Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Yang Dibutuhkan Trader Agar Profit Konsisten

Trading maupun investasi saham, harus anda lakukan secara MANDIRI. Sekalipun ada mentor, sekalipun ada grup yang isinya puluhan ribu member, sekalipun anda punya teman yang jago trading, mereka tidak mungkin bisa membimbing anda selangkah demi selangkah. Karena mereka juga punya kesibukan trading, dan tentunya urusan-urusan pribadi masing-masing. 

Anda sendiri lah yang harus bisa menjadi trader mandiri. Nah, kalau anda bisa mandiri dalam trading, anda akan lebih mudah untuk mendapatkan profit konsisten, karena anda sudah tahu apa yang harus anda lakukan ketika berhadapan dengan market. Baca juga: Belajar Saham Full Pemula - Expert.

Tapi persoalannya tidak semudah itu. Faktanya ketika anda dituntut untuk bisa mandiri dan bisa memilih saham sendiri, hal inilah yang kemudian menyebabkan banyaaaak sekali pebisnis saham yang langsung salah melangkah. 

Sehingga, tidak sedikit dari trader yang langsung salah membeli saham. Portofolionya diisi dengan saham2 yang jelek secara teknikal, maupun fundamental. Dalam kasus yang lebih buruk, banyak trader yang terpaksa berhenti total dari dunia saham. 

Hal ini pernah saya alami sendiri, di mana saya harus berjuang untuk bisa menjadi trader mandiri, bisa mencari saham yang bagus ditengah2 fluktuatif market dan banyaknya pilihan saham. 

Jadi agar anda bisa untung konsisten dan menjadi trader mandiri, ada beberapa hal yang anda butuhkan, yaitu sebagai berikut: 

1. Basic yang benar untuk belajar saham 

Anda harus memulai dengan cara yang benar. Sebab, kalau langkah / step by step belajar saham anda sudah salah dari awal, trading yang anda jalankan akan kacau, dan terkesan tidak ada arah saat memilih saham. 

Padahal, target anda adalah untuk dapat profit. Alih-alih profit, justru anda membeli saham yang jelek, dan banyak saham di portofolio yang nyangkut. Apakah anda sedang mengalaminya? 

Basic belajar saham yang salah yang sering saya temui: Trader yang baru memulai trading, langsung mencari cara untuk bisa dapat profit instan di saham, dapat profit cepat, tanpa mau menganalisa sendiri. 

Trader kerap kali juga sering mengabaikan analisa teknikal, dan mencari sistem-sistem trading yang bisa memberikan "hasil instan". Padahal dalam praktiknya, hal ini tidak akan pernah anda temukan. 

Pelajarilah basic trading yang benar, yaitu: Pelajari basic analisa teknikal, praktik dan strategi trading. Carilah materi2 belajar saham yang mengarah langsung pada praktik. Carilah materi belajar saham yang tidak hanya memberikan "janji-janji manis." Carilah materi saham yang bisa anda pahami dengan mudah.

Belajar saham pemula sampai mendalami strategi trading, bisa anda dapatkan juga disini: Ebook Saham Pemula - Expert. 

2. Memilih saham yang cocok 

Kalau anda sudah menerapkan langkah pertama, yaitu belajar saham dengan langkah yang benar, kini anda harus melanjutkannya dalam praktik trading anda. 

Jumlah saham di pasar saham sangatlah banyak, tapi mayoritas saham bukanlah saham yang bagus untuk trading. Maka dari itu, anda perlu memilih saham-saham apa yang cocok untuk anda.

Fokus pada beberapa pilihan saham, terbukti dapat meningkatkan efektivitas trading dan efisiensi analisa teknikal yang anda lakukan. 

Dengan memiliki pilihan2 saham yang cocok, anda bisa lebih fokus dalam trading anda, sehingga anda bisa meraih profit konsisten. Baca juga: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

3. Mind

Profit dalam trading tidak bisa lepas dari peran: mind / psikologs / mindset trading. Psikologis dan emosi trading yang baik akan mengarahkan anda pada trading-trading dan pengambilan keputusan yang tepat. 

Saham bukan hanya berbicara analisa. Jadi, kalau anda bisa menganalisa, tetapi emosi trading anda tidak terbentuk dengan matang, maka profit konsisten ini akan sulit diraih. Baca juga: Psikologis Trading & The Right Investor Mindset. 

Sebagai contoh, banyak trader yang sudah membeli saham berdasarkan momen yang tepat. Namun karena tidak memiliki emosi trading yang baik, trader langsung melakukan cut loss ketika harga saham turun beberapa poin. Padahal, trader hanya perlu menunggu sedikit waktu agar saham yang dipegang naik lagi. 

Jadi kesimpulannya,  beberapa hal utama yang harus anda lakukan supaya anda bisa lebih cepat mendapat profit konsisten di saham adalah: Memulai basic dengan cara yang benar, praktik trading langsung, lakukan screening saham untuk mendapatkan stock pick, pelajari psikologis trading. 

Hal-hal inilah harus anda selalu terapkan, agar anda bisa paham "cara mencari ikan" (mencari saham yang bagus secara mandiri), dan tidak hanya "meminta ikan" tanpa anda tahu cara menangkapnya. 

Kunci profit konsisten adalah: Bisa mencari saham yang bagus secara mandiri. Ketiga langkah itulah yang bisa mengarahkan anda untuk mencapai goals anda di saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.