Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Harga Saham Real Time

El Heze
Saya sering mendapat pertanyaan dari rekan-rekan trader pemula yang sedang mencari aplikasi harga saham untuk memantau pergerakan saham secara real time. 

Memantau saham real time berarti anda memantau pergerakan naik turunnya harga saham selama jam trading Bursa sedang berlangsung. Jadi misalnya anda memantau pergerakan saham Unilever, maka dengan adanya aplikasi khusus, anda bisa memantau naik turunnya, besar kecilnya permintaan beli dan jual di saham Unilever tersebut. Demikian pun dengan saham2 lainnya. 

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi2 yang dibuat untuk itu. Kalau anda biasa mengamati saham melalui smartphone anda, anda juga bisa download melalui Playstore, beberapa diantaranya adalah aplikasi Indonesia Stock Exchange Data, RTI Business dan lain2. 

Tapi kalau pengalaman saya pribadi, saya (hampir) tidak pernah menggunakan aplikasi2 khusus untuk memantau saham real time. Saya hanya menggunakan software saham yang sudah disediakan sekuritas tempat saya trading dan buka akun. 

Karena dengan memantau saham real time melalui aplikasi trading sendiri, anda bisa lebih familiar dengan software trading yang anda gunakan. Dengan memantau saham melalui aplikasi trading anda sendiri, anda secara langsung juga mempelajari menu2 yang ada di software saham yang nantinya anda gunakan untuk eksekusi trading.   

Jadi rekomendasi saya, kalau anda mau pantau harga saham real time, pakailah aplikasi sekuritas yang sudah disediakan. Sebagai contoh, anda ingin trading menggunakan Mandiri Sekuritas. 

Maka, gunakan saja aplikasi Mandiri Sekuritas untuk memantau saham real time. Anda tidak perlu menggunakan atau mencari aplikasi2 lain. Karena pada umumnya, aplikasi buat memantau saham real time, rata2 fungsinya tidak jauh beda. 

Boleh-boleh saja anda mencoba aplikasi lain jika anda penasaran. Namun, saran saya anda harus tetap menggunakan aplikasi trading anda sendiri buat memantau saham real time. 

Sekarang coba anda pikirkan, anda trading di Mandiri Sekuritas, menggunakan aplikasi MOST. Tapi anda malah lebih sering memantau saham real time melalui aplikasi lain yang bukan dari sekuritas. Harusnya, supaya anda lebih familiar dengan aplikasi trading anda, ya gunakanlah aplikasi trading di sekuritas tempat anda buka akun saham.  

Salah satu kelemahan pemula yang sering saya temui adalah: Pemula bingung dengan tampilan software tradingnya. Setelah buka akun, trader pemula bingung karena tidak familiar dengan tampilan, menu dan tata letak software. Akhirnya trader pemula tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan pasar saham. 

Maka dari itu, buat menutup kelemahan2 ini, ada baiknya anda menggunakan aplikasi trading anda buat memantau saham real time, mengamati running trade, running order, grafik dan lain-lainnya. Anda juga mempelajari menu2 yang ada di software anda. 

"Pak Heze gimana kalau saya belum punya akun di sekuritas? Atau gimana kalau akun saya masih belum jadi?" Tanya anda

Kalau anda belum punya akun di sekuritas, tentu saja anda harus membuka rekening saham terlebih dahulu. Langkah2 membuka rekening saham, dan sekuritas yang saya rekomendasikan, pernah saya tulis di ebook gratis (26 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Anda bisa download. 

Namun jika anda sudah daftar di sekuritas tetapi akun saham anda masih dalam proses, anda bisa mencoba akun demo dari sekuritas anda. 

Di setiap sekuritas menyediakan akun demo / trial, agar anda bisa memantau saham real time. Anda bisa cari di website resmi sekuritas untuk download akun demo trading. Dengan demikian, sebelum trading setidaknya anda sudah lebih familiar dengan software trading yang nantinya anda pakai.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.