Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Untung di Saham, Butuh Berapa Lama?

Potensi profit yang bisa anda dapatkan di pasar saham, baik melalui trading maupun investasi, membuat para pebisnis saham berjuang, berusaha untuk mendapatkan profit semaksimal mungkin di saham. 

Tidak jarang para pemula ingin bisa cepat dapat profit di saham. Namun seringkali keinginan trader ini tidak sejalan dengan fakta dan realitanya. Banyak sekali trader yang menetapkan harus bisa dapat untung Rp5 juta tiap bulan. Untung Rp10 juta tiap bulan. 

Tetapi justru dalam praktiknya target-target ini melenceng jauh dari apa yang diharapkan. Di satu sisi, anda mungkin sering menemukan juga trader yang sudah trading beberapa tahun tetapi masih belum bisa mendapatkan untung. 

Terus, butuh waktu berapa lama agar anda bisa dapat untung di saham? Apakah bisa setahun trading sudah bisa untung? Apakah bisa 6 bulan sudah bisa untung? Atau bahkan butuh waktu lebih lama lagi? 

Well, ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan agar anda bisa untung di saham. Pertama, pengetahuan anda tentang praktik analisa teknikal. 

Kalau anda paham bagaimana cara memilih saham2 yang bagus untuk trading, anda bisa mengaplikasikan analisa teknikal untuk memilih saham2 naik, dan tidak hanya berdasarkan teori, maka semakin cepat kesempatan anda untuk dapat untung di saham. 

Nah, trader seringkali tidak bisa mendapat untung di saham walaupun sudah trading beberapa tahun, karena trader tidak bisa mengaplikasikan analisa teknikal ini ke dalam praktik trading. 

Mayoritas trader pasti bisa membaca grafik. Tetapi apakah anda bisa menerapkannya untuk memilih saham2 yang bagus? Maka dari itu, pelajari dulu analisa teknikal sebelum anda berpikir untuk mendapat untung di saham. Praktik dan strategi2 analisa teknikal bisa anda dapatkan disini: Buku Saham.

Kedua, jam terbang trading. Untuk mendapat untung di saham, anda harus rela berkorban, dalam arti anda harus meluangkan waktu untuk analisa, riset, screening saham, memilih analisa teknikal. 

Jika anda tidak pernah berlatih membaca kondisi market, membaca grafik, maka ya semakin lama anda dapat untung yang konsisten di saham. 

Ketiga, kemampuan psikologis trading yang baik. Kemampuan anda mendapat untung di saham juga sangat tergantung dari kemampuan anda mengelola psikologis, dan cara berpikir anda dalam menghadapi pasar saham. Baca juga: Psikologis & The Right Investor Mindset. 

Itu artinya, kalau anda tanya butuh waktu berapa lama supaya bisa untung di saham, jawabannya relatif, karena tergantung dari 3 hal itu tadi. Maka dari itu, kalau anda mau bisa segera untung, anda harus kuasai ketiga hal tersebut. 

Jangan berangan-angan dapat untung kalau anda saja tidak mau mempraktikkan analisa teknikal dengan baik. 

Setiap dari anda juga memiliki pengalaman trading yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap dari anda juga butuh waktu yang berbeda-beda untuk mendapatkan keuntungan. Ada yang bisa dapat untung lebih cepat, ada yang lebih lama. 

Tapi anda nggak perlu khawatir soal itu. Selama anda berada di jalan trading yang benar, anda sebenarnya sedang menuju kepada profit yang anda harapkan tersebut. Hanya saja, anda perlu berproses. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak.

Jadi sebetulnya anda juga tidak perlu menetapkan target berapa lama harus mulai bisa dapat untung di saham. Banyak trader yang sering menetapkan target2 profit seperti ini. 

Misalnya, trader menetapkan target bahwa dalam 1 tahun mendatang, trader harus sudah bisa mendapatkan keuntungan yang konsisten. Atau dalam 3 bulan mendatang, trader sudah bisa untung dan tidak banyak rugi di saham. 

Soalnya semua itu biasanya akan berjalan dengan sendirinya, seiring dengan proses-proses trading yang anda lakukan. Biasanya hal ini juga tanpa kita sadari. 

Karena kalau anda ngotot menetapkan anda harus bisa untung Rp5 juta per bulan. Anda menetapkan dalam 5 bulan anda target sudah bisa untung konsisten, maka itu justru akan membebani psikologis anda sendiri. Jadinya anda nggak untung, malah rugi. 

Saya juga pernah bercerita pengalaman saya mendapat untung konsisten. Bahwa saya pribadi, bisa mulai untung konsisten (menekan kerugian sekecil mungkin) setelah menjalani 3,5 tahun trading. Anda bisa baca disini: Pengalaman Trading Saham:  Berapa Lama Trader Bisa Dapat Profit Konsisten? 

Mulai sekarang anda nggak perlu banyak pikiran, anda nggak perlu kebanyakan target ini itu kalau mau trading. Cukup jalani saja. Yang terpenting anda fokus pada analisa yang anda pakai. Anda fokus menganalisa saham. 

Nanti anda akan tahu sendiri bagaimana cara-cara memilih saham, serta meminimalkan risiko kerugian di saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.