Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Software untuk Analisa Tape Reading Saham

Beberapa waktu lalu saya pernah dapat pertanyaan dari trader yang sedang mencoba menerapkan intraday trading. Trader tersebut bertanya tentang analisa tape reading, berikut pertanyaanya (melalui Facebook Belajar Saham):


"Kalau trading dengan teknik Tape Reading (TR) apakah bisa pakai android atau harus pakai PC pak?"

Tentu saja bisa dua-duanya. Karena kalau anda sudah buka akun di sekuritas, tiap software online trading pasti menyediakan software yang khusus digunakan di PC / laptop dan smartphone. Anda tinggal instal saja softwarenya di situs resmi sekuritas.  

Catatan: Kalau anda mau melakukan analisa TR, anda cukup menggunakan software trading dari sekuritas. Anda tidak perlu membeli software2 khusus untuk memantau bid-offer suatu saham. Kalau anda belum tahu cara buka akun di sekuritas, anda bisa download materi gratis yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

Seperti yang saya tuliskan tadi, analisa TR bisa saja dilakukan melalui smartphone dan PC. Sama seperti ketika anda memantau saham, cek grafik semua bisa dialkukan di smartphone. Demikianpun dengan analisa TR. 

Tapi... 

Khusus buat analisa TR saya menyarankan agar anda melakukan analisa melalui PC atau minimal laptop. Jangan melalui smartphone.. 

"Kenapa Pak Heze?" Tanya anda penasaran 

Analisa TR itu membutuhkan fokus, karena anda harus melihat pergerakan, serta menganalisa kekuatan bid dan offer di suatu saham. Bid-offer saham juga berubah dari waktu ke waktu (selama jam trading). Jadi anda butuh untuk melihat dan mengamati perubahan2 yang ada di bid offer saham. 

Apalagi kalau anda mau menganalisa, mengamati, membandingkan bid-offer lebih dari satu saham, maka anda akan jauh lebih mudah mengamatinya melalui PC.  

Pengambilan keputusan beli saham dari analisa TR, juga harus didukung dengan grafik (chart)-nya. Jadi, selain melihat bid-offer, anda harus lihat juga chart grafiknya (candlesticknya saat itu, support-resisten, tren dan lain2).  

Artinya, anda membutuhkan tampilan layar yang lebih mendukung untuk analisa anda. Tampilan layar ini sangat berpengaruh pada pengambilan keputusan trading. 

Layar yang sempit akan menyulitkan anda untuk memantau bid-offer saham, sekaligus mengamati chart-nya. Namun hal ini akan jauh lebih mudah dilakukan di PC / laptop. Saya juga mengalaminya sendiri. 

Jadi, anda yang ingin melakukan analisa TR, saya sarankan agar anda melakukan analisa ini melalui PC atau minimal laptop. Tampilan smartphone terlalu kecil (sempit) untuk analisa bid-offer. Kecuali kalau anda hanya memantau harga saham (persentase naik-turunnya), atau sekedar lihat chart, maka nggak masalah anda pakai smartphone. 

Analisa TR ini biasanya dilakukan untuk analisa trading jangka pendek, lebih tepatnya time frame intraday trading. Untuk analisa TR, dan cara mencari saham-saham yang bagus untuk trading harian, saya membahas praktik2 lengkapnya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (352 halaman).

Anda yang mau trading harian dengan memilih saham2 yang likuid, pergerakannya bagus plus anda yang ingin mendalami praktik2 langsung analisa TR, anda bisa mendapatkan praktik2nya di Ebook Intraday & One Day Trading tersebut.   

Kalau anda ingin lebih paham mengenai gambaran tape reading di saham, anda bisa baca-baca tulisan saya disini: Teknik dan Analisa Tape Reading Saham, dan Analisa dan Fakta Tape Reading Saham.         

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.