Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal: Arti Breakout Saham

"Saham WSKT sudah breakout dari 1.700. Setelah ini bisa naik ke resisten 1.750-1.800"
"Saham UNVR sebentar lagi breakout"
"Saham PTBA bisa beli kalau sudah breakout dari 4.000"

Kata "BREAKOUT" pasti sering sekali anda dengar baik dari analis saham, broker, trader lain. Kalau anda pernah join di grup saham, istilah breakout juga sering digunakan. 

Lalu apa itu sebenarnya breakout saham? Dalam hal apa saham dikatakan breakout? Di pos ini, kita akan membahasnya.  

Breakout saham merupakan kondisi di mana harga saham bergerak naik dari tren turun, dan menembus resisten tertentu, di mana resisten tersebut adalah titik resisten yang sulit ditembus sebelumnyaJadi kata-kata kunci yang harus anda perhatikan dalam breakout saham adalah:

  • Harga saham mengakhiri tren turun (downtrend)
  • Bisa juga mengakhiri tren sideways
  • Bisa juga menembus harga saham all time high-nya
  • Diawali dengan kenaikan harga saham setelah tren turun (biasanya kenaikan drastis)
  • Volume saat breakout cenderung lebih tinggi
  • Kenaikan saham berhasil menembus titik resisten tertentu yang sulit ditembus sebelumnya 

Catatan: Mencari saham-saham yang true breakout, praktik2 dan strategi trading di saham breakout, juga saya bahas lengkap strategi2nya disini: Panduan Simpel dan Efektif Memilih Saham Bagus & Swing Trading.

Untuk memudahkan memahami saham breakout, perhatikan grafik saham dibawah ini:

Arti breakout - Contoh breakout saham
Saham PNLF harganya sebenarnya sudah di bottom (support), perhatikan tanda persegi. Tetapi tren sahamnya tidak pasti, karena bisa anda lihat saham PNLF terus bergerak sideways. Artinya, kita nggak tau saham ini bakalan diangkat naik (breakout), atau malah turun lagi setelahnya atau tetap di harga itu-itu aja? 

Well, di dalam tren sidewaysnya, kita bisa lihat ada satu resisten diatas harga sideways yang terbentuk, yaitu di harga 320 (lihat tanda lingkaran). Setelah beberapa lama saham PNLF sideways, tiba-tiba PNLF bergerak naik (tanda panah), dan PNLF menembus resisten 320 itu tadi. Selain itu, saat breakout, volume juga lebih tinggi dibandingkan volume harga2 sebelumnya. 

Terus, di mana letak breakoutnya? 

Breakout terjadi ketika saham bergerak naik, dan menembus dan mematahkan (break) resisten 320. Jadi saham dikatakan breakout saat berada di tanda panah itu tadi. Yup, karena saham tersebut berhasil naik dari tren turun / sideways. 

Setelah menembus resisten, bisa anda lihat PNLF kemudian terus bergerak naik sampai 480 dalam kurun waktu 2-3 mingguan kira-kira. Jadi itulah arti dan gambaran breakout dalam saham. 

Breakout juga bisa terjadi ketika harga saham sedang naik, dan menembus resisten all time highnya. Maka anda bisa mengatakan saham tersebut breakout.

Salah satu hal yang sering ditanyakan trader adalah bagaimana cara menentukan resisten yang menjadi acuan kalau saham tersebut dikatakan breakout? Well, untuk gampangnya anda bisa melihat resisten yang paling dekat dengan harga trennya saat ini. 

Atau anda bisa melihat resisten kuat yang sulit ditembus, yang terdekat dengan harga saat ini. Hal ini karena secara psikologis saat saham berhasil naik dan menembus resisten dengan volume besar, maka hal tersebut menunjukkan minat beli pelaku pasar yang tinggi terhadap saham tersebut.  

Saham breakout ini adalah saham yang sangat bagus untuk SWING TRADING. Baca juga: Trading di Saham Breakout, karena pada umumnya saham yang breakout punya potensi naik dalam jangka waktu yang lebih lama (tentu juga ada fluktuatif di dalamnya).

Tetapi di dalam praktiknya, bisa jadi saham yang sudah breakout, namun ternyata sahamnya cuma sehari saja, dan besoknya turun lagi. Ini yang dinamakan dengan FALSE BREAKOUT. 

Yap, jadi breakout itu dibagi menjadi false breakout dan true breakout. Anda bisa baca lagi tulisan saya disini, dan cara mengatasi false breakout: Saham Breakout: True Breakout dan False Breakout

Mencari saham breakout yang lebih efektif juga bisa dilakukan menggunakan indikator trading yang benar, dan memilih saham serta momentum yang tepat. Saya juga pernah membahas praktik-praktiknya. 

Strategi, teknik dan praktik memilih saham breakout bisa anda dapatkan praktik2nya disini: Panduan Simpel dan Efektif Memilih Saham Bagus & Swing Trading.

Itula arti breakout. Poin-poin yang saya tuliskan diatas tadi, harus menjadi acuan anda untuk mencari dan menentukan potensi saham-saham breakout.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.