Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Dapat Untung Besar dari Saham

Pada saat anda mendapatkan untung besar di saham, anda pasti akan senang. Terutama kalau anda masih trading beberapa bulan, kemudian analisa anda benar. Anda berhasil jual untung di harga tinggi sesuai target anda, hal ini ibarat anda mendapatkan durian runtuh. 

Tetapi dalam praktikknya, banyak trader yang tidak dapat mengontrol diri setelah trader bisa mendapatkan keuntungan besar di saham. Trader menjadi euforia setelah profit.

Trader menjadi ketagihan trading, dan mencoba untuk lebih besar. Trader merasa dirinya paling hebat dibanding trader lain, sering pamer profit. Bahkan, tidak sedikit trader yang mulai mengikuti gaya hidup yang konsumtif. Sehingga, keuntungan2 yang didapatkan ini nggak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Saat anda dapat untung besar di saham, saya menyarankan agar anda tetap bisa mendayagunakan profit anda untuk diinvestasikan kembali. Hal ini dinamakan dengan teknik compounding. Baca juga: Strategi Investasi/ Trading Saham, Tapi Modal Terbatas. Atau gunakanlah profit untuk hal-hal yang bermanfaat lainnya. 

Jangan sampai ketika mendapatkan profit besar, trader langsung menggunakannya untuk foya-foya dan membeli barang-barang hanya karena mengikuti gengsi.

Nggak ada salahnya anda menggunakan profit untuk hal-hal yang anda inginkan dan senang-senang. Tetapi anda harus bisa mengelola keuntungan yang anda dapatkan dengan bijaksana. Karena ini juga bagian dari manajemen modal dalam trading.

Apalagi jika anda masih pemula, tentu anda masih butuh untuk terus mengembangkan modal trading dalam jangka lebih panjang. Nah, salah satu cara untuk mengembangkan modal trading ini bisa dilakukan dengan cara menginvestasikan kembali profit yang anda dapatkan.

So, pelajaran berharga di pos ini bisa kita rangkum dalam quote berikut: 
Semua trader pasti senang saat dapat profit besar. Namun justru disinilah tantangan selanjutnya... Profit besar harus dikelola lagi untuk menghasilkan sesuatu yang bisa membuat trading anda lebih baik. 
Jangan sampai profit besar justru menjerumuskan trader pada hal-hal yang tidak bermanfaat dan akhirnya merugikan seperti: Pamer profit, ketagihan trading sehingga mulai melupakan analisis, senang berlebihan, menggunakan profit untuk hal2 yang tidak bermanfaat.
El Heze - www.sahamgain.com

Banyak trader yang belum mampu menggunakan profit yang didapatkan secara bijaksana. Misalnya yang seringkali saya temukan, trader langsung pamer profit, merasa dirinya paling jago analisa. 

Sesuatu yang banyak dilakukan trader, belum tentu benar, dan belum tentu berdampak baik untuk karir trading jangka panjang. 

Maka dari itu, dalam kondisi anda dapat untugng sebesar apapun dari saham, anda harus tetap memiliki perencanaan2 trading, jalur trading yang sudah anda tetapkan berdasarkan analisa. Jangan sampai anda mulai melupakan semuanya saat sudah untung.  

Anda yang membaca pos ini, anda punya kesempatan untuk menjadi trader yang berbeda, dan berpeluang untuk mencapai level trading dan psikologis yang lebih matang. Kini anda tinggal mempraktikannya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.