Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menjadi Trader Saham Harian

El Heze
Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan dari para trader. Inti pertanyaannya adalah: Bagaimana cara menjadi trader saham harian? Dan cukup variatif pertanyaan2 yang saya terima. Ada rekan2 yang bertanya juga: 

Apakah menjadi trader saham harian itu harus full memonitor saham di depan layar saham? Apakah menjadi trader harian itu berarti modal trading kita full kita tradingkan untuk harian semua? 

Dan masih banyak pertanyaan lain tentang cara menjadi trader saham harian ini. Kalau anda ingin jadi trader harian, ada beberapa poin penting yang perlu anda praktikkan agar anda bisa menjadi trader saham harian yang bisa mencetak profit konsisten: 

1. Anda sudah menguasai analisa dan teknik trading harian

Tentu saja menguasai analisa untuk trading harian adalah poin yang paling penting, dan utama. Karena tanpa menguasai analisa teknikal, anda tidak akan bisa memilih saham2 yang bisa naik dalam jangka pendek tersebut. 

Untuk trading harian, anda harus bisa memilih saham2 yang punya pergerakan fluktuatif yang bagus, mudah dianalisa untuk trading harian, mudah naik dalam jangka pendek, dan punya persentase kenaikan yang wajar dalam nol sampai tiga harian trading. 

Analisa-analisa simpel, analisa teknikal dan analisa tape reading (bid-offer) untuk intraday trading, bisa anda dapatkan praktik2 yang saya tuliskan disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. Yup, di materi tersebut, anda akan langsung praktik memilih saham yang layak untuk intraday trading.  

Untuk menjadi trader harian, anda perlu mencari saham2 yang seperti ini, bukan mencari saham2 gorengan setiap hari, atau mencari saham-saham yang pergerakannya tidak jelas. Carilah saham2 yang punya fluktuatif bagus, dan saham2 yang risikonya kecil, namun punya peluang naik yang realistis untuk trader. 

2. Tidak perlu trading setiap hari

Trading harian identik dengan trading jangka pendek, yang dilakukan dengan frekuensi yang sering. Semua itu benar. Tetapi bukan berarti anda harus trading terus tanpa berhenti. 

Trading saham itu sangat terkait dengan momentum. Kalau di saat itu anda nggak menemukan saham pilihan, entah karena marketnya lagi jelek, maka anda nggak perlu memaksakan trading. 

Kalau saat itu kondisi badan anda sedang nggak fit, atau anda lagi jenuh banget memantau market, lalu anda memutuskan untuk istirahat dulu dari trading, ya itu pilihan anda. Saya pribadi terkadang juga melakukan hal ini kalau lagi jenuh memantau market. 

Cara-cara trading harian yang benar, bisa anda baca disini: Strategi Profit Trading Saham Harian. 

Justru trading tiap hari dengan harapan dapat untung harian terus-menerus hanya akan membuat anda capek, dan pada akhirnya anda tidak bisa berpikir dengan jernih. Menjadi trader saham harian pun anda juga butuh istirahat dan tidak harus selalu memantau market setiap saat. 

Sebagai tambahan, di dalam trading anda bisa memasang order jual di target harga yang anda tentukan. Jadi setelah anda membeli saham, anda bisa pasang target jual anda, dan kemudian anda tinggal melakukan aktivitas yang lain. 

3. Anda tidak harus 100% jadi trader harian

Saya sendiri juga merupakan trader harian. Tetapi saya juga menjalankan strategi swing trading, dan bahkan beberapa persen modal saya, saya tempatkan buat investasi jangka panjang. Saya pernah bahas disini: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading. 

Demikian juga saya sering menemukan trader jangka pendek, yang menyimpan saham2 blue chip untuk jangka panjang. Nggak masalah. Intinya, kalau anda mau jadi trader harian, anda nggak harus full menjadi trader harian. 

Boleh saja anda menggunakan beberapa persen modal anda untuk menjalankan strategi trading yang lain. 

4. Punya target yang realistis

Jika anda mau jadi trader harian, anda harus memasang target2 profit yang masuk akal. Banyak trader yang ingin untung cepat dan besar, akhirnya mereka mengabaikan faktor analisis, momentum dan memilih saham itu sendiri. 

Kalau anda trading harian karena punya keinginan bisa dapat profit puluhan persen setiap hari, maka anda harus kurungkan niat anda, dan pikirkan lagi niat anda untuk jadi trader harian. 

Karena trader harian harus dilakukan dengan target, pertimbangan dan analisa yang matang. Bukan hanya sekedar mau untung besar cepat tanpa menganalisa. Hal ini hanya akan membuat anda menjadi gambling ketika trading. 

Empat poin inilah yang harus anda lakukan jika anda mau jadi trader saham harian. Kalau saya rangkum, maka saya bisa memberikan satu quote tentang strategi trading saham harian:
Trading saham harian itu tidak kaku. Anda tidak harus memantau market terus. Anda tidak harus trading tiap hari. Anda bisa menggunakan strategi trading yang lain juga. Dalam trading harian, yang terpenting adalah anda bisa menerapkan strategi yang benar, untuk mencari saham2 yang bagus, yang bisa naik dalam jangka pendek
Persepsi2 tentang trading harian (intraday trading) yang salah, yaitu harus trading tiap hari, harus pantau market tiap menit, harus cari saham gorengan, harus bisa profit 25% sehari. Anggapan2 seperti ini harus anda hilangkan. 

Trading harian sama dengan strategi2 trading yang lain, yaitu anda butuh untuk menganalisa dengan benar, konsentrasi, dan realisitis dalam menetapkan target. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.