Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Keuntungan Trading Saham Harian

El Heze
Salah satu strategi trading saham yang sering diterapkan dan dipelajari oleh trader adalah trading harian. Anda yang sudah sering mengikuti update-update edukasi saham yang saya tulis di web ini, saya juga pernah menuliskan pos-pos tentang trading harian. 

Beberapa diantaranya bisa anda baca-baca disini: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore. Menjadi Trader Harian yang Bijaksana. Tips Profit Trading Harian Saham. 4 Strategi Profit Trading Harian Saham. 

Di pasar saham sendiri, cukup banyak trader adalah menjalankan aktivitas trading harian atau setidaknya trading jangka pendek (dibawah satu minggu). Itulah yang menyebabkan harga saham kita selalu bergerak naik dan turun, karena adanya peran2 dari trader jangka pendek ini yang mengambil profit dalam waktu yang lebih cepat. 

Saya sendiri selain seorang swing trader (trend follower), saya juga mengalokasikan modal untuk trading harian. Saya juga menuliskan praktik-praktik cara mencari saham yang bagus dan mudah naik untuk jangka intraday. Anda bisa mendapatkan praktik2 tradingnya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Di pos ini, saya akan menjelaskan beberapa keuntungan dari menerapkan strategi trading harian, berdasarkan pengalaman saya pribadi. Hal ini bertujuan memberikan pandangan pada anda yang ingin memutuskan untuk menerapkan strategi trading harian: 

1. Menghindari saham yang turun drastis setelah naik 

Trading harian berarti anda menjual saham setelah saham anda naik dalam waktu yang cenderung lebih cepat yaitu di hari yang sama sampai tiga harian. Dengan cara ini, anda bisa meminimalkan risiko saham yang turun drastis, padahal sebelumnya anda sudah untung. 

Anda mungkin sering menemukan kasus seperti ini: Anda beli saham WIKA di harga 1.700. WIKA anda naik sampai 1.760 di hari yang sama, dan anda sebenarnya sudah untung termasuk dikurangi fee trading. 

Tapi karena anda mau menjual di harga tinggi, anda memutuskan untuk hold. Tapi sayangnya WIKA hanya bertahan naik sampai 1.770 dan kemudian turun lagi sampai dibawah 1.700. 

Nah, kalau anda menerapkan strategi trading harian dengan mengincar range profit yang stabil, maka anda yang menjual WIKA katakanlah di 1.750 atau 1.760, anda sudah mendapatkan profit, dan terhindar dari penurunan saham setelahnya. 

Sehingga, modal anda bisa anda tradingkan lagi di saham2 lain, yang punya potensi naik dalam jangka pendek. 

2. Anda bisa mendapatkan profit jangka pendek yang konsisten 

Anda yang ingin dapat profit jangka pendek, maka strategi trading harian adalah strategi yang tepat untuk anda terapkan. Anda yang tidak ingin menyimpan saham terlalu lama misalnya, strategi trading jangka pendek ini juga merupkana strategi trading yang tepat. 

Trading harian sampai beberapa hari, dengan memilih saham2 yang mudah naik dalam jangka pendek, bisa memberikan profit yang konsisten. 

Tentu saja, dalam trading jangka pendek anda saya sarankan untuk menghindari membeli saham2 yang anda tidak tahu pergerakannya, atau pergerakan sahamnya terlalu liar, karena hal ini justru berisiko untuk anda. Baca juga: Saham yang Bagus untuk Trading Harian. 

3. Anda bisa memutar modal trading lebih efektif

Anda yang punya modal menganggur, dan anda ingin memutar modal trading anda di saham, maka strategi trading harian ini cukup efektif untuk anda terapkan, karena anda bisa mendapatkan profit dalam jangka lebih pendek, dan lebih sering. 

Namun, trading harian juga ada kelemahannya. Trading harian kurang cocok untuk anda yang suka menyimpan saham lebih lama, atau untuk anda yang suka trading dengan tipe mingguan atau bulanan. Maka, strategi yang cocok untuk anda swing trading atau trading jangka menengah. 

Pos ini bukan mengajak anda untuk melakukan trading harian, karena setiap dari anda punya tipikal trading yang berbeda-beda. Ada trader yang suka trading harian. Ada trader yang suka trading mingguan atau bahkan lebih panjang bingkai waktunya. 

Pos ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi, untuk menjawab pertanyaan2 rekan-rekan mengenai trading harian, sekaligus memberikan pandangan pada anda, terutama anda yang punya keinginan untuk mulai menerapkan trading jangka pendek. 

Salam profit 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.