalnya: Anda beli saham TLKM di harga 3.700 sebanyak 100 lot. Maka harga beli anda adalah Rp37.000.000 (3.700 * 100 lot * 100 lembar). Lalu anda menjual TLKM di harga 3.800 sebanyak 100 lot, maka harga jual anda adalah Rp38.000.000 (3.800 * 100 lot * 100 lembar). 

Jadi keuntungan anda adalah sebesar Rp38.000.000 - Rp37.000.000 = Rp1.000.000. Tapi tunggu dulu.... Keuntungan sebesar Rp1 juta ini adalah profit kotor, karena anda juga harus memperhitungkan fee beli dan fee jual sekuritas. 

Jadi harga beli anda harus ditambah dengan fee beli, dan harga jual anda dikurangi dengan fee jual. Misalnya, fee beli sekuritas adalah 0,17% dan fee jualnya 0,27%. Sehingga, perhitungannya menjadi seperti dibawah ini:

Klik untuk memperbesar

Profit bersih yang anda dapatkan bukan lagi Rp1 juta tetapi Rp834.500. Perhitungan ini penting agar anda tidak salah dalam menjual saham. Maksudnya begini, kalau anda beli saham TLKM di harga 3.700 sebanyak 100 lot, jangan berpikir anda sudah untung ketika jual di 3.710. Perhatikan tabel dibawah ini:  


Ketika anda memasukkan fee beli dan fee jual (asumsi fee beli-jual 0,17% dan0,27%), ternyata anda masih rugi jika anda jual di 3.710. Jadi jika anda mau profit, paling tidak anda harus jual diatas harga 3.710. Jangan sampai salah menghitung keuntungan anda.

Nah, untuk mempermudah anda menghitung keuntungan trading saham anda, saya juga sudah menyediakan  kalkulator saham yang bisa anda dapatkan, dan langsung anda gunakan secara free. Anda bisa download disini: Kalkulator Saham Gratis

Menghitung keuntungan dalam trading, hendaknya anda lakukan setiap kalau anda membeli saham. Jadi anda punya data trading anda sendiri, yang berisi rincian transaksi saham (buy-sell) yang anda lakukan dari waktu ke waktu. 

Gunanya bukan hanya sekedar mengetahui berapa profit yang anda dapatkan, tetapi anda juga bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi. 

Kalau anda untung, anda bisa melihat saham-saham apa yang membuat anda profit. Anda bisa melihat kembali tanggal-tanggal anda membeli saham, dan pelajari lagi pola-polanya. 

Sebaliknya, kalau anda rugi, anda menghitung dan mencatatnya, anda bisa mempelajari saham2 apa yang membuat anda rugi, dan anda bisa pelajari lagi apa yang menyebabkan anda rugi. 

Tetapi kalau anda sama sekali tidak pernah mencatat transaksi saham anda, anda tidak akan tahu saham2 apa yang cocok atau yang tidak cocok untuk anda, anda tidak akan bisa mengevaluasi trading dan strategi2 yang anda sudah jalankan selama ini. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.