Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Rekomendasi Saham Gorengan Hari Ini

Saham gorengan adalah salah satu tipe saham yang cukup banyak dicari trader yang ingin untung cepat, karena saham gorengan ini mayoritas bisa naik dan turun puluhan persen dalam jangka pendek. 

Sehingga, cukup banyak trader yang mencari grup berbayar yang memberikan rekomendasi saham gorengan. Saya sendiri juga banyak mendapatkan request dari rekan2 trader untuk memberikan rekomendasi khusus saham gorengan yang real time. 

Di Saham Gain ini saya sebenarnya memberikan 'Rekomendasi Saham' pada anda. Anda bisa lihat disini: Rekomendasi Saham. 

Tetapi "rekomendasi" yang saya berikan pada anda berbeda dengan rekomendasi pada umumnya, karena selain saya berikan free, sifat "rekomendasi" saya lebih kepada watchlist. 

Dengan kata lain, saya hanya menuliskan saham yang ada potensi naik. Namun, selanjutnya saya ingin supaya anda yang melakukan eksekusi pakai analisa anda sendiri, sesuai dengan kebutuhan trading anda, sesuai trading plan anda. Saya tidak mendikte anda terus-menerus, namun saya ingin anda mandiri.

Jadi kalau anda beranggapan saham yang ada di watchlist layak anda beli, maka silahkan membeli. Tapi kalau anda menganggap saham tersebut mungkin masih turun, ya nggak ada salahnya. Justru kalau anda bisa melakukan variasi dan analisa otodidak, saya senang. Itu artinya anda ada kemauan untuk berkembang dalam trading. 

Selain itu, kalau anda baca-baca halaman watchlist saham, saya juga tidak pernah memberikan watchlist saham gorengan pada anda. Saya banyak memberikan watchlist untuk saham2 lapis satu dan lapis dua saja. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan.

Trader-trader yang mencari rekomendasi saham gorengan real time biasanya banyak hanya mau untung cepat dalam sekejap mata, tanpa mengetahui strategi, seluk-beluk, dan psikologis di saham gorengan. 

Untung besar dalam sekejap mata di saham gorengan juga tidak seindah apa yang anda bayangkan, tidak sebagus dengan apa yang sering ditawarkan di grup / seminar2 berbayar.

Saham gorengan bukanlah saham yang bisa dengan mudah dianalisa dengan analisis teknikal. Hal inilah yang membuat trader menjadi gambling membeli saham2 gorengan tersebut. 

Nah, banyak pemula yang masih baru belajar, psikologis belum matang, belum mengetahui strategi2 trading, akan sangat rentan terjebak kerugian besar jika anda membeli saham2 gorengan yang risikonya tinggi.  

Padahal di dalam trading saham, analisis teknikal adalah analisa utama yang harus anda pakai. Analisis teknikal juga merupakan analisis saham yang paling SIMPEL, yang bisa anda gunakan dan terapkan dengan mudah, baik untuk pemula sampai expert. Baca juga: Analisa Saham PDF: Bocoran Strategi Trading Saham.  

Atas dasar inilah, alasan saya tidak pernah merekomendasikan saham gorengan pada anda. Karena melalui halaman 'Rekomendasi Saham' yang saya berikan pada anda. 

Karena rekan-rekan trader yang membaca web Saham Gain ini bukan hanya rekan2 trader yang sudah pengalaman trading, namun banyak juga pemula, maka saya selalu memberikan saham2 yang bisa dianalisis pakai analisa teknikal. 

Nah, kalau anda memang ingin dapat profit dalam jangka lebih pendek, maka yang harus anda cari bukanlah saham gorengan, tetapi saham2 yang likuid, fluktuatif, mudah naik dalam jangka pendek, dan bisa dianalisa teknikal. Saya pernah menuliskan strategi2nya disini (357 halaman): Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

Kesimpulannya, di web Saham Gain ini saya memang tidak memberikan rekomendasi saham gorengan karena alasan2 itu tadi. Saya juga tidak merekomendasikan pada anda untuk terlalu percaya dengan rekomendasi2 saham gorengan karena: 

1. Rekomendasi saham gorengan banyak dimasuki oleh bandar 

Bandar umumnya akan menggoreng saham2 lapis tiga, karena cenderung lebih mudah 'dipermainkan'. Jadi kalau ada grup rekomendasi berbayar yang banyak bahas saham, grup tersebut biasanya juga dimasuki oleh bandar. 

Bandar bisa mendapatkan info dan strategi dengan mudah melalui grup, sehingga bandar lebih leluasa menggoreng sahamnya, yang bisa berkebalikan dengan apa yang direkomendasikan di grup saham. 

2. Rekomendasi saham gorengan "mengajak" anda untuk ikut "pom-pom" saham bareng 

Saya pernah mencoba mengikuti grup2 rekomendasi saham, di mana ternyata rekomendasi / ajakan membeli saham gorengan, adalah ajakan untuk menggoreng suatu saham. 

Jadi anda trader ritel dan trader modal kecil kemungkinannya ada dua: Anda bisa untung besar, atau anda nyangkut / rugi besar kalau bandar tiba2 buang barang dengan cepat. 

3. Rekomendasi saham gorengan tidak seperti apa yang anda pikirkan 

Faktanya, banyak sekali trader pemula, bahkan trader yang sudah trading beberapa tahun, mengalami kerugian2 yang lebih besar ketika mengikuti rekomendasi saham gorengan. Itu artinya, saham gorengan tidak seperti apa yang anda harapkan. 

Dari apa yang saya tuliskan ini, semoga bisa membuka wawasan anda tentang saham gorengan. Berhentilah spekulasi dalam trading saham. Intinya, lebih baik anda cari saham2 lapis satu / dua, dan lebih fokus pada analisa teknikal, ketimbang mencari saham gorengan yang tidak pasti dan risikonya tinggi. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.