Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Meraup Untung dari Saham

Anda yang ingin mencari penghasilan, baik penghasilan utama maupun penghasilan sampingan, saham adalah salah satu instrumen yang bisa menjadi tempat untuk meraup untung. 

Meraup untung di saham bisa dilakukan dengan trading saham (jangka pendek) maupun investasi (jangka panjang). Dan trading saham bisa anda lakukan di rumah, kantor atau tempat lainnya, selama anda ada koneksi internet. 

Walaupun berbagai sarana untuk mendapatkan untung itu tidak hanya di saham. Sekarang kita tahu ada banyak instrumen lain seperti deposito, obligasi, reksadana, forex, ETF, investasi riil misalnya emas.    

Tetapi berdasarkan pengalaman penulis, saham merupakan instrumen trading yang memberikan return / profit yang sangat bagus dibadingkan dengan instrumen lainnya seperti deposito, reksadana, obligasi yang sifatnya lebih pasif, dan potensi profitnya memang tidak sebesar saham.   

Selain itu, saham adalah cara anda mendapat keuntungan yang masuk akal, legal dan potensial. Saham dikatakan legal karena ada payung hukumnya yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Anda membeli saham, berarti anda membeli kepemilikan perusahaan. Tentu saja, ada rasa bangga jika anda punya kesempatan membeli perusahaan2 besar di Indonesia, dan ikut mendapat untung.  

Sekarang ini banyak sekali tawaran2 investasi bodong, yang menawarkan potensi profit yang sangat tinggi, dengan risiko kecil. Namun sayangnya, investasi2 seperti itu tidaklah rasional. 

Maka dari itu, kalau anda mau mencoba mencari penghasilan dari trading atau investasi, anda bisa mencoba saham. Seperti yang saya tulis di web Saham Gain ini, saya banyak sekali memberikan ulasan-ulasan mengenai analisa saham, dan pengalaman pribadi penulis dalam main saham. 

Namun mungkin anda bertanya-tanya: "Kalau saham bisa menghasilkan untung, kenapa justru banyak pebisnis saham yang rugi? Kenapa banyak orang bangkrut dari saham? Kenapa banyak trader yang tidak bisa bertahan ketika pasar saham sedang strong bearish?"

Persoalannya, kalau anda mau bisa untung dari trading saham, tentu anda tidak bisa melakukannya secara asal-asalan. Sama ketika anda bekerja. Anda ingin dapat uang dari bekerja, maka anda harus bekerja dengan benar dan tekun. 

Kalau anda mau untung di saham, anda harus bisa menganalisa saham, praktik, memulai bertahap, menyusun trading plan, menerapkan analisa2 teknikal yang benar buat trading anda, membentuk mindset yang benar dalam trading. 

Artinya kalau anda melihat banyak trader yang rugi bahkan bangkrut dari saham, itu berarti mayoritas trader masih belum bisa menggunakan analisis teknikal yang benar untuk mencari saham2 yang naik. Mayoritas trader belum memahami bagaimana mengaplikasikan analisa2 untuk trading.  

Bahkan tidak sedikit trader yang hanya asal membeli saham, tanpa tahu alasan trader memilih saham tersebut. Padahal di dalam trading, anda harus memiliki trading plan, di mana salah satu poin penting trading plan adalah anda harus bisa menemukan jawaban kenapa anda membeli suatu saham. Baca juga: Menyusun Trading Plan: Poin-poin Penting. 

Sebaliknya, anda mungkin juga sering melihat trader lain, atau kisah2 trader yang bisa meraup untung di saham. Nah, kalau orang lain bisa, tentu anda juga punya peluang yang sama. Bukankah begitu? 

Jadi kalau anda ingin bisa untung di saham, dapat duit tambahan maupun penghasilan utama dari saham, anda harus memulai dengan cara yang benar. 

Anda yang ingin mendapatkan praktik2 dan strategi trading yang bisa anda terapkan langsung untuk mendapat profit di pasar saham, serta panduan lengkap menyusun dan menjalankan trading plan, anda bisa mendapatkannya disini: Buku Saham. 

Mayoritas pebisnis saham banyak tidak tahu apa yang harus dilakukan saat berhadapan dengan market. Sehingga, hal ini berdampak pada pemilihan saham2 yang salah untuk trading. 

Sesuai judul pos ini: Meraup untung di saham... Setiap dari anda pasti bisa dan memiliki kesempatan untuk itu (dapat untung). Tetapi semua itu bisa anda lakukan apabila anda memiliki pemahaman tentang trading. 

Tidak hanya asal trading, dan tidak berangan-angan untuk langsung kaya padahal anda baru saja memulai. Inilah yang bisa menyebabkan anda terjerumus dalam kerugian besar. 

Mulailah dengan modal kecil, belajarlah secara bertahap. Pilih saham2 yang punya pergerakan bagus. Baca juga: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. Dan yang terpenting: Pasanglah target2 trading saham yang realistis. 

Karena untuk meraup untung yang konsisten di saham, sebenarnya sama dengan ketika anda bekerja atau berbisnis, yaitu anda harus melakukannya secara bertahap. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.