Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Harga Saham Tahunan di IDX

El Heze
Mencari data harga saham bisa dilakukan secara harian, mingguan, bulanan maupun tahunan. Untuk mencari data saham harian, saya sudah pernah menuliskan langkah2nya disini: Cara Mencari Data Harga Saham di Yahoo Finance. 

Mencari data harga saham berarti anda harus mencari harga opening (pembukaan), high (tertinggi), low (terendah) dan close (penutupan) atau OHLC kalau kita singkat. 

Bagaimana jika anda ingin mencari harga saham tahunan? Kalau anda mau cari harga saham tahunan (kuartal IV). Itu artinya, anda harus mencari harga saham akhir tahun per tanggal 31 Desember. 

Anda bisa mendapatkan informasi harga saham tahunan ini melalui situs www.idx.co.id. Sebelum menjelaskan lebih lanjut ada beberapa hal yang harus anda pahami...  

Tanggal 31 Desember bursa saham pasti tutup, karena 31 Desember adalah hari libur Bursa Efek Indonesia (BEI). Maka, carilah harga saham per tanggal 30 Desember. Namun jika tanggal 30 Desember dan 29 Desember adalah hari minggu dan sabtu, maka carilah harga saham tahunan per tanggal 28 Desember. Fyi, bursa saham  Indonesia buka hari Senin-Jumat (kecuali hari libur).  

Banyak yang mencari harga saham tahunan di IDX dengan mencari pada tanggal 31 Desember, sehingga tidak heran kalau datanya tidak ada / kosong. 

Berikut langkah-langkah cara mencari harga saham tahunan di IDX:    

1. Buka situs www.idx.co.id

2. Pilih menu Data Pasar --> Ringkasan Saham



3. Muncul tampilan seperti dibawah ini: 


Untuk mencari harga saham akhir tahun / tahunan di IDX, anda bisa setting tanggal akhir Desember. Kemudian, anda harus centang menu-menu: Kode saham, tertinggi, terendah, penutupan, dan sebelumnya. Sehingga, nanti tampilannya seperti dibawah ini: 

Klik gambar untuk memperbesar

Di situs IDX, harga open price seringkali tidak tampil (nilainya nol). Maka dari itu, anda bisa menggunakan harga "sebelumnya". Harga penutupan hari sebelumnya biasanya tidak jauh beda dengan harga open price. Maka, untuk open price, anda bisa ambil harga sebelumnya.  

Untuk melihat harga saham akhir tahun, anda bisa menggunakan sesuai kebutuhan anda. Anda bisa pakai harga penutupannya saja (closing price, yaitu closing price akhir tahun), atau anda mengambil semua harga OHLC akhir tahun. 

Oke itulah cara mencari harga saham tahunan di situs IDX. Untuk anda yang mau cari harga saham akhir tahun, langkah2 mudah, tinggal terapkan cara2 seperti diatas. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.