Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Screening Saham: Menyaring Saham yang Potensial

El Heze
Jumlah saham di pasar saham kita sangatlah banyak. Tentu saja, dari semua saham yang ada, tidak semua saham layak untuk ditradingkan. Bahkan mayoritas saham adalah saham2 yang berisiko tinggi untuk trader. 

Beberapa trader yang bisa untung besar dari saham gorengan yang tidak memiliki pola teknikal yang bagus, umumnya trader tersebut memiliki link / kenalan bandar, atau bahkan trader tersebut adalah bandar itu sendiri. 

Tapi kalau anda nggak punya kenalan bandar, atau anda bukan seorang bandar, maka tentu saja saham2 yang risikonya tinggi ini bisa membuat anda nyangkut. 

Oleh karena itu, dalam trading saham, anda harus melakukan screening saham. Screening saham berarti anda menyaring saham-saham yang potensial untuk anda tradingkan. Jadi trading yang anda lakukan ini ada arahnya. Ibarat anda punya kompas dalam trading, sehingga anda tidak 'tersesat' ketika menjelajahi pasar saham (memilih saham). 

"Tapi caranya menyaring saham yang jumlahnya sangat banyak, bagaimana caranya Pak Heze?'' Tanya anda

Untuk menyaring saham2 yang potensial, maka ada beberapa poin yang perlu anda lakukan dalam screening saham yaitu sebagai berikut:    

1. Menyaring grafik / analisa teknikalnya

Dalam screening saham, anda harus menyaring grafik. Ini yang banyak dilupakan oleh trader saham. Trader seringkali bingung apa yang harus dilakukan saat berhadapan dengan market. Banyak trader yang hanya sibuk melihat net buy net sell. Banyak trader yang sibuk melihat running trade, dan melupakan screening analisa teknikal. 

Padahal salah satu langkah awal yang perlu anda lakukan ketika trading adalah, menyaring grafik / analisa teknikalnya. Kalau ada saham yang punya pola-pola grafik yang sudah tidak layak untuk trading, maka anda harus menghindari saham tersebut untuk trading. 

Sebaliknya, jika ada saham2 yang secara grafik, punya pola2 yang berpotensi memberikan profit, maka saham2 tersebut harus anda masukkan dalam STOCK PICK.   

Praktik2 screening saham, dengan cara simpel untuk menemukan saham2 yang layak trading, dan membuang saham2 yang berisiko tinggi, untuk level pemula - master bisa anda dapatkan praktik2nya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus.  

Dengan screening saham ini, anda nantinya bisa trading di jalur yang benar. Hal ini karena anda sudah memilih dengan cara menyaring / screening, saham2 yang layak dan tidak layak trading. 

2. Menyaring saham berdasarkan likuiditas / fluktuatifnya

Likuiditas dan fluktuatif suatu saham juga menentukan kualitas saham tersebut. Tentu saja, anda harus memilih saham2 yang punya likuiditas, maupun fluktuatif saham yang baik. Semakin likuid suatu saham, maka saham tersebut semakin baik untuk ditradingkan. Baca juga: Cara Screening Saham Paling Mudah. 

3. Memasukkan saham-saham di stock pick anda

Jika anda menemukan saham2 yang potensial, anda harus memasukkan saham2 tersebut ke dalam stock pick anda, di mana saham2 yang cocok untuk anda inilah adalah saham2 yang harus anda prioritaskan untuk trading. 

Hal ini karena seperti yang saya tuliskan tadi, bahwa di pasar saham ada banyak sekali saham2 yang berisiko, yang berpotensi untuk menjebak anda. Kalau anda tidak melakukan screening dalam trading, anda bisa melakukan kesalahan fatal saat trading. 

Namun tentunya, anda harus melewati dulu langkah2 dan strategi screening saham tersebut, sehingga anda bisa menemukan saham yang baik. Menyaring saham sangat penting dilakukan, baik untuk pemula maupun expert, karena cukup banyak trader yang sudah pengalaman trading, namun karena tidak paham dengan screening, trader tetap tidak bisa untung konsisten.

Anda yang kritis, kemudian bertanya lagi: "Terus kapan waktu terbaik untuk screening? Apakah saat jam trading atau market tutup?" 

Semua bisa anda lakukan. Baik ketika jam trading maupun market tutup, screening saham tetap bisa dilakukan. Justru kalau anda punya waktu luang, sebisa mungkin sempatkan waktu (saat market tutup), untuk melakukan screening saham, terutama pada analisa teknikalnya.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.