Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham yang Efektif

Keputusan trading saham yang anda lakukan, baik memilih saham, keputusan membeli dan menjual saham, keputusan wait and see semuanya membutuhkan ANALISIS TEKNIKAL. 

Anda yang rajin-rajin berkunjung ke web Saham Gain, saya juga sering menuliskan tentang kegunaan2 analisa teknikal, baik untuk trader jangka pendek maupun positioning trader. Analisa teknikal dibutuhkan oleh semua trader, berapapun time frame trading yang anda pakai. 

Dalam trading, setiap trader saham, pasti akan mencari strategi2 trading saham yang PALING EFEKTIF digunakan, yang bisa menghasilkan profit dan dapat diterapkan dalam trading secara riil. 

Nah terkait praktik dan strategi trading saham, ada beberapa strategi trading yang bagus untuk anda terapkan. Di Saham Gain ini, saya juga memaparkan praktik-praktik trading saham yang efektif (strategi trading yang sering digunakan trader), yaitu sebagai berikut: 

1. Analisa teknikal untuk memilih saham

Analisa teknikal secara umum harus anda kuasai strategi2nya, bukan hanya membaca teori. Di dalam analisa teknikal, ada banyak sekali cara-cara yang dapat digunakan, yaitu menggunakan analisa support-resisten, candlestick, tren, chart pattern dan lain2. 

Namun anda juga harus dapat menggunakan analisa2 teknikal ini untuk membaca saham-saham yang naik, saham2 yang diskon dan saham2 yang berpotensi turun. 

Oleh karena itu, saya membahas strategi2 dan praktik langsung cara memilih saham menggunakan analisa2 teknikal yang mudah dipraktikkan untuk trading. Anda bisa mendapatkan praktik-praktik tradingnya disini: Buku Saham Pemula - Expert. 

Disini kita membahas langsung strategi2 menemukan saham diskon, membaca saham2 yang akan naik maupun koreksi, pola candlestick yang paling akurat untuk membaca saham naik dan masih banyak lainnya. Baca juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.

Dan anda juga akan mempraktikkan materi2 penting tentang psikologis trading, panduan menyusun trading plan, dan manajemen modal trading yang efektif. 

Jadi dengan memahami praktik analisa teknikal, anda bisa mengambil keputusan mandiri dan otodidak di pasar saham, yang tidak tergantung dari rekomendasi maupun analis. 

2. Strategi swing trading

Swing trading merupakan strategi trading secara khusus (spesifik) dengan cara memilih saham-saham yang punya potensi naik dalam jangka 1 minggu - 1 bulan. Swing trading ini adalah strategi trading dengan menganut trend following. 

Swing trading berarti anda membeli saham dan kemudian hold saham tersebut, sampai jangka waktu 1 minggu - 1 bulan. Swing trading banyak diterapkan oleh trader yang punya tipikal slow... Namun tidak suka menyimpan saham dalam jangka terlalu lama. Baca juga: Teknik Trading Saham Mingguan.  

Strategi swing trading, moving average, mencari saham2 breakout, saya bahas praktik2 dan strateginya disini: Ebook Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus

Di ebook ini anda juga akan praktik langsung  cara screening saham yang bagus dan layak untuk trading, membedakan saham yang layak dan tidak layak trading, praktik2 lebih banyak tentang moving average dan menemukan saham2 yang berpotensi breakout

3. Strategi intraday trading (trading harian)

Strategi trading lain yang efektif untuk diterapkan adalah trading harian / intraday trading. Intraday trading merupakan strategi trading secara spesifik, dengan cara membeli dan menjual saham di hari yang sama, sampai dengan jangka waktu 3 harian. Saya pernah bahas disini: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat.

Sebenarnya trader harian jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan swing trader, atau trading jangka menengah. Pasar saham terus bergerak karena adanya trader2 jangka pendek tersebut. 

Trading harian cocok diterapkan untuk anda yang tidak ingin menyimpan saham dalam waktu lama (anda yang tipikalnya tidak suka hold saham, lebih suka jual saat sudah naik). Namun trading harian harus anda lakukan dengan cara yang benar. Jangan sampai anda mmebeli saham gorengan, atau saham2 yang nggak jelas, yang risikonya sangat tinggi.  

Strategi intraday trading dan cara memilih saham yang bagus dan likuid untuk trading harian, saya bahas praktik2nya secara lengkap disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Jadi untuk menerapkan strategi trading yang efektif, tentu anda harus memahami strategi2 mempraktikkan analisa teknikal itu sendiri, yaitu anda bisa menemukan analisa2 teknikal yang simpel dan bisa menghasilkan profit. 

Setelah itu, anda baru bisa mencoba strategi2 trading yang lebih 'spesifik', yaitu swing trading atau trading harian. Di mana kedua strategi tersebut, adalah praktik2 trading yang paling sering diaplikasikan oleh trader jangka pendek. Baca juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.