Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham Efektif di Pagi Hari

Anda yang sering mengamati pergerakan saham, biasanya waktu trading yang enak itu saat pagi hari. Hal ini karena seringkali di pagi hari masih banyak saham yang harganya belum naik. Sedangkan kalau siang menjelang sore, banyak saham yang sudah naik sebelumnya. 

Apalagi di sesi menjelang closing, biasanya banyak para pemain besar yang suka menaik-turunkan harga saham, sehingga pergerakannya terkadang cukup berisiko. 

Walaupun tidak selalu seperti itu, karena terkadang di pagi hari IHSG justru turun banyak, tapi di sesi kedua atau sorenya IHSG tiba-tiba rebound. Jadi memang tidak ada rumus absolut untuk itu. 

Tapi dalam banyak kasus, memang saham2 yang pada pagi hari masih belum naik, biasanya saham2 tersebut akan mulai cenderung naik perlahan sampai sore harinya. 

Dan setelah saya mencoba melihat-lihat dan evaluasi kembali rincian transaksi trading saham selama 2-3 tahun kebelakang, ternyata trading buy yang saya lakukan justru banyak di pagi hari diantara pukul 09:00-11:30. Di sesi II lebih banyak saya gunakan untuk menjual saham2 yang sudah naik di hari-hari sebelumnya. 

Sehingga kalau anda adalah tipikal trader yang juga suka mengincar saham2 di pagi hari, atau bahkan anda yang sudah mulai mencari saham untuk dibeli pada saat sesi pre opening, maka ada beberapa strategi trading yang bisa anda coba terapkan: 

1. Perhatikan kondisi IHSG saat itu 

Seperti yang saya tuliskan tadi, walaupun trading di pagi hari cukup efektif, tetapi ada beberapa hal di mana IHSG di pagi hari justru lagi sedang turun-turunnya. Jadi dalam hal ini, anda perlu melihat juga kondisi IHSG pada saat itu. 

Nah, kalau IHSG ternyata sudah dibuka anjlok, maka ada baiknya anda menahan diri terlebih dahulu untuk tidak membeli saham di pagi hari. Intinya, jangan menagkap pisau jatuh. Kalau tekanan jual IHSG sudah mulai reda, anda baru bisa mengoleksi saham. 

Tapi kalau yang terjadi sebaliknya, IHSG sedang hijau, atau bahkan IHSG lagi naik di pagi hari karena hari2 sebelumnya sudah turun banyak, maka anda bisa beli saham2 di pagi hari ini. 
Dalam kondisi IHSG yang lagi normal2 saja (tidak turun drastis), maka memang trading saham di pagi hari lebih enak untuk dilakukan, terutama kalau ada saham2 yang sudah mulai rebound di pagi hari, maka saham2 tersebut bisa lanjut naik sampai sore harinya. Nah kalau anda baru beli saham di sore hari, kemungkinan besar anda terlambat, karena saham2nya sudah pada terbang duluan. 

2. Perhatikan saham yang biasa naik di pagi hari 

Semua saham memiliki karakter pergerakan masing2. Artinya, anda yang ingin mengincar saham2 di pagi hari, anda harus sering-sering memperhatikan saham apa saja yang biasa naik atau saham yang mudah naik di pagi hari. 

Hal ini karena ada juga saham2 yang tidak terlalu banyak bergerak di pagi hari, sehingga walaupun saat pagi hari banyak saham yang naik, tapi bisa saja saham tersebut justru hanya bergerak sideways. 

Artinya anda juga harus selektif dalam memilih saham. Disini: Panduan Memilih Saham Bagus, anda bisa mempraktikkan langsung cara-cara screening saham yang bagus buat trading agar anda bisa dapat profit konsisten. 

3. Mulai lakukan seleksi saham malam hari atau pagi hari sebelum market buka 

Lakukan seleksi saham yang punya potensi naik untuk pagi harinya. Dengan demikian, anda nantinya sudah punya pilihan saham untuk anda tradingkan di pagi hari. Baca juga: Cara Screening Saham. 

Secara psikologis, para trader biasanya masih bersemangat saat pagi hari, sehingga banyak saham yang pergerakannya lebih cepat di pagi hari. Sedangkan menjelang sore, rata2 saham pergerakannya sudah tidak secepat di pagi hari. Volume transaksi di pagi hari umumnya juga cenderung lebih tinggi. 

Jadi kalau anda tanya: "Pak Heze apakah trading saham di pagi hari cenderung lebih efektif di sore hari?"

Saya jawab benar tapi tentu saja apa yang saya tuliskan ini tidaklah absolut. Karena untuk bisa mendapatkan hasil trading yang lebih efektif, bisa mendapatkan saham2 yan bagus di pagi hari, anda harus lakukan tiga langkah yang saya tuliskan diatas. 

Nah, kalau ternyata anda tidak menemukan saham2 yang bagus di pagi harinya. Atau pagi harinya IHSG masih "kebakaran" maka ya anda tidak perlu memaksakan. Toh, terkadang siang ataupun sore hari tetap saja ada momen2 bagus buat trading. 

Analisa teknikal dan rasionalitas trading harus tetap menjadi analisa utama yang anda gunakan. Selamat praktik dan semoga anda bisa profit konsisten. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.