Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Tips Belajar Saham: Belajar dari Pengalaman Trader Lain

Para trader maupun investor yang sedang mencari materi-materi untuk belajar saham, anda mungkin akan langsung mencari materi2 yang berkaitan dengan strategi untuk mendapatka profit di saham. 

Saya yakin semua pebisnis saham (termasuk saya sendiri) ketika masih pemula pasti akan langsung mencari cara-cara / strategi trading agar bisa mendapat profit di saham. Baca juga: Strategi Trading Saham Lengkap PDF.

Tetapi ada satu hal lagi yang tidak boleh anda lupakan ketika belajar saham. Apa itu? Jawabannya adalah: Belajar dari pengalaman trader lain, yang sudah mengalami jatuh bangun di dunia saham. 

Dalam arti, ketika belajar saham anda juga perlu memahami betul kisah-kisah perjalanan para trader dalam menjalani jatuh-bangun di dunia trading, dan bagaimana mereka bisa bertahan di pasar saham sampai sekarang ini. 

Pengalaman2 trading seorang trader bisa diceritakan melalui kemampuan mengelola psikologis trading. Kemampuan mengelola dan mengontrol emosi dalam trading. Dan juga bercerita tentang kesalahan-kesalahan trader dalam trading, yang menyebabkan mayoritas trader mengalami kerugian yang besar di pasar saham, serta suka-duka trading di dunia saham. 

"Memang kenapa kita perlu mengetahuinya Pak Heze? Pengalaman trading tiap orang kan beda-beda" Celetuk anda. 

Pengalaman trading tiap orang mungkin akan berbeda, tetapi pengalaman2 trading dari trader lain, kesalahan-kesalahan trading yang pernah dibuat oleh trader SANGAT MUNGKIN akan terjadi pada anda, jika anda belum mengalami seluk beluk dunia saham. 

Nah, maka dari itu, anda sangat perlu mengetahui dan membaca pengalaman2 trader lain supaya anda tidak perlu mengulang kesalahan yang sama. Supaya anda tidak terjebak di dalam perangkap dan jebakan-jebakan trading yang sama.

Supaya dalam trading anda tidak memulai lagi dari nol, tapi anda sudah punya gambaran besar tentang bagaimana trading saham, dan bagaimana anda harus bersikap terhadap kondisi market. 

Soalnya trading itu tidak hanya bicara soal analisa apa yang anda gunakan. Namun anda juga harus bisa mengelola pikiran, menganalisa lebih lanjut kesalahan2 yang pernah anda lakukan di trading.  

Artinya, disini anda bukan meminta trader atau orang berpengalaman lain di bidang trading / investasi saham untuk meminta rekomendasi atau saham apa yang bagus menurut pandangan mereka. 

Namun anda belajar dari pengalaman-pengalaman dan kesalahan, strategi2 yang digunakan trader untuk menghadapi dan bertahan di pasar saham. 

Disini: Buku Saham, saya juga menceritakan pengalaman-pengalaman di dunia trading, jatuh bangun di dunia saham, bagaimana mengelola psikologis dan emosi trader, serta kesalahan2 yang sering dilakukan trader dan cara mengatasinya. 

Hal ini supaya anda tidak hanya paham dengan analisa teknikal ataupun fundamental. Namun anda juga punya kemampuan untuk survive di pasar saham.  

Jadi jangan beranggapan bahwa hanya dengan belajar analisa teknikal, hanya dengan mengikuti rekomendasi saham berbayar, hanya dengan mengikuti sinyal beli jual yang diberikan oleh orang lain anda bakalan bisa jadi kaya mendadak, apalagi menjadi trader yang mahir (mampu cari saham sendiri). 

Mempelajari pengalaman2 trader lain, entah trader Indonesia maupun trader2 berpengalaman di luar negeri, akan memberikan anda suatu wawasan baru, pandangan, persepi yang lebih baik tentang bagaimana anda seharusnya menjalankan trading saham.  

Tapi sayangnya sekarang ini justru mayoritas trader saham malah lebih tertarik dengan "edukasi-edukasi" bombastis yang menawarkan profit ratusan persen di saham tanpa usaha.

Padahal bukan itu edukasi saham yang anda perlukan. Yang anda perlukan selain mempelajari strategi trading adalah belajar dari pengalaman dan kisah2 trader yang tetap bisa bertahan di pasar saham, dan mampu mencetak profit.

Salah satu penyebab terbesar trader mengalami kebangkrutan di pasar saham, atau trader yang sahamnya nyangkut bertahun-tahun adalah karena trader tidak memulai dengan step (langkah) belajar saham yang betul. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.