Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham TLKM: Analisis Saham Telkom

El Heze
Salah satu saham blue chip di Bursa Efek yang punya pergerakan bagus untuk ditradingkan, maupun investasi jangka panjang adalah saham Telkom (TLKM). 

Kalau kita bicara analisis teknikal / grafik TLKM, pada umumnya pergerakan saham TLKM ini kurang lebih sama dengan pergerakan saham2 lainnya, di mana saham TLKM akan naik di saat2 tertentu, kemudian kalau sudah naik tinggi, TLKM bakalan koreksi lagi. 

Dan ada masa-masa di mana saham TLKM ini sideways. Yap, sekilas kalau kita bicara analisa teknikal TLKM tidak ada yang spesial. Lantas, mengapa saya membahas analisis teknikal TLKM di pos ini? 

Well, ada beberapa alasan. Pertama, TLKM termasuk saham yang secara analisa teknikal likuid, dan pergerakannya bagus untuk trading, sehingga saya juga sering mendapatkan pertanyaan dari trader tentang prediksi2 saham TLKM untuk jangka pendek, terutama kalau TLKM sudah mulai turun, atau sudah naik tinggi. 

Kedua, TLKM adalah saham yang sering bergerak sideways. Namun di dalam tren sidewaysnya, saham TLKM memiliki rentang support-resisten yang masih layak untuk ditradingkan. Di pasar saham banyak sekali saham2 sideways yang pergerakannya sangat sempit, sehingga anda sulit mencetak dari saham2 sideways tersebut. 

Ketiga, TLKM adalah salah satu saham yang melakukan dual listingDalam arti saham TLKM tidak hanya go public di Indonesia, tetapi  TLKM ini juga sudah melantai di Bursa saham Amerika (New York Stock Exchange). Jadi, saham TLKM juga ditradingkan oleh investor / trader asing. Sedangkan saham2 Indonesia masih sangat jarang yang listing di Bursa Amerika.

Berikut adalah chart / grafik analisa teknikal TLKM: 

Grafik Saham TLKM
Anda bisa perhatikan di saat2 tertentu saham TLKM juga mengalami sideways yang cukup panjang, tetapi di dalam tren sidewaysnya, saham TLKM tetap bergerak dalam rentang support-resisten yang bagus, yang bisa anda manfaatkan untuk trading jangka pendek. 

Namun sekalipun saham TLKM ini punya pergerakan yang lebih bersahabat untuk trader, tetapi anda juga harus mentradingkan TLKM berdasarkan momen yang tepat. Mengapa? Karena pergerakan saham TLKM bisa jadi turun drastis ketika Indeks Dow Jones mengalami penurunan tajam saat itu (karena TLKM juga listing di Bursa Amerika).  

Jadi jika pagi hari anda mendengar berita Indeks Dow Jones semalam ditutup koreksi tajam, sedangkan IHSG di hari sebelumnya sudah naik tinggi misalnya, maka anda harus waspada dengan saham TLKM untuk jangka pendek. 

Karena umumnya pergerakan IHSG akan mengikuti pergerakan Indeks Dow Jones (walaupun tidak selalu), terutama kalau IHSG sebelumnya sudah naik tinggi atau lagi hijau sebelumnya, dan malamnya Indeks Dow tiba2 ditutup merah atau bahkan koreksi tajam. 

Maka, ada baiknya hindari dulu saham TLKM tersebut, dan ada baiknya anda wait and see dulu, soalnya kemungkinan besar TLKM juga bakal koreksi. Perhatikan lagi chart TLKM dibawah ini: 


Perhatikan yang saya beri tanda lingkaran. Penurunan2 tajam TLKM dalam jangka pendek ini terjadi ketika Indeks Dow Jones koreksi, dan juga diikuti IHSG yang koreksi (mengikut pergerakan Bursa AS). 

Tapi anda bisa cermati lagi, bahwa tidak lama kemudian akhirnya TLKM bisa rebound juga dalam jangka pendek. So, khusus anda trader saham yang ingin trading di TLKM, sering2 perhatikan chart dan kondisi market saat itu. 

Jangan terburu masuk ketika TLKM sudah naik tinggi, atau ketika saat itu IHSG lagi koreksi tajam (terutama kalau Bursa AS semalam juga koreksi), supaya anda para trader bisa dapat sahamnya di harga bagus (di harga supportnya). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.