Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Gocap yang Bagus

El Heze
Mekanisme perdagangan di pasar saham kita, sudah diatur bahwa penurunan harga saham maksimal yaitu hanya bisa mencapai batas Rp50 per saham alias saham gocap (pasar reguler). Untuk pasar non-reguler, harga saham bisa diatur dibawah Rp50 per saham. 

Trading yang biasa anda lakukan sehari-hari adalah trading di pasar reguler. Jadi kita akan bahas tentang aturan saham gocap di pasar reguler ini, bukan pasar yang lain (pasar tunai, negosisasi).

Saat ini sudah beredar wacana (dan kemungkinan besar akan terealisasi) bahwa harga batas bawah Rp50 ini akan dilepas atau ditiadakan. Artinya, kalau benar hal ini terjadi, maka saham2 yang harganya gocap atau mendekati gocap, bisa berpotensi turun lagi, bahkan nyaris tidak ada nilainya, karena batas penahannya Rp50 sudah tidak diterapkan lagi. 

Tentu saja kebijakan ini menimbulkan pro dan kontra. Hal ini dikarenakan kalau batas saham gocap ditiadakan, maka investor yang memiliki saham gocap ini, nilainya bisa turun terus. 

Selain itu, nantinya kalau saham turun terus, akan ada banyak saham yang harganya berpotensi nyaris tidak ada nilainya, karena sejatinya cukup banyak saham2 yang harganya meskipun belum di gocap, tapi sudah mendekati gocap. 

Namun kelebihannya, dengan adanya kebijakan penghapusan batas bawah harga gocap (Rp50) ini tentu saja hal ini membuat saham2 di pasar saham kita lebih mampu mencerminkan nilai fundamental yang sesungguhnya. 

Dengan kata lain, kalau ada saham yang harganya sampai dibawah Rp50, misalnya Rp20 per saham, maka hal ini jelas bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki fundamental yang baik. 

Logikanya, saham2 yang berfundamental baik, harganya pasti akan diangkat terus, sehingga tidak mungkin sahamnya berada di Rp50 atau bahkan dibawah itu. Anda bisa amati sendiri, bagaimana kinerja saham2 yang harganya di kisaran gocap tersebut.

Contoh konkritnya, perhatikan saja saham2 blue chip. Tidak ada saham2 blue chip yang harganya mendekati gocap. Justru saham2 blue chip harganya naik terus, bahkan beberapa emiten sudah melakukan stock split beberapa kali. 

Selain itu, semakin rendah / murah suatu saham. Saham tersebut akan semakin mudah digoreng oleh bandar, dan "di-boomingkan" dengan isu dan rumor2 tertentu yang bisa menjebak anda. 

Artinya, secara tidak langsung penghapusan batas saham gocap ini juga membuat anda dan saya akan lebih selektif dan analitis dalam memilih saham, baik buat trading maupun investasi. 

Di sisi lain, saya sendiri sering dapat pertanyaan dari rekan trader untuk merekomendasikan saham gocap apa yang bagus, baik untuk trading maupun untuk jangka panjang. 

Jujur saja, kalau anda tanya saya saham gocap apa yang bagus, saya tidak bisa jawab. Karena mayoritas saham gocap harganya sangat tidak bagus untuk investasi apalagi buat trading jangka pendek. 

Anda yang mau investasi di saham gocap tidak masalah. Asalkan anda benar2 yakin dengan analisa anda bahwa saham tersebut bisa naik dalam jangka panjang. Jangan beli saham gocap hanya karena anda terpengaruh rumor tertentu. Baca juga: Investasi di Saham Gocap, Berani? 

Pesan saya: Jangan melihat saham hanya dari murah mahalnya saham tersebut secara nominal. Jangan membeli saham hanya karena saham tersebut harganya sangat rendah, sehingga bisa anda dapatkan dengan mudah dengan modal kecil. 

Kalau anda mau trading dan mau untung, carilah saham2 yang bagus dan berkualitas secara analisa teknikal, bukan saham2 di harga gocap. Itu yang harus anda pertimbangkan. 

Berdasarkan pengalaman saya, saham2 gocap adalah saham2 yang tidak layak buat trading, dan bisa meningkatkan risiko spekulatif. Oleh karena itu, carilah saham2 yang secara harga, teknikal, fundamental bagus untuk anda beli. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.